Di Umur Berapa Kamu Tahu Singkatan Nama-Nama Jalan Tol Ini?

Jalan tol bertujuan mempersingkat waktu atau jarak tempuh penggunanya.

network /Ani Nursalikah
.
Rep: Ani Nursalikah Red: Partner

Kendaraan melintas di rest area sementara Jalan Tol Cisumdawu, Paseh, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (18/4/2023). Di Umur Berapa Kamu Tahu Singkatan Nama-Nama Jalan Tol Ini? Foto: Republika/Abdan Syakura

MAGENTA -- Mengapa dinamai jalan tol? Ternyata tol adalah singkatan dari tax on location atau bahasa Indonesianya adalah pajak di lokasi. Pengendara mobil harus membayar jika ingin melewati jalur bebas hambatan yang dikenal dengan istilah toll road.

Pembangunan jalan tol atau jalan bebas hambatan bertujuan mempersingkat waktu atau jarak tempuh penggunanya. Saking bejibunnya ruas jalan yang sudah beroperasi di Indonesia, perlu juga ada penyingkatan untuk penyebutan namanya, biar mudah diingat.

Berikut beberapa singkatan nama jalan tol di Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber.

.

.

1. Tol Jagorawi, singkatan dari Jakarta-Bogor-Ciawi. Tol Jagorawi adalah jalan tol pertama di Indonesia yang dioperasikan pada 1978 dengan panjang 59 Km.

2. Tol Cipularang, singkatan dari Cikampek-Purwakarta-Padalarang. Tol sepanjang 54 Km ini menghubungkan wilayah Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Bandung Barat.

BACA JUGA: Sejarah Panjang Jalan Tol di Indonesia, dari Jagorawi Hingga Tol Bima

3. Tol Purbaleunyi, singkatan dari Purwakarta-Bandung-Padaleunyi. Tol sepanjang 123 Km ini menghubungkan wilayah Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung.

4. Tol Padaleunyi, singkatan dari Padalarang-Cileunyi. Tol sepanjang 33 Km ini menghubungkan wilayah Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

5. Tol Palikanci, singkatan dari Palimanan-Kanci. Tol sepanjang 26,3 Km ini menghubungkan wilayah Palimanan dengan wilayah Kanci di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

6. Tol Japek, singkatan dari Jakarta-Cikampek. Tol sepanjang 83 Km ini menghubungkan wilayah Kota Jakarta Timur, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta.

7. Tol Bocimi, singkatan dari Bogor-Ciawi-Sukabumi. Tol sepanjang 54 Km ini menghubungkan wilayah Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Sukabumi, dan Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Kisah Soedirman: Guru SD yang Jadi Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat

8. Tol Cipali, singkatan dari Cikopo-Palimanan. Tol sepanjang 116 Km ini menghubungkan wilayah Cikopo di Purwakarta hingga Palimanan di Cirebon.

9. Tol Cisumdawu, singkatan dari Cileunyi-Sumedang-Dawuan. Tol sepanjang 62 Km ini menghubungkan wilayah Bandung, Sumedang, dan Majalengka.

10. Tol Becakayu, singkatan dari Bekasi-Cawang-Kampung Melayu. Tol sepanjang 16,78 Km ini menghubungkan wilayah Kalimalang Jakarta Timur, Kota Bekasi, hingga Kabupaten Bekasi.

11. Tol Kapalbetung, singkatan dari Kayu Agung-Palembang-Betung. Tol sepanjang 111,7 Km ini tengah melakukan percepatan penyelesaian yang ditargetkan selesai pada triwulan III di 2023.

12. Tol Belmera, singkatan dari Belawan-Medan-Tanjung Morawa. Tol sepanjang 34,4 Km ini menghubungkan Pelabuhan Belawan, Medan, dan Tanjung Morawa ini dioperasikan dengan sistem transaksi tertutup.

BACA JUGA: Pernah Ditanya Soal Perbedaan Waktu Hari Raya, Ini Jawaban Buya Hamka

13. Tol Terpeka singkatan dari Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung. Tol sepanjang 189,2 Km ini masih menyandang predikat sebagai tol terpanjang dengan durasi pembangunan tercepat di Indonesia.

14. Tol Bakter singkatan dari Bakauheni-Terbanggi Besar. Tol sepanjang 140,94 Km ini masih menyandang predikat sebagai tol terpanjang kedua di Indonesia.

15. Tol MKTT, singkatan dari Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi. Tol sepanjang 61,8 Km ini yang menghubungkan Medan, Tebing Tinggi, serta Bandar Udara Internasional Kualanamu.

16. Tol Warunda, singkatan dari Waru-Juanda. Tol sepanjang 12,8 Km ini menghubungkan Kota Surabaya dengan Bandara Internasional Juanda di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

17. Tol Somar, singkatan dari Solo-Semarang. Tol sepanjang 72,64 Km ini menghubungkan wilayah Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Karanganyar, dan Kota Surakarta.

BACA JUGA: Pesan Buya Hamka: Jangan Buat Diri Merana karena Penyakit Jiwa

18. Tol Gempas, singkatan dari Gempol-Pasuruan. Tol sepanjang 34,15 Km ini menghubungkan wilayah Gempol dengan Kabupaten Pasuruan.

19. Tol Balsam, singkatan dari Balikpapan-Samarinda. Tol sepanjang 97,3 Km ini merupakan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan. Balikpapan- Samarinda bisa ditempu dengan waktu 1,5 jam dari yang semula tiga jam.

20. Tol Bima, singkatan dari Manado-Bitung. Tol sepanjang 39,8 Km ini menjadi tol terpanjang di Sulawesi.

Pembagian Golongan Kendaraan di Jalan Tol

Mengutip situs resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), kendaraan bermotor yang menggunakan jalan tol dikelompokkan menjadi enam golongan kendaraan.

1. Golongan I: sedan, jip, piksp/truk kecil, dan bus

2. Golongan II: truk dengan 2 (dua) gandar

3. Golongan III: truk dengan 3 (tiga) gandar

4. Golongan IV: truk dengan 4 (empat) gandar

5. Golongan V: truk dengan 5 (lima) gandar

6. Golongan VI: kendaraan bermotor roda 2 (dua)

Penggolongan tersebut diatur berdasarkan keputusan Kepmen PU No 370/KPTS/M/2007. Aturan ini berlaku di seluruh jalan tol yang sudah beroperasi di Indonesia, yakni Jalan Tol Trans Sumatra, Trans Jawa, Trans Bali, Trans Kalimantan, dan Trans Sulawesi. (MHD)

BACA JUGA:

Doa Bepergian dan Naik Kendaraan, Jangan Lupa Dibaca Sebelum Mudik

Daftar Lokasi Sholat Idul Fitri 21 April 2023 untuk Wilayah Bogor, Tangerang, dan Bekasi

Dinasti Mesir Kuno Mana yang Memerintah Paling Lama?

Daftar Lokasi Sholat Idul Fitri 21 April 2023 di Yogyakarta

Mudik Lebaran 2023, Perhatikan Adab Bepergian dalam Islam

Mudik 2023: Ini Tarif Tol Jakarta-Semarang, Jakarta-Solo, dan Jakarta-Surabaya

Tak Punya Uang, Sukarno Lelang Peci Kesayangan untuk Bayar Zakat Fitrah

 
Berita Terpopuler