Konsultasi dengan Guru Saat Ambil Rapor, Apa Saja yang Perlu Ditanyakan?

Ada saja orang tua yang mengobrol terlalu lama dengan guru saat ambil rapor.

Antara
Dua orang siswa sekolah dasar negeri didampingi orang tuanya mengambil rapor.
Rep: Desy Susilawati Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat mengambil rapor anaknya, orang tua ada yang cepat sekali selesai konsultasi dengan wali kelas. Sebaliknya, ada juga yang mengobrol terlalu lama hingga membuat orang tua murid lain menggerutu.

Sebetulnya, apa saja yang perlu ditanyakan ketika mengambil rapor? Praktisi psikolog keluarga, Nuzulia Rahma Tristinarum, mengatakan yang perlu ditanyakan saat ambil rapot adalah mengenai perkembangan anak dalam beberapa hal.

1. Akademis
Nuzulia menyarankan agar tak sekadar bertanya soal nilai, tapi juga proses anak di sekolah. Apa pelajaran yang terlihat mudah dan disukai anak di sekolah?

"Tanyakan pula apa pelajaran yang masih membutuhkan bimbingan lebih banyak," ujar perempuan yang akrab disapa Lia kepada Republika.co.id, Selasa (20/6/2023).

2. Sosial
Cari tahu bagaimana sosialisasi anak di sekolah, siapa saja teman dekatnya di sekolah, dan apa yang dilakukannya saat istirahat dengan teman temannya apakah main bersama atau justru anak memilih menyendiri di kelas dan lainnya.

Baca Juga

3. Fisik
Tanyakan juga kondisi kesehatan anak, apakah ananda pernah mengeluh sakit di sekolah, apakah anak terlihat fit di sekolah, dan lainnya.

4. Spiritual
Jika anak belajar di sekolah berbasis agama, perlu ditanyakan bagaimana ibadah anak di sekolah.

5. Emosi
Minta guru menceritakan bagaimana emosi anak di sekolah, apakah stabil, cenderung meledak marah atau sering mengambek, bagaimana emosi anak saat belajar dan bermain bersama teman, dan lainnya.

"Jangan hanya fokus pada keburukannya saja, tetapi banyak tanya juga mengenai kemajuan yang sudah didapat anak di sekolah. Bertanyalah mengenai proses, bukan hanya hasil," ungkap perempuan yang juga berprofesi sebagai konselor, trainer, dan juga penulis ini.

 
Berita Terpopuler