Cara Mudah-Murah Simpan Pakaian Agar tidak Cepat Apek di Lemari

Pengguna TikTok membagikan cara membuat pakaian tetap wangi di lemari.

Republika/Rakhmawaty La'lang
Perempuan dengan koleksi pakaiannya. Disimpan lama di lemari, pakaian kerap berbau apek.
Rep: Shelbi Asrianti Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aroma pakaian yang berubah apek saat lama tersimpan di lemari jadi permasalahan yang cukup umum. Seorang pengguna TikTok membagikan kiat penyimpanan pakaian untuk membantu pakaian bertahan tetap harum dan segar.

Pengguna TikTok bernama Julia tersebut kerap mengunggah tips dan trik seputar gaya pakaian vintage lewat akun @_boringbb_. Baru-baru ini, Julia bercerita bahwa neneknya membagikan kiat berguna lain di luar mode busana, yakni tentang cara penyimpanan pakaian.

Suatu ketika, saat mengunjungi rumah neneknya, Julia melihat sabun batangan terbungkus dalam laci pakaian. Dia pun bertanya kepada neneknya soal keberadaan sabun itu.

Baca Juga

Julia menirukan jawaban neneknya, "Oh sayang, kamu tidak tahu? Begitulah cara menjaga agar pakaian tetap harum."

Karena penasaran, Julia pun mencobanya sendiri di rumah. Ternyata, ucapan neneknya memang berhasil. Sejak beberapa bulan silam, Julia meletakkan sabun batangan di lemari dan itu memang membuat semua pakaiannya beraroma harum dan segar.

Julia mengingatkan untuk menggunakan sabun batangan berbahan alami yang berkualitas. Di rumah neneknya, sabun yang dipakai berbahan lavender.

Sabun batangan itu dibungkus dengan kertas, bukan plastik. Julia menyarankan untuk memakai sabun dengan aroma favorit, tapi yang tidak terlalu menyengat.

"Cobalah untuk menemukan aroma yang tidak berlebihan dan letakkan saja di sudut dengan pakaian atau linen. Itu akan membuat segala sesuatu yang disimpan berbau harum, dan bisa bertahan hingga bertahun-tahun," kata Julia, dikutip dari laman Metro, Rabu (4/1/2022).

 
Berita Terpopuler