Berapa Gaji Astronot NASA? Bisa Membeli Mobil Setiap Bulan

Penghasilan astronot bergantung pada pangkat mereka di militer atau keahlian mereka sebagai sipil.

.
Rep: Ilham Tirta Red: Partner

Gaji atau penghasilan astronot NASA bergantung pada jenis pekerjaan dan status mereka di masyarakat dan militer. Gambar: Bakonyi Szabolcs via iStock/Getty Images Plus

ANTARIKSA -- Memiliki pekerjaan yang tidak biasa, Astronot mendapat tempat dan penghormatan yang tinggi di masyarakat dan negaranya. Posisi astronot sangat kompetitif, hanya sedikit posisi yang tersedia bagi mereka yang memiliki pengalaman yang tepat dan memenuhi kualifikasi fisik dan mental Badan Antariksa Amerika (NASA). Namun yang jarang diketahui adalah, berapa gaji pekerjaan di bidang luar angkasa ini?

Berapa penghasilan astronot akan bergantung pada status pekerjaan dan pangkat mereka di militer atau keahlian mereka sebagai warga sipil. Ya, gaji astronot yang berasal dari militer dan warga sipil berbeda.

Skala umum untuk tahun 2023 menunjukkan gaji pokok astronot NASA berkisar antara 59.319 dolar AS (Rp 885.988.584) dan 129.878 dolar AS (Rp 1.939.857.808). Jika dihitung dengan tunjangan, pembayaran cuti, dan lainnya, penghasilan Astronot akan membengkak.

Menurut Indeed, penghasilan astronot sipil dalam setahun berkisar antara 104.898 dolar AS (Rp 1.566.756.528) hingga 161.141 dolar AS (Rp 2.406.801.976). Sementara, penghasilan tahunan astronot militer lebih besar dari astronot sipil karena mereka memiliki tunjangan perumahan bulanan dan insentif karir penerbangannya.

"Astronot militer AS yang ditugaskan di Johnson Space Center NASA akan tetap dalam status tugas aktif untuk pembayaran, tunjangan, cuti, dan masalah militer serupa lainnya dan oleh karena itu akan dibayar sesuai dengan layanan mereka," tulis NASA.

Skala gaji pokok:

- Terendah: Rp 74 juta per bulan - Tertinggi: Rp 165 juta per bulan

Gaji ditambah tunjangan:

- Terendah: Rp 130 juta per bulan - Tertinggi: Rp 200 juta per bulan

Pembayaran astronot meliputi:

- Gaji

- Tunjangan

- Kesehatan

- Bepergian

- Liburan berbayar

- Cuti berbayar

- Tunjangan perumahan (militer)

- Insentif karir penerbangan (militer)

Astronot adalah individu yang terlatih secara ekstensif yang memimpin, mengemudikan, atau melayani sebagai anggota awak pesawat ruang angkasa. Tanggung jawab utama mereka adalah melakukan perjalanan ke luar angkasa, berpartisipasi dalam aktivitas yang berkaitan dengan eksplorasi ruang angkasa, dan melakukan eksperimen ilmiah.

Saat berada di Bumi, mereka menjalani program pelatihan ketat yang disesuaikan dengan status sipil atau militer mereka. Sumber: Space.com/Indeed

 
Berita Terpopuler