Dokter Kupas Klaim Tiktoker Soal Jadi Jerawatan Gara-Gara Keringkan Wajah dengan Handuk

Beauty influencer di TikTok menyebut mengeringkan wajah dengan handuk picu jerawat.

www.freepik.com
Mencuci muka (ilustrasi). Tiktoker banyak yang mengeklaim bahwa mengeringkan wajah dengan handuk bisa memicu jerawat.
Rep: Gumanti Awaliyah Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbagai hack dan tips perawatan kulit menjadi salah satu isu yang selalu menarik disimak di media sosia. Kini, beberapa influencer kecantikan di TikTok mengeklaim bahwa mengeringkan wajah dengan handuk adalah salah satu penyebab jerawat.

Sebagai gantinya, mereka lebih memilih mengeringkan wajah dengan handuk dan tisu sekali pakai agar lebih steril dan tidak memicu jerawat. Namun, apakah klaim tersebut benar?

Ivy Lee, dokter spesialis kulit bersertifikat di California, AS, mengatakan bahwa keluhan jerawat yang terkait dengan kebiasaan mengeringkan wajah dengan handuk termasuk jarang terjadi. Walaupun memang betul handuk bisa memperburuk jerawat pada beberapa kasus, ketakutan tersebut tampaknya berlebihan.

"Di tambah lagi, mengeringkan wajah dengan handuk bisa menjadi solusi yang lebih mudah dan lebih terjangkau daripada terus menerus membeli tisu pembersih wajah dalam jumlah banyak," kata dr Lee, seperti dilansir Insider, Ahad (23/4/2023).

Sementara itu, jerawat bisa timbul jika memang handuk yang digunakan kotor atau jarang dicuci. Berikut alasan lain yang bisa menyebabkan jerawat.

1. Menggunakan kembali handuk yang belum dicuci dapat menyebabkan jerawat dan iritasi
Sama seperti sarung bantal, handuk dapat menyimpan bakteri dan menyebabkan jerawat jika tidak dicuci secara rutin. Profesor sekaligus direktur penelitian kosmetik klinis di Mount Sinai Hospital AS, dr Joshua Zeichner, mengatakan bahwa menggunakan kembali handuk kotor bisa membuat kulit terpapar kotoran, minyak, riasan, dan kotoran lainnya.

"Risikonya berlipat ganda jika Anda juga menggunakan handuk yang sama untuk semua hal, termasuk menyeka wajah, mengeringkan tubuh, dan menyeka keringat setelah berolahraga," kata dr Zeichner.

Baca Juga

2. Menyeka kulit terlalu keras dengan handuk juga dapat menyebabkan iritasi
Zeichner mengatakan bahwa mengeringkan wajah dengan handuk secara agresif dapat menyebabkan iritasi dan peradangan kulit. Gesekan yang terjadi dapat menyebabkan kondisi kulit yang disebut acne mechanica, yaitu jerawat yang disebabkan oleh tekanan pada kulit.

Untuk menghindari masalah, Zeichner menyarankan untuk menepuk-nepuk kulit hingga kering daripada menggosoknya.

3. Anda bisa menggunakan handuk microfiber alih-alih tisu sekali pakai
Lee mengaku jarang merekomendasikan tisu sekali pakai kepada pasiennya. Sebagai solusi alternatif, Lee merekomendasikan untuk membeli handuk wajah berbahan microfiber yang bisa dicuci dan pastikan Anda menepuk-nepuk kulit hingga kering dengan handuk yang bersih.

 
Berita Terpopuler