Kaesang Maju Pilkada Depok Disebut Bangun Dinasti Politik, Gibran: Wis Males Aku Jawabe

Kaesang menyebut jika tidak suka tidak usah pilih Kaesang.

Republika/berbagai sumber
Kaesang maju Pilkada Depok
Rep: Muhammad Noor Alfian Choir Red: Karta Raharja Ucu

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep sedang ramai diperbincangkan menyusul deklarasinya untuk maju pada Pilkada Depok 2024. Ketika ditanya soal dinasti polisik dengan majunya Kaesang, sang kakak, Gibran Rakabuming malas menjawabnya.

"Wis males i jawabe, soale aku mbolan mbaleni terus (sudah malas jawabnya, soalnya saya berkali-kali ditanya terus)," kata Wali Kota Solo itu ketika ditemui di Balai Kota Solo, Rabu (14/6/2023).

Putra sulung presiden Joko Widodo itu menyebut warga yang tak suka dengan Kaesang berhak untuk tidak memilih adiknya. Sebab, kata Gibran, memang tidak ada keharusan memilih Kaesang.

"Intine nek ngak seneng, ngak suka Kaesang gak usah dipilih. Gak ada kewajiban kok untuk milih Kaesang ya (intinya kalau tidak suka, tidak suka Kaesang tak usah dipilih)," katanya.

Gibran sebelumnya tidak tahu soal pencalonan Kaesang...

SERAHKAN KEPADA KAESANG

Gibran sebelumnya ditanya soal video Kaesang yang viral karena berniat maju di Pilkada Depok. Namun saat itu Gibran mengaku tidak tahu lantaran baru pulang dari Korea Selatan.

"Aku ra ngerti, la aku lagi wae tekan omah mbok takoni ngono aku wis ketinggalan beritane nak masalah pencalonan ya (Saya tidak tahu, lah saya saja baru sampai rumah terus ditanya begitu. Saya sudah ketinggalan beritanya soal pencalonan ya)," kata Gibran ketika ditemui di Rumah Dinas Wali Kota, Loji Gandrung, Senin (12/6/2023).

Ketika disinggung soal apakah pihak keluarga telah merestui terkait niat Kaesang, Gibran menyebut idealnya restu itu dari warga setempat. "Ya idealnya yang merestui itu bukan saya, tapi warganya. (Sudah Konsul Keluarga dan diberi restu?) yang namanya restu itu dari warga, ya warga setempat, masyarakat setempat," katanya.

Sebagai kakak, Gibran mengaku memasrahkan keputusan kepada Kaesang. "Terserah Kaesang, monggo ya, (cocok berpolitik cocok), ya terserah Kaesang," katanya.

 
Berita Terpopuler