Lagi Diet, Cukupkah Sahur dengan Makan Buah Saja?

Buah kaya akan vitamin dan mineral.

www.freepik.com
Buah dan sayur. Tubuh membutuhkan gizi seimbang setiap hari, termasuk saat berpuasa.
Rep: Desy Susilawati Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaku diet terkadang mengurangi jumlah kalori yang masuk hanya dengan mengonsumsi buah dan sayur saja. Meski buah dan sayur penting, tapi apakah cukup hanya dengan mengonsumsi makanan tersebut saja untuk sahur di bulan puasa?

Dosen gizi dari Universitas Esa Unggul, Nazhif Gifari, menjelaskan kebutuhan nutrisi saat puasa tidak jauh beda dengan kondisi saat tidak puasa. Tubuh tetap membutuhkan gizi seimbang dengan asupan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

"Kalau sahur hanya buah saja, kebutuhan nutrisi tidak akan terpenuhi. Karena buah hanya sumber vitamin dan mineral, protein dan karbohidratnya tidak ada," ujar Nazhif dalam acara Mayumi Fruit Salad Launching - Manfaat Konsumsi Buah saat Sahur dan Berbuka Puasa yang diselenggarakan PT Ajinomoto Indonesia, di Jakarta, Selasa (11/4/2023).

Baca Juga

Menurut Nazhif, saat sahur maupun berbuka puasa, karbohidrat dan protein penting untuk diasup. Karbohidrat sangat dibutuhkan tubuh saat berpuasa.

Pasalnya, karbohidrat menjadi sumber energi utama yang akan digunakan oleh tubuh untuk menunjang segala aktivitas sehari-hari. Kurangnya asupan karbohidrat pada tubuh tentu akan membuat orang merasa lesu dan kurang bertenaga.

Sementara itu, protein tak hanya berperan untuk mempercepat terbentuknya jaringan otot pada tubuh. Nutrisi makro ini juga penting sebagai glikogen yang akan dipecah agar tubuh tetap berenergi, meskipun sedang berpuasa.

 
Berita Terpopuler