Anies Unggah Foto Baca Buku Tentang Utang Negara yang Bisa Picu Krisis

Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengunggah foto sedang bersantai di pantai.

@aniesbaswedan
Calon presiden (capres) Koalisi Perubahan, Anies Rasyid Baswedan mengunggah foto sedang membaca buku erjudul
Red: Erik Purnama Putra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (capres) Koalisi Perubahan, Anies Rasyid Baswedan mengunggah aktivitasnya yang sedang bersantai di pantai. Hanya saja, Anies mengunggah foto yang tidak biasa karena sedang membaca buku berjudul 'Principles for Navigating Big Debt Crises' karya Ray Dalio, yang dikenal sebagai miliarder Amerika Serikat (AS).

"Matahari yang terang itu, kini mulai meredup terbenam. Teduh, semilir dan tenang untuk membaca dan bersiap. Sebelum esok menyambut hari yang baru dan lebih baik," katanya melalui akun Twitter, @aniesbaswedan dikutip Republika.co.id di Jakarta, Kamis (27/4/2023).

Meski sedang mengunggah aktivitas membaca buku, Anies sama sekali tidak menyinggung atau menjelaskan konten tersebut. Dia hanya mengajak warga yang sudah selesai menikmati libur Lebaran untuk bisa menikmati aktivitas normal. "Bagi yang telah mengakhiri masa liburan, selamat bersiap kembali bekerja dan berkarya esok hari," kata gubernur DKI periode 2017-2022.

Buku terbitan 2018 membahas tentang siklus utang besar yang menjerat semua negara selama 100 tahun terakhir. Dalio menjelaskan, sebuah negara bisa krisis akibat terjerat utang besar. Penulis juga menyinggung pemotongan suku bunga di dalam negeri tidak cukup untuk mencegah depresi.

Dalio pun membagi krisis utang menjadi dua kategori, yaitu deflasi dan inflasi, yang menyediakan data ekonomi dan pasar untuk keduanya. Untuk utang deflasi terjadi saat sebagian besar utang didenominasi dalam mata uang negara itu sendiri. Adapun siklus utang inflasi muncul ketika sebagian besar utang didenominasi dalam mata uang asing.

 
Berita Terpopuler