Karyawan Sarinah Dilarang Pakai Jilbab, Ini Sosok Sarinah Pengasuh Soekarno yang Ajarkan Cinta Kasih

Sarinah adalah pengasuh yang sangat dicintai Soekarno karena mengajarkannya menyayangi rakyat jelata.

network /Kurusetra
.
Rep: Kurusetra Red: Partner

Sarinah, pengasuh yang mengajarkan Soekarno cinta kasih kepada rakyat jelata. Foto: Republika

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Nama Sarinah mendadak menjadi pembicaraan masyarakat menyusul kabar karyawan di Mall Sarinah dilarang memakai jilbab. Kabar itu datang dari Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Gerindra Andre Rosiade yang mengaku mendapatkan aduan dan laporan dari karyawan PT Sarinah yang dilarang menggunakan hijab saat bekerja.

Pernyataan Andre disampaikannya dalam dapat kerja dengan Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo. "Barusan saya dapat laporan dari karyawan-karyawan sarinah yang bertugas berjualan dan SPG di Sarinah, mereka menyampaikan kepada kami bahwa di bawah manajemen Dirut Sarinah yang baru mereka dilarang berjilbab, Apakah betul Sarinah melakukan itu Pak Wamen," tanya Andre kepada Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo di Raker Komisi VI kemarin, Senayan, Jakarta, Kamis (13/4/2023).

BACA JUGA: Benarkah Lebaran 2023 di Arab Saudi Sama dengan Muhammadiyah?

.

Bicara Sarinah, nama yang terdengar kampungan itu ternyata punya peran besar dalam perjalanan bangsa Indonesia. Sarinah adalah nama seorang perempuan yang menjadi pengasuh presiden pertama RI, Ir Soekarno.

Sarinah hidup di sebuah rumah kecil di Mojokerto yang disewa pasangan suami-istri Raden Soekemi Sosrodihardjo-Ida Ayu Nyoman. Dari benih Soekemi dan rahim Ida Ayu lahirlah Soekarno.

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Hantu Istana Merdeka Sering Mengganggu, Eh Malah Diajak Gus Dur Ikut Pengajian

Sarinah adalah asisten rumah tangga di kehidupan keluarga kecil Soekemi-Ida Ayu. Jika dari Ida Ayu, Soekarno mendapatkan garis nasab seorang bangsawan, dari Sarinah, Soekarno mewarisi cinta kasih kepada sesama manusia.

Dalam buku Bung Karno, Penyambung Lidah Rakyat Indonesia, karya Cindy Adams, di bab ketiga berjudul Mojokerto: Kesedihan di Masa Muda halaman 35, Soekarno menceritakan hubungan batin antara dirinya dengan Sarinah. Dalam cerita tersebut tergambar tegas jika sosok Sarinah sangat berpengaruh membentuk karakter Soekarno kecil hingga tumbuh menjadi pribadi yang menyayangi rakyat jelata.

BACA JUGA: Hartini, Janda Anak Lima yang Bikin Soekarno Jatuh Cinta

"Di samping ibu ada Sarinah, gadis pembantu kami yang membesarkanku. Bagi kami pembantu rumah tangga bukanlah pelayan menurut pengertian orang Barat. Di Kepulauan kami, kami hidup berdasarkan asas gotong royong kerja sama tolong menolong."

Sarinah tinggal bersama keluarga Soekarno....


Sarinah, pengasuh yang mengajarkan Soekarno cinta kasih kepada rakyat jelata. Foto: Republika

SARINAH GADIS PENGASUH SOEKARNO

Sarinah memang tinggal bersama keluarga Soekarno tetapi bukan sebagai pembantu tetapi sebagai keluarga. Soekarno menegaskan hal tersebut dengan catatan jika Sarinah tinggal bersama keluarganya, memakan apa yang dimakan keluarganya, dan tidur bersama mereka dalam satu atap.

