Pengertian Wukuf dalam Ibadah Haji dan Waktu Pelaksanaannya

Jamaah yang tidak mengerjakan wukuf di Arafah berarti tidak mengerjakan haji.

network /Ani Nursalikah
.
Rep: Ani Nursalikah Red: Partner

Jamaah haji berdoa di Jabal Rahmah saat berwukuf di Padang Arafah, Makkah, Arab Saudi. Foto: AP/Amr Nabil

MAGENTA -- Menurut bahasa wukuf berarti berhenti. Menurut istilah, wukuf artinya berhenti atau berdiam diri di Arafah dalam keadaan ihram walau sejenak dalam waktu antara tergelincir matahari pada 9 Dzulhijjah (hari Arafah) sampai terbit fajar hari nahar 10 Dzulhijjah.

Dinukil dari buku Tuntunan Manasik Haji Kementerian Agama, wukuf di Arafah termasuk salah satu rukun haji. Jamaah yang tidak mengerjakan wukuf di Arafah berarti tidak mengerjakan haji sesuai sabda Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA: Di Madinah Jamaah Haji Melaksanakan Sholat Arbain, Apa Itu Sholat Arbain?

.

.

الحجُّ عرفةُ , فمن اَدْرَكَ لَيْلَةَ عرفةَ قبلَ طُلُوْعِ الفَجْرِ من ليلةِ جُمَعٍ فَقَدْ تَمَّ حَجُّـهُ.

"Haji itu hadir di Arafah. Barangsiapa yang datang pada malam hari jam’in (10 Dzulhijjah sebelum terbit fajar) maka sesungguhnya ia masih mendapatkan haji (HR. At-Tirmidzi dari Abdurrahman bin Ya’mar RA).

Ketentuan Pelaksanaan Wukuf

Wukuf dilakukan setelah khutbah wukuf dan sholat jamak qashar taqdim zhuhur dan ashar. Wukuf dilakukan dalam suasana tenang, khusyu’ dan tawadhu’ kepada Allah. Wukuf dapat dilaksanakan secara berjamaah atau sendiri-sendiri. Selama wukuf, jamaah memperbanyak dzikir, istighfar, shalawat dan doa sesuai sunnah Rasulullah SAW.

BACA JUGA: Haji 2023: Doa Masuk Kota Makkah

Dalam melaksanakan wukuf seseorang tidak dipersyaratkan suci dari hadas besar maupun kecil. Karena itu, perempuan yang sedang haidh atau nifas boleh melaksanakan wukuf. Jamaah haji yang sakit dan berada dalam perawatan di rumah sakit atau KKHI dan memungkinkan dibawa ke Arafah bisa melaksanakan wukuf lewat proses safari wukuf.

Selama menunggu masa puncak haji atau wukuf di Arafah, jamaah haji Indonesia mengisi waktu dengan beribadah di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram di Makkah. Namun, jamaah haji diminta bijak mengatur waktu beribadah dan beristirahat.

Hal ini mengingat wukuf adalah puncak haji atau inti ibadah haji yang membutuhkan kemampuan fisik. Apalagi, sebagian besar jamaah haji Indonesia pada musim haji 2023 merupakan lansia.

BACA JUGA:

Haji 2023: Doa Masuk Kota Madinah

Hal-Hal yang Hendaknya Dilakukan Jamaah Haji Saat di Pesawat Terbang

Apa yang Harus Dilakukan untuk Meraih Haji Mabrur?

Akar Pepaya Bisa Mengobati Gigitan Ular Berbisa dan Rematik, Ini Cara Membuatnya

Tata Cara Sholat Fardhu Lengkap, Muslim Wajib Tahu

 
Berita Terpopuler