Kiat Pakai Mode Rahasia di Gmail

Fitur ini memungkinkan pengguna mengirim pesan dan lampiran dengan lapisan keamanan.

Gmail
Gmail memberikan fitur baru berupa mode rahasia yang berfungsi untuk memberi keamanan tambahan pada pengguna/ilustrasi.
Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani Red: Natalia Endah Hapsari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Email telah menjadi sarana komunikasi utama baik untuk keperluan pribadi maupun profesional. Namun dengan informasi sensitif yang dibagikan melalui email, sangat penting untuk memastikan email kita aman.

Baca Juga

Untuk membantu pengguna dalam hal ini, Gmail memiliki fitur mode rahasia atau confidential mode. Fitur ini memungkinkan pengguna mengirim pesan dan lampiran dengan lapisan keamanan tambahan untuk membantu melindungi informasi sensitif dari akses tidak sah.

Dilansir dari India Today, mode rahasia juga menyediakan opsi untuk menetapkan tanggal kedaluwarsa pesan atau mencabut akses kapan saja. Saat pesan dikirim dalam mode rahasia, opsi penerima untuk meneruskan, menyalin, mencetak, dan mengunduh dinonaktifkan.

 

Berikut cara mengatur kata sandi pada email di Gmail

  1. Buka Gmail dan klik “Compose”.
  2. Di kanan bawah jendela, klik “Turn on confidential mode.”
  3. Jika Anda telah mengaktifkan mode rahasia untuk email, buka bagian bawah email dan klik “Edit”.
  4. Tetapkan tanggal kedaluwarsa dan kode sandi. Setelan ini akan memengaruhi teks pesan dan lampiran apa pun.
  5. Jika Anda memilih “No SMS passcode”, penerima yang menggunakan aplikasi Gmail akan dapat membukanya secara langsung, sedangkan penerima yang tidak  menggunakan Gmail akan menerima kode sandi melalui email.
  6. Jika Anda memilih “SMS passcode,” penerima akan menerima kode sandi melalui pesan teks. Pastikan untuk memasukkan nomor telepon penerima, bukan milik Anda.
  7. Klik “Save.”

 

Pengguna juga dapat membatasi penerima untuk melihat email sebelum tanggal kedaluwarsa. 

 

Cara untuk melakukannya:

  • Di komputer Anda, buka Gmail.
  • Di sisi kiri layar, klik “Sent”.
  • Buka email rahasia yang ingin Anda hapus aksesnya.
  • Klik “Remove access.”

Jika pengirim menggunakan mode rahasia untuk mengirim email, Anda akan dapat melihat pesan dan lampiran hingga tanggal kedaluwarsa atau hingga pengirim menghapus akses. Opsi untuk menyalin, menempel, mengunduh, mencetak, serta meneruskan teks pesan dan lampiran akan dinonaktifkan. Anda mungkin perlu memasukkan kode sandi untuk membuka email.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun mode rahasia membantu mencegah pembagian email yang tidak disengaja, itu tidak mencegah penerima mengambil screenshot atau foto pesan atau lampiran. Selain itu, penerima dengan program jahat di komputernya mungkin masih dapat menyalin atau mengunduh pesan atau lampiran.

 
Berita Terpopuler