Malam Ini, SpaceX Kirim 2.860 Kg Barang NASA ke Stasiun Luar Angkasa, Apa Saja?

Ada juga sejumlah makanan favorit yang dipesan para astronot.

.
Rep: Ilham Tirta Red: Partner

Ilustrasi peluncuran pesawat luar angkasa. Gambar: NASA

ANTARIKSA -- SpaceX siap meluncurkan misi kargo terbarunya ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Selasa, 14 Maret 2023 waktu setempat. Sejauh ini, belum ada tanda-tanda cuaca buruk yang bisa memundurkan jadwal peluncuran.

NASA dan SpaceX telah melakukan tinjauan kesiapan peluncuran (LRR) pada Senin, 13 Maret 2023. SpaceX akan menerbangkan kapsul dragon dengan roket Falcon 9 untuk mengirim pasokan CRS-27 ke laboratorium yang mengorbit.

Pasokan CRS-27 dijadwalkan meluncur pada Selasa pukul 20.30 EDT atau pukul 7.30 WIB, Rabu, 15 Maret dari Kennedy Space Center NASA di Florida. "Kendaraannya bagus, dan semua sistem siap diluncurkan," kata Direktur Manajemen Misi Dragon SpaceX, Sarah Walker dalam konferensi pers Senin malam. "Hal utama yang terus dipantau tim ke depan adalah cuaca."

Seperti namanya, CRS-27 adalah misi pasokan operasional ke-27 yang akan diterbangkan SpaceX ke ISS untuk NASA. Peluncuran hari Selasa akan menjadi yang ketiga untuk kapsul Dragon khusus dan yang ketujuh untuk roket Falcon 9.

"Dragon akan membawa 2.860 kilogram barang, termasuk peralatan spacewalk dan perangkat keras kendaraan, serta sekitar 60 eksperimen ilmiah baru," kata pejabat NASA.

Di antara perlengkapan ilmiah adalah dua misi percobaan terakhir untuk Tissue Chips in Space, sebuah proyek yang dijalankan oleh Institut Kesehatan Nasional AS dan Laboratorium Nasional ISS. "Kedua studi, Cardinal Heart 2.0 dan Engineered Heart Tissues-2, menggunakan perangkat kecil yang berisi sel hidup yang meniru fungsi jaringan dan organ manusia untuk memajukan pengembangan perawatan disfungsi jantung," tulis pejabat NASA dalam update misi pada 9 Maret lalu.

Muatan ilmiah lain yang dikirim adalah HUNCH Ball Clamp Monopod yang dibangun oleh siswa sekolah menengah di daerah Houston. "Monopod dapat mempermudah pembuatan film di luar angkasa," kata pejabat NASA.

Dragon juga akan mengangkut makanan, termasuk beberapa suguhan langka untuk astronot yang terbiasa memakan makanan yang diawetkan dari kotak. "Para kru meminta beberapa buah segar dan keju yang didinginkan. Jadi ada apel, blueberry, grapefruit, jeruk, tomat, ceri, serta beberapa keju yang berbeda," kata manajer integrasi transportasi Program ISS NASA, Phil Dempsey dalam konferensi pers Senin.

 
Berita Terpopuler