Dua Kapal Angkatan Laut Rusia Kedapatan Berlayar Dekat Perairan Okinawa

Jepang temukan dua kapal Angkatan Laut Rusia berlayar dekat perairan Okinawa.

EPA/EVERETT KENNEDY BROWN
Kapal Angkatan Laut AS dan Jepang latihan bersama di Okinawa, Jepang, 4 Desember 2010. Dua kapal frigate Rusia tampak mendekati perairan Okinawa pada akhir Juni 2023.
Rep: Lintar Satria Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan pihaknya telah menemukan dua kapal Angkatan Laut Rusia dekat perairannya di dekat Taiwan pada Jumat (30/6/2023) dini hari dan Pulau Okinawa empat hari sebelumnya. Taiwan juga menyampaikan pengumuman serupa pekan ini.

Pada Selasa (29/6/2023) lalu, Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan menemukan dua kapal frigate Rusia di utara pantainya. Militer Taiwan mengirim pesawat dan kapal untuk memantau pergerakan kapal-kapal Rusia itu.

Bulan lalu, Pemerintah Jepang mengatakan aktivitas-aktivitas militer Rusia di wilayah Jepang, termasuk latihan gabungan dengan pasukan Cina, menimbulkan "kekhawatiran serius" bagi keamanan nasional Jepang. Jepang dan Taiwan bergabung dengan Amerika Serikat (AS) dan sekutu-sekutunya dalam memberlakukan berbagai sanksi ke Rusia usai invasi ke Ukraina tahun lalu.

Baca Juga

Pada Sabtu (1/7/2023) Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan mereka menemukan dua kapal frigate kelas Steregushchy di 70 kilometer sebelah tenggara Pulau Yonaguni, prefektur Okinawa, dekat Taiwan, pada Selasa pagi. Kapal-kapal berlayar bolak-balik melalui perairan antara Yonaguni dan Taiwan.

Kedua kapal frigate itu terpantau bergerak ke arah timur. Terakhir kali, kapal-kapal itu ditemukan di perairan Miyako dan Kepulauan Okinawa pada Jumat malam.

Jepang mengirimkan dua kapal untuk memantau kapal-kapal Rusia tersebut. Kantor berita Rusia, Interfax mengatakan detasemen kapal Armada Pasifik Rusia masuk ke wilayah selatan Laut Filipina untuk melaksanakan tugas sebagai bagian dari tugas pelayaran jarak jauh.

 
Berita Terpopuler