Kedekatan Raja Charles dengan Islam Tuai Pujian

Raja Charles memiliki hubungan dekat dengan ulama Inggris almarhum Syekh Zaki Badawi.

Abdul Rahman/Gulf News
Pangeran (saat itu) Charles bersama istrinya Camilla mengunjungi Masjid Shaikh Zayed di Uni Emirat Arab pada 2016. Kedekatan Raja Charles dengan Islam Tuai Pujian
Rep: Andrian Saputra Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pendekatan Raja Charles III yang seimbang terhadap agama-agama dunia termasuk Islam mendapat pujian dari Kareem Ahmed, cucu salah seorang pemimpin Muslim paling terkemuka di Inggris, yakni almarhum Syekh Zaki Badawi.

Syekh Zaki Badawi adalah juru bicara terkemuka untuk isu-isu Muslim di Inggris. Dia juga menjalin persahabatan dengan Raja Charles III.

Baca Juga

"Charles mengubah kakek saya dari seorang republikan yang solid menjadi pendukung raja konstitusional saat ini," kata cucunya, Kareem Ahmed seperti dilansir The National, Kamis (4/05/2023).

Ahmed memaparkan Syekh Zaki adalah ulama pembela minoritas. Ulama kelahiran Mesir itu dikenal kerap menyuarakan Islam moderat dan menganjurkan integrasi Muslim ke dalam masyarakat Inggris.

"Dia tidak tertarik pada kerajaan, dia adalah pembela minoritas yang terkepung," kata Ahmed.

Namun, pertemuan Syekh Zaki Badawi dengan Raja Charles membuatnya mendukung sistem Inggris dari sebuah gereja yang mapan, yang dipimpin oleh raja. “Baik monarki maupun gereja yang didirikan membela minoritas, sedangkan pembubaran akan menyebabkan persaingan bebas dan meningkatkan bahaya, menurut kakek saya,” kata Ahmed, yang merupakan pegawai negeri dan pekerja bantuan yang saat ini tinggal di Washington.

Raja Charles bertemu Syekh Zaki Badawi setelah dia mendirikan Muslim College di London untuk melatih para pemimpin agama di Inggris. Minat bersama mereka dalam agama segera berkembang menjadi persahabatan, seperti yang dikatakan raja sendiri secara terbuka.

“Mereka berdua terlibat dalam dialog antaragama dan bekerja menuju toleransi yang lebih besar,” kata Ahmed, yang sering melihat kakeknya berbicara di masjid dan House of Lords.

Syekh Zaki Badawi ikut mendirikan Forum Tiga Keyakinan pada 1997, yang menjadi salah satu kelompok antaragama paling menonjol di Inggris. Meskipun keluarga Syekh Badawi mengetahui kunjungannya ke kediaman pangeran di Highgrove, mereka tidak pernah terlibat.

"Kakek saya sangat merahasiakan pertemuannya dengan Charles," kata Ahmed.

Menurut Ahmed kecerdasan dan pesona Syekh Zaki Badawi berkontribusi pada persahabatan mereka. “Dia sangat lucu. Dia juga bisa tidak diplomatis, atau kasar, ”kata Ahmed.

Tetapi Raja Charles mungkin juga telah menemukan kesamaan dengan pendekatan Syekh Badawi yang tidak dogmatis dan terpelajar terhadap agama. Dia adalah seorang kritikus aliran pemikiran yang lebih literalis dalam Islam.

"Ada satu sistem kepercayaan fundamental, aturan perilaku tertentu yang diterima, tetapi ada banyak manifestasi budaya yang berbeda. Manifestasi ini harus selalu dapat diubah melalui adaptasi dengan budaya baru,". katanya.

Dia secara terbuka membela penulis Salman Rushdie setelah fatwa dikeluarkan terhadapnya oleh pemimpin tertinggi Iran, bahkan ketika pemimpin Muslim Inggris lainnya tidak melakukannya.

Syekh Badawi dan istrinya adalah tamu di pernikahan sang pangeran pada tahun 2005. Setelah kematiannya pada tahun 2006, Raja Charles mengirim surat belasungkawa yang panjang dan ditulis tangan kepada keluarga dan mengeluarkan pernyataan publik yang menggambarkan kekaguman terbesarnya dan sangat menghargai Syekh Zaki Badawi.

Raja telah lama menjadi penganjur dialog antaragama, mengakui tumbuhnya keragaman komunitas agama di Inggris. “Saya selalu menganggap Inggris sebagai 'komunitas'," kata Raja Charles kepada para pemimpin agama pada September 2022, ketika dia berjanji melindungi ruang bagi keyakinan itu sendiri di Inggris.

Komitmen terhadap keragaman ini akan diperlihatkan pada penobatannya, ketika para pemimpin agama yang mewakili tradisi Buddha, Hindu, Yahudi, Muslim dan Sikh akan berperan aktif dalam upacara untuk pertama kalinya.

Pada 1990-an, dia berkata dia ingin dikenang sebagai Pembela Iman. Dia juga menaruh minat pribadi pada Islam, dan dia telah berbicara tentang usahanya untuk belajar bahasa Arab dan mempelajari Alquran.

Dalam pidato tahun 1993 di Institut Kajian Islam Oxford – yang telah didukungnya selama lebih dari 30 tahun – dia menyoroti perlunya pemahaman yang lebih baik tentang Islam di dunia barat. “Jika ada banyak kesalahpahaman di Barat tentang sifat Islam, ada juga banyak ketidaktahuan tentang utang budaya dan peradaban kita kepada dunia Islam,” katanya.

Dia pertama kali mengunjungi Al Azhar, universitas tertua untuk studi Islam, di Kairo pada 2006 dan dianugerahi gelar doktor kehormatan di sana pada 2021. Tetapi ada tanda-tanda bahwa upaya Raja Charles untuk melibatkan lebih banyak agama dalam penobatan telah mengacaukan pendirian. Pekan lalu, The Mail On Sunday melaporkan Raja Charles "berselisih" dengan Gereja Inggris mengenai peran yang harus dimainkan oleh agama lain dalam upacara penobatan.

Meskipun raja dikatakan telah meminta kebaktian multiagama, dia dilarang oleh hukum kanon berusia berabad-abad, yang melarang para pemimpin agama lain membacakan doa selama kebaktian. Catherine Pepinster, seorang komentator agama konservatif, memperingatkan terhadap ritual kuno penobatan yang longgar atas nama keragaman.

Bagi Ahmed, masuknya perbedaan agama pada penobatan adalah tanda positif dari perubahan zaman. "Eropa Barat kental dengan tradisi Kristennya, tapi kami tumbuh sebagai masyarakat multikultural dan multiagama. Penobatan dapat berkembang dengan cara diplomatis dan damai untuk memasukkan (komunitas yang berbeda). Akan selalu ada kritik keras dari orang-orang dalam komunitas yang memilih fokus pada interpretasi yang kaku terhadap agama atau cara hidup mereka," katanya.

 
Berita Terpopuler