"Sarinah adalah bagian dari rumah tangga kami. Tidak kawin. Bagi kami dia seorang anggota keluarga kami. Dia tidur dengan kami, tinggal dengan kami, memakan apa yang kami makan, akan tetapi ia tidak mendapatkan gaji sepeser pun."

BACA JUGA: Mengapa Soekarno Ngotot Ingin Membangun Monas?

.

Putra Sang Fajar yang lahir bersamaan dengan meletusnya Gunung Kelud pada 1901 itu tanpa malu mengakui jika Sarinah yang mengajarkan dan mengenalkannya cinta kasih. Dari Sarinah, Soekarno kecil belajar bagaimana menghormati orang lain.

"Dialah yang mengajarkanku untuk mengenal cinta kasih. Aku tidak menyinggung pengertian jasmaniahnya bila aku menyebut itu. Sarinah mengajarkanku untuk mencintai rakyat. Massa rakyat, rakyat jelata."

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Marbot Hampir Dipukuli karena Adzan Subuh Jam 9 Pagi, Soalnya Adzan Jam 5 Masjid Sepi

"Selagi ia memasak di gubuk kecil dekat rumah, aku duduk di sampingnya dan kemudian ia berpidato: Karno, pertama kali engkau harus mencintai ibumu akan tetapi kemudian kau harus mencintai pula rakyat jelata engkau harus mencintai manusia umumnya". Nasihat dan buah pikir Sarinah itu lebih dulu masuk ke dalam kepala dan batin Soekarno daripada masakan Sarinah yang tersuap lewat mulut lalu mendarat di lambung.

Soekarno teramat mengagumi Sarinah. Bukan tanpa alasan memang, karena Soekarno sendiri mengakui Sarinah adalah kekuatan paling besar dalam hidupnya.

"Sarinah adalah nama yang biasa. Akan tetapi Sarinah yang ini bukanlah wanita yang biasa. Ia adalah kekuatan yang paling besar dalam hidupku di masa mudaku. Aku tidur dengan dia. Maksudku bukan sebagai suami-istri. Kami berdua tidur di tempat tidur yang kecil. Ketika aku sudah mulai besar karena sudah tidak ada lagi aku mengisi kekosongan ini dengan tidur bersama-sama kakakku Soekarmini di tempat tidur itu juga."

BACA JUGA: Humor Gus Dur: Marbot Hampir Dipukuli karena Adzan Subuh Jam 9 Pagi, Soalnya Adzan Jam 5 Masjid Sepi

.

SIMPAN JADWAL IMSYAK DAN BUKA PUASA RAMADHAN 2023

.

BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

> Download Lagu (MP3) dari YouTube dengan MP3 Juice, Gratis, Gampang, dan Tanpa Aplikasi

> Link Download dan Instal GB WhatsApp Versi Terbaru Update April 2023, Anti-banned Kedaluwarsa

> Download Minecraft PE 1.19.11 Versi Terbaru: Mudah, Cepat, Gratis Update Fitur Baru

> Jangan Terlalu Sibuk Mengejar Dunia, Gunung-Gunung di Mekkah Arab Saudi Sudah Menghijau

> Download Video TikTok Pakai SssTikTok, Gratis, Aman, Mudah Anti-ribet

> MP3 Juice: Gratis Download Lagu/MP3 dari YouTube, Awas Ketagihan

> GB WhatsApp (GB WA) Versi Januari 2023 Anti-banned, Gratis Download di Sini

> Walau Cucu Pendiri NU, Gus Dur Sebenarnya Warga Muhammadiyah

> Y2Mate: Download MP3/Lagu Gratis dari YouTube, Aman, Mudah, Cepat tanpa Buang Waktu

> YTMP3 Converter: Download MP3/Lagu dari YouTube, Gampang dan Gratis Pakai HP Juga Bisa

> Download Minecraft PE 1.19.11 Gratis Versi Terbaru di Sini: Banyak Update Fitur

> MP3 Juice: Download MP3/Lagu Gratis dari YouTube, Cepat tanpa Tunggu Lama

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

 
Berita Terpopuler