Resep Roti Telur Versi Inggris, Cocok untuk Sarapan atau Camilan

Roti telur versi Inggris sedikit berbeda dengan french toast.

Republika/Puti Almas
French toast dengan pisang dan olesan selai cokelat. Roti yang dicelupkan ke dalam telur kocok merupakan cara praktis untuk menyantap sarapan penuh gizi.
Rep: Rahma Sulistya Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada begitu banyak cara makan telur untuk sarapan. Hanya saja, cuma sedikit resep yang cara pembuatannya sat set, semudah mengocok telur dan merendamkan roti ke dalamnya.

Menu sarapan yang lezat ini juga berfungsi sebagai camilan kaya protein yang sempurna. Meskipun ada beberapa cara memasak yang bisa digunakan untuk membuat roti telur, salah satu food blogger membagikan resep super cepatnya.

"Jika ingin menikmati ide sarapan yang menyenangkan, roti telur adalah suguhan sarapan atau kudapan sore yang sederhana, namun lezat," ungkap chef Liana dari Liana’s Kitchen.

Dilansir dari Express, Senin (29/5/2023), chef Liana mengatakan bahwa roti telur juga berfungsi dengan baik sebagai salah satu dari sarapan Inggris lengkap.

Bahan-bahan (untuk dua porsi):
- Empat telur sedang
- Dua sendok makan susu
- Empat potong roti (atau brioche)
- Dua sendok makan mentega

Cara membuat:
1. Kocok telur dengan susu dalam mangkuk ceper. Menurut Liana, mangkuknya harus cukup besar untuk mencelupkan roti sebelum dimasak.

2. Pada tahap ini, bumbu apa pun juga harus ditambahkan ke dalam mangkuk.  Tambahkan garam dan merica.

3. Hampir semua bumbu cocok untuk menambah rasa roti, termasuk peterseli kering, bubuk cabai, atau bubuk paprika.

Baca Juga

4. Setelah telur dikocok, celupkan setiap irisan roti ke dalam campuran itu satu per satu sampai meresap.

5. Panaskan wajan antilengket ukuran besar di atas api sedang. Tambahkan satu sendok makan mentega.

6. Setelah mentega meleleh, masukkan dua potong roti sekaligus dan goreng selama satu menit di kedua sisi sebelum mengangkatnya.

"Roti telur dan roti panggang prancis (french toast) adalah makanan yang sama, keduanya terbuat dari roti yang direndam di dalam telur kocok dan kemudian digoreng. Namun, roti telur cenderung gurih dan roti panggang erancis biasanya manis,” kata Liana.

Setelah matang, roti telur ini dapat langsung dinikmati, atau bisa ditaburi dengan irisan daging tipis, keju leleh, tomat panggang, atau bahkan disajikan sebagai bagian dari sarapan lengkap ala Inggris.

 
Berita Terpopuler