Berapa Banyak Air di Bumi?

Berkat siklus air, pasokan air planet kita terus berpindah tempat dan dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

.Ilustrasi perbandingan air dan bola bumi.
Rep: Ilham Tirta Red: Partner

ANTARIKSA -- Sekitar 71 persen permukaan bumi tertutup air, dan lautan menampung sekitar 96,5 persen dari seluruh air Bumi. Air juga ada di udara sebagai uap air, di sungai dan danau, di lapisan es dan gletser, di tanah lembab dan akuifer, bahkan di dalam diri kita, tanaman, dan hewan peliharaan kita.

Air tidak pernah diam. Berkat siklus air, pasokan air planet kita terus berpindah dari satu tempat ke tempat lain dan dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Segalanya akan menjadi sangat kacau jika tanpa siklus air!.

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), volume semua air di Bumi sekira 1.386.000.000 kilometer kubik (km3). Bayangkan, satu kilometer kubik air sama dengan sekitar 264 miliar galon atau 1 triliun liter.

Ilustrasi Air di Bumi

Gambar: Howard Perlman, USGS dibuat dalam domain publik.

Ilustrasi bola dunia di gambar menunjukkan bola biru yang mewakili jumlah relatif air Bumi dibandingkan dengan ukuran Bumi. Bola air ini terlihat sangat kecil karena dibandingkan dengan ukuran Bumi yang besar. Gambar ini mencoba menunjukkan tiga dimensi, sehingga setiap bola air mewakili volume.

Volume bola terbesar, mewakili semua air di permukaan, di dalam, dan di atas Bumi seperti awan dan udara. Jumlah air di Bumi sekitar 1.386.000.000 kilometer kubik (km3) dan berdiameter sekitar 1.385 kilometer.

Bola yang lebih kecil mewakili air tawar cair Bumi di dalam tanah, rawa, sungai, dan danau. Volume bola tersebut sekitar 10.633.450 km3 dan membentuk sebuah bola dengan diameter sekitar 272,8 kilometer. Semua air ini adalah air tawar yang kita butuhkan setiap hari, tetapi sebagian besar berada jauh di dalam tanah sehingga tidak tersedia bagi manusia.

Sementara, gelembung kecil di atas Atlanta, Georgia melambangkan air tawar di semua danau dan sungai di planet ini. Sebagian besar air yang dibutuhkan manusia dan kehidupan di bumi setiap hari berasal dari sumber air permukaan ini. Volume bola ini sekitar 93.113 km3 dengan diameter 56,2 kilometer. Tentu saja, Danau Michigan terlihat jauh lebih besar dari bola ini, namun Anda harus membayangkan sebuah gelembung setinggi hampir 56 kilometer, sedangkan rata-rata kedalaman Danau Michigan kurang dari 91 meter. Sumber: USGS/NASA

 

 

 
Berita Terpopuler