Jokowi: ASEAN tak Boleh Jadi Proksi Negara Manapun

ASEAN tidak boleh menjadi ajang persaingan, tidak boleh menjadi proxy negara manapun

AP Photo/Achmad Ibrahim
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, ASEAN tidak boleh menjadi ajang persaingan.
Rep: Dessy Suciati Saputri Red: Esthi Maharani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, ASEAN tidak boleh menjadi ajang persaingan. Selain itu, ASEAN juga tidak boleh menjadi proksi bagi negara manapun.

Hal ini disampaikan Jokowi saat menerima kunjungan kehormatan para Menlu ASEAN di Jakarta, Jumat (14/7/2023).

"ASEAN tidak boleh menjadi ajang persaingan, tidak boleh menjadi proksi negara manapun, dan hukum internasional harus dihormati secara konsisten," kata Jokowi dalam sambutannya.

Ia pun menegaskan komitmen ASEAN untuk terus memperkuat persatuan dan soliditas serta memperkokoh sentralitas dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan.

Karena itu, Jokowi mengharapkan kerjasama dan dukungan nyata dari para mitra dan tamu ASEAN. Jokowi meyakini, kehadiran para Menlu ASEAN di konferensi ini untuk mencari penyelesaian terhadap masalah-masalah kawasan dan masalah dunia, bukan justru sebaliknya. Apalagi sampai memperuncing masalah.

Di tengah krisis dan rivalitas yang tajam, Jokowi mengatakan KTT G20 pada tahun lalu di bawah Presidensi Indonesia dan dukungan berbagai negara, bisa tetap bekerja dan menghasilkan hal-hal yang bermanfaat bagi dunia.

Pada tahun ini, Indonesia memegang keketuaan ASEAN. Posisi ini, kata Jokowi, akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kontribusi ASEAN bagi kejayaan Indo-Pasifik dan dunia.
"Terima kasih atas dukungan yang diberikan kepada Indonesia," ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan ASEAN memiliki potensi besar untuk menjadi episentrum pertumbuhan, baik berupa usia produktif serta kekayaan alam yang melimpah.

Namun, lanjut dia, negara-negara ASEAN yang sedang berkembang membutuhkan dukungan dari negara-negara maju dan negara-negara sahabat untuk melakukan pendekatan yang saling menguntungkan.

"Kami negara-negara ASEAN, negara yang sedang berkembang butuh pengertian, butuh kearifan dan juga butuh dukungan baik dari negara-negara maju dan negara-negara sahabat untuk meninggalkan pendekatan zerosum dan mengambil pendekatan saling menguntungkan," kata Jokowi.

Jokowi pun kemudian menyampaikan pepatah di Indonesia yakni menang tanpo ngasorake, yang artinya kita dapat menjadi pemenang tanpa merendahkan dan mengalahkan yang lain.

"Untuk itu, saya mengajak kita semuanya marilah kita menjadi pemenang yang terhormat, menang tanpo ngasorake," ujarnya.

Baca Juga

 
Berita Terpopuler