Hikmah Sholat, Setiap Gerakannya Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa

Setiap gerakan sholat akan melancarkan peredaran darah.

network /Ani Nursalikah
.
Rep: Ani Nursalikah Red: Partner

Gerakan sholat mengandung hikmah bagi pengobatan dan kesehatan jasmani dan rohani. Foto: Republika/Prayogi

MAGENTA -- Sholat merupakan rukun Islam yang kedua setelah mengucap dua kalimat syahadat. Sholat adalah tiang agama. Banyak dalil perintah sholat di dalam Alquran.

Salah satunya terdapat di surat Al Isra Ayat 78, yang artinya: Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) subuh. Sesungguhnya sholat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)."

BACA JUGA: Bacaan Niat Sholat Dzuhur Lengkap: Arab, Terjemahan dan Tata Cara

.

Dengan ayat itu, seorang muslim wajib mengerjakan sholat semenjak usia baligh (dewasa) hingga meninggal dunia. Ia juga wajib memerintahkan sholat kepada keluarga dan anak-anaknya semenjak usia tujuh tahun dalam rangka membiasakannya.

Menurut ahli herbal Indonesia Prof H. M. Hembing Wijayakusuma, di dalam sholat terdapat gerakan-gerakan yang mengakibatkan semua titik akupunktur berkontraksi dan berinteraksi urat saraf akan mengendur sehingga menjadi sehat.

"Sholat mengandung hikmah bagi pengobatan dan kesehatan jasmani dan rohani. Setiap gerakan sholat akan melancarkan peredaran darah," tulis Hembing dalam bukunya yang berjudul Prof Hembing Pemenang The Star of Asia: Pertama di Asia Ketiga di Dunia oleh Siti Nafsiah.

BACA JUGA: Bacaan Doa Iftitah Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahan

Gerakan berdiri dalam sholat membuat jantung...


Manfaat Gerakan Berdiri dalam Sholat Bagi Jantung

Hikmah Sholat, Setiap Gerakannya Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa. Foto: Republika/Prayogi

Gerakan sholat yang dimulai dengan sikap berdiri membuat jantung bekerja secara normal. Paru-paru, pinggang dan tulang punggung lurus, serta seluruh organ tubuh dalam keadaan normal karena berdiri.

Pada posisi berdiri, kedua telapak kaki berada pada posisi titik-titik akupunktur yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Pada posisi ini semua pikiran dilepaskan dari segala urusan yang membebani jiwa.

BACA JUGA: Niat dan Doa Sholat Witir Beserta Tata Caranya

.

Jika di hati masih tersisa atau memang masih tersimpan kedengkian dan iri hati, cepat atau lambat akan menimbulkan hilangnya keseimbangan hormon dan guncangnya keserasian kimiawi tubuh. Kemudian saat gerakan rukuk, tubuh secara otomatis menarik, menggerakkan, dan mengendurkan saraf-saraf yang berada di bagian otak dan tulang punggung serta lainnya untuk menjalankan tugasnya.

Gerakan rukuk dalam sholat juga berperan dalam memproduksi dan mengalirkan hormon adrenalin ke dalam darah sebagai tanggapan atas kode-kode ancaman yang bersumber dari rasa takut, hilang kesabaran, panik, dan kehilangan harga diri.

Posisi rukuk akan menggerakkan dan mengendurkan ruas-ruas tulang dan otot serta tendon di sekitar ruas tulang belakang hingga meningkatkan sirkulasi dan metabolisme sehingga dapat menghindarkan penyakit-penyakit pada ruas tulang belakang.

BACA JUGA: Doa dan Niat Sholat Hajat Lengkap, Agar Keinginan Dikabulkan Allah SWT

Manfaat gerakan rukuk bagi sistem saraf...


Manfaat Gerakan Rukuk Bagi Sistem Saraf

Hikmah Sholat, Setiap Gerakannya Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa. Foto: Republika/Prayogi

Hubungannya dengan sistem saraf, gerakan rukuk berarti telah menarik, menggerakkan, dan mengendurkan saraf-saraf pada bagian otak dan tulang punggung serta yang lainnya untuk menjalankan tugasnya.

Di samping itu, gerakan rukuk mengundang hikmah menjaga dan mengatasi penyakit yang berkaitan dengan otak dan tulang punggung serta saraf lainnya.

BACA JUGA: Tata Cara Berwudhu, Wajib Dilakukan Sebelum Sholat

.

Menurut Hembing, gerakan sujud, i'tidal, dan lain-lain juga banyak manfaatnya. Sholat merupakan kebutuhan, terlebih sebagai sarana pengobatan dan olahraga yang ternyata membawa manfaat besar bagi kesehatan, baik jasmani maupun rohani.

Sebelum melaksanakan sholat, umat muslim wajib berwudhu. Wudhu mengandung hikmah dan khasiat bagi kesehatan jasmani dan rohani, yaitu memelihara pikiran dan akal, dan memelihara akhlak dan moral.

Di saat berwudhu, terjadi pemijatan yang dapat memberikan rangsangan pada titik-titik akupunktur yang terdapat di setiap meridian tubuh manusia, baik itu yang mengandung Yin maupun Yang. (MHD)

BACA JUGA:

Bacaan Doa Sesudah Wudhu, Lengkap dengan Niatnya

Bacaan Niat Sholat Dhuha 2 Rakaat Beserta Doanya Arab, Latin dan Terjemahan

Dibaca Setelah Sholat Ashar, Inilah Bacaan Dzikir Petang

Bacaan Dzikir Pagi Arab, Latin, dan Terjemahan

On This Day: 8 Juni 632 Nabi Muhammad SAW Wafat, Umar Bin Khattab Sempat tak Percaya

Cerita Gubernur Ali Sadikin Naik Haji dan Sholat di Dalam Ka'bah

 
Berita Terpopuler