Baterai Ponsel Cepat Habis? Threads Mungkin Penyebabnya

Banyak pengguna merasa baterai ponsel cepat habis setelah unduh Threads.

EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
Pengguna mengakses halaman login aplikasi media sosial Threads di Los Angeles, California, AS, Kamis (6/7/2023). Meta meluncurkan aplikasi barunya Threads yang berfungsi sebagai pendamping Instagram dan merupakan pesaing langsung Twitter Elon Musk.
Rep: Adysha Citra Ramadani Red: Natalia Endah Hapsari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Media sosial Threads milik Meta berhasil mendapatkan lebih dari 100 juta pengguna, sesaat setelah diluncurkan. Akan tetapi, banyak pengguna yang merasa baterai ponsel mereka menjadi lebih cepat habis setelah mengunduh aplikasi Threads pada ponsel mereka.

Baca Juga

"Apakah Threads menguras baterai iPhone atau ada sesuatu yang berubah pada iPhone baru-baru ini? Saya jarang membuka aplikasi (Threads), tapi belakangan ini baterai saya terkuras lebih cepat dari biasanya," cuit seorang pengguna aplikasi Threads bernama Michelle melalui Twitter, seperti dilansir Mirror pada Ahad (16/7/2023).

Hal serupa juga dirasakan oleh pengguna lain bernama Courtney. Dia bahkan memutuskan untuk menghapus Threads dari ponselnya karena merasa aplikasi tersebut terlalu menguras baterai ponsel.

Courtney mengungkapkan bahwa baterai ponselnya terisi penuh saat dia tidur di malam hari. Keesokan paginya, baterai ponsel Courtney hanya tersisa 60 persen saja meski tak digunakan sama sekali. "Jangan unduh Threads, (aplikasi) itu akan menguras baterai Anda," tambah Courtney.

Hingga saat ini, belum diketahui penyebab yang membuat aplikasi Threads sangat menguras baterai ponsel penggunanya. Namun, penurunan baterai yang signifikan tampak terlihat pada ponsel dengan sistem operasi Android atau iOS tertentu saja.

Permasalahan ini kemungkinan besar akan segera diperbaiki oleh Meta. Sementara itu, para pengguna Threads sebaiknya mengecek apakah aplikasi media sosial tersebut juga mempengaruhi baterai ponsel mereka atau tidak.

Untuk melakukan pengecekan, pengguna iPhone bisa membuka menu Setting, lalu pilih Battery, kemudian scroll untuk melihat aktivitas atau aplikasi apa yang paling menguras baterai. Untuk pengguna Android, buka menu Setting, pilih Battery, kemudian pilih Battery Usage. Pengguna Android akan melihat aplikasi apa saja yang paling banyak memakai daya baterai ponsel.

Threads merupakan media sosial terbaru dari Meta yang digadang akan menjadi pesaing berat Twitter. CEO Meta, Mark Zuckerberg, merasa bangga atas capaian yang diraih Threads pada pekan pertama perilisannya.

"Threads meraih lebih dari 100 juta pendaftar selama pekan ini. Sebagian besar adalah permintaan organik dan kami bahkan belum melakukan banyak promosi. Sulit dipercaya (ini bisa dicapai) hanya dalam lima hari," tulis Zuckerberg pada akun Instagram pribadinya.

Threads memiliki konsep microblogging yang sangat mirip dengan Twitter. Sebagian besar fitur yang dimiliki Twitter juga bisa ditemukan pada Threads. Zuckerberg berharap kehadiran Threads bisa menjadi tempat yang aman bagi beragam komunitas untuk mendiskusikan berbagai topik. Aplikasi Threads bisa diunduh secara gratis oleh pengguna ponsel iPhone dan Android. Untuk menggunakan Threads, pengguna perlu memiliki akun Instagram.

 
Berita Terpopuler