Bukan Kacang atau Seafood, Ini Makanan yang Paling Sering Picu Alergi

Pemicu alergi di beberapa negara tampak berbeda-beda.

Republika/Amin madani
Anak makan ikan (ilustrasi). Alergi seafood termasuk alergi yang bisa bertahan hingga dewasa.
Rep: Adysha Citra Ramadani Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Putih telur mungkin bukan hal pertama yang muncul di benak orang-orang ketika mereka bicara mengenai pemicu alergi. Siapa sangka, bahan yang umum digunakan untuk membuat kue ini ternyata menjadi pemicu alergi nomor satu di Inggris.

"Ini mungkin mengejutkan bagi sebagian orang," jelas Cris West dari perusahaan Test Your Intolerance, seperti dilansir The Sun pada Selasa (20/6/2023).

West mengatakan banyak orang mengira bahwa pemicu alergi paling umum adalah susu sapi, kerang, atau kacang. Nyatanya, ketiga asupan tersebut tidak termasuk ke dalam urutan tiga besar pemicu alergi tersering.

Menurut data yang diperoleh Test Your Intolerance, pemicu alergi tersering di Inggris adalah putih telur. Pemicu alergi tersering yang kedua dan ketiga adalah gandum dan buncis.

Tren yang sedikit berbeda ditemukan di Amerika Serikat dan Australia. Menurut data dari Test Your Intolerance, makanan yang paling sering memicu alergi di Amerika Serikat adalah telur, sedangkan di Australia adalah buncis.

Menurut Mayo Clinic, alergi makanan merupakan reaksi imun berlebih yang muncul akibat konsumsi makanan tertentu. Jenis makanan yang dapat memicu reaksi alergi bisa berbeda-beda pada tiap penderita alergi.

Baca Juga

Alergi makanan bisa menyebabkan reaksi atau gejala yang ringan hingga berat. Sebagian dari gejala tersebut adalah masalah pencernaan, bentol-bentol, dan penyempitan jalan napas. Pada kasus yang berat, alergi makanan bisa menyebabkan anafilaksis atau reaksi alergi yang berat dan berpotensi mengancam jiwa.

Reaksi-reaksi alergi ini bisa muncul dalam hitungan menit hingga hari, setelah penderita mengonsumsi makanan pemicu alergi. Menurut Food Insight, kondisi alergi makanan dimiliki oleh sekitar 1,1-10,8 persen orang-orang di dunia.

Food Allergy Research and Education (FARE) mengungkapkan bahwa hampir semua makanan bisa memicu reaksi alergi. Akan tetapi, ada sembilan jenis makanan yang paling sering menyebabkan reaksi alergi di dunia. Kesembilan jenis makanan tersebut adalah susu sapi, telur, kacang, kedelai, gandum, kacang pohon, kerang, ikan, dan wijen.

 
Berita Terpopuler