Everton Mencari Pelatih Pengganti Frank Lampard, Nomor 5 Bikin Fans Emosional

Frank Lampard dipecat Everton karena serangkaian hasil buruk.

EPA-EFE/PETER POWELL
Wayne Rooney (kiri) masuk dalam salah satu kandidat pelatih Everton menggantikan posisi Frank Lampard.
Rep: Anggoro Pramudya Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE -- Everton resmi berpisah dengan Frank Lampard setelah sang pelatih gagal membawa the Toffees bangkit dari keterpurukan. Lampard meninggalkan Stadion Goodison Park pada, Senin (23/1/2023) setelah kurang dari setahun bertugas di klub rival sekota Liverpool.

Baca Juga

Bersama Lampard the Toffees merana dengan tercecer di zona degradasi peringkat 19 dengan baru mengumpulkan tiga poin dari 20 pertandingan yang telah dimainkan.

Kini beberapa surat kabar Inggris mengeluarkan prediksi siapa calon pelatih yang tepat untuk membawa Merseyside Biru lolos dari jerat degradasi dikutip The National News, Selasa (24/1/2023).

1. Sean Dyche

Tidak mengherankan eks manajer Burnley, Sean Dyche muncul sebagai favorit untuk mengambil alih kursi kepelatihan Everton yang sedang berjuang.

Pasalnya, berkat tangan dingin Dyche Burnley dibawanya terbang ke kompetisi Liga Primer Inggris sebelum akhirnya terdegradasi pada 2022 lalu.

2. Duncan Ferguson

Kehadiran Duncan Ferguson jelas menjadi oase di keringnya sorak-sorai pendukung the Toffees. Ia meninggalkan Goodison Park pada musim panas lalu setelah menjabat sebagai asisten manajer Lampard.

Ferguson memiliki dua periode sebagai caretaker di tim utama setelah pemecatan Marco Silva pada 2019 dan Rafa Benitez pada Januari 2022.

 

3. Marcelo Bielsa

Sosok Marcelo Bielsa sangat dihormati di dunia kepelatihan. Bahkan juru taktik sekelas Pep Guardiola, Juergen Klopp dan Mauricio Pochettino merupakan pengagum entrenador berusia 67 tahun tersebut.

Bielsa mengembalikan Leeds United ke kasta tertingga Liga Primer Inggris setelah 16 tahun lamanya menanti. Namun, ia harus meninggalkan Stadion Elland Road pada Februari 2022 menyusul kekalahan 0-4 dari Tottenham Hotspur.

Kabarnya pemilik saham mayoritas Everton asal Iran, Farhad Moshiri telah mendekati pelatih asal Argentina itu untuk menggantikan posisi Lampard.

4. David Moyes

David Moyes saat ini sedang berada dalam situasi yang sulit. Pasalnya, West Ham United tengah terpuruk pada Liga Primer Inggris 2022/2023.

Hingga pekan ke-20, West Ham kini terdampar di peringkat 16 klasemen. Namun, kemenangan atas Everton akhir pekan kemarin membuat hierarki klub untuk lebih bersabar menjatuhkan putusan pemecatan kepada pelatih asal Skotlandia.

Pelatih asal Skotlandia tersebut sebelumnya pernah melatih Everton selama 11 tahun. Pun, membawa the Toffees ke kualifikasi Liga Champions, meski gagal lolos ke babak grup usai membawa finis di urutan keempat pada 2004/2005.

 

5. Wayne Rooney

Nama calon pelatih terakhir untuk Merseyside Biru adalah Wayne Rooney. Sosok yang jelas selalu mendapat tempat di hati para penggemar the Toffees.

Saat ini Rooney merupakan manajer DC United, klub asal Major Super League (MLS) Amerika Serikat. Mantan striker Manchester United itu mulai menangani DC United pada 12 Juli 2022 lalu.

Sebelum itu, Rooney pernah menjadi manajer Derby County. Namun, ia memutuskan untuk meninggalkan the Rams karena masalah finansial yang dialami klub.

Rooney sebelumnya pernah bermain untuk Everton. Pria berusia 37 tahun tersebut sangat mungkin untuk kembali ke Goodison Park.

 
Berita Terpopuler