Roadmap VCT 2023 yang Diketahui Sejauh Ini, Seperti Apa?

Turnamen tahunan VCT tahun depan usung konsep dan format berbeda dari sebelumnya.

network /Kafka Umar
.
Rep: Kafka Umar Red: Partner

Sumber: VALORANT Esports

IBUGAME -- Tidak lama lagi turnamen tahunan VALORANT Champions Tour di tahun mendatang, akan resmi bergulir. Yap, sejumlah tim dari semua wilayah sudah mempersiapkan diri untuk tampil di turnamen bergengsi dari VALORANT itu.

Namun sebelum mengetahui lebih jauh, lebih baiknya kalian mengetahui gambaran umum mengenai kalender VCT di tahun 2023. Seperti apa? Berikut adalah rangkumannya.

Dimulai dengan LOCK//IN Sao Paulo

Mengawali pembukaan VCT 2023 mendatang, Riot Games selaku pengembang dan penyelenggara turnamen VALORANT, akan membukanya dengan LOCK//IN Sao Paulo. Ini merupakan turnamen yang berlangsung di Sao Paulo, Brasil. Total ada 30 tim yang akan mengikuti turnamen pembuka ini, dan semua tim berasal dari tiga wilayah besar. Di antaranya EMEA, Amerika, dan Pasifik.

Semua tim jelas akan bertarung pada turnamen ini. Terlebih lagi, tim yang akan menjadi juara akan menerima spot untuk menuju VCT Masters, yang mana akan diselenggarakan di Tokyo, Jepang. Lalu, LOCK//IN Sao Paulo akan dimulai pada bulan Februari hingga Maret 2023.

Berlanjut ke Liga

Setelah semua tim bertanding di LOCK//IN Sao Paulo, semuanya akan kembali ke wilayahnya masing-masing, dan akan berlaga di kompetisi liga. Ini merupakan format terbaru yang diberikan oleh Riot Games maupun VALORANT, dan juga masuk ke dalam kalender VCT 2023.

Turnamen ini akan berlangsung di tiga wilayah besar, seperti yang sudah dipaparkan di awal. Liga ini mengusung sistem yang mirip seperti League of Legends, dimana masing-masing wilayah memiliki sepuluh tim yang akan bertanding.

Bisa dikatakan sepuluh tim yang dipastikan ikut pada liga tersebut, merupakan tim mitra yang sudah dipilih oleh Riot Games. Tentunya semua tim akan bertanding demi memperebutkan spot menuju VCT Masters tahun depan. Dan lagi, semua wilayah secara serentak akan melangsungkan liganya pada akhir Maret 2023 nanti.

VCT Masters Tokyo

Tidak lama ini, Riot Games sudah membeberkan lokasi diselenggarakannya VCT Masters untuk tahun depan. Yap. Tokyo, Jepang akan menjadi kota pelaksanaan dari turnamen kasta tertinggi dari VALORANT tersebut. Ini merupakan pertama kalinya bagi sejarah esports VALORANT, menggelar turnamen tahunannya di negeri Sakura.

Namun, ada yang berbeda dari penyelenggaraan VCT tahun depan, khususnya VCT Masters. Melansir dari Liquidpedia, turnamen tahunan dari VALORANT tersebut hanya menggelar VCT Masters satu kali saja. Dengan kata lain, tidak ada VCT Masters untuk kali kedua dalam kalender VALORANT Champions Tour 2023.

Rupanya, hal tersebut disinyalir oleh berubahnya konsep dan sistem dari VCT yang terbaru oleh Riot Games, seperti yang dijelaskan sekarang ini. Artinya, kemungkinan besar kita tidak akan melihat VCT Masters yang kedua di tahun depan.

Kemana VCT Challengers?

Sekali lagi, kalender VCT 2023 mengusung format dan sistem terbaru, yang hampir sama dengan sistem League of Legends. Imbas dari sistem baru tersebut, Riot Games mengubah fungsi dari VCT Challengers, yang sebelumnya sebagai salah satu rangkaian VCT, kini beralih menjadi turnamen kasta ketiga. Ditambah lagi, Riot Games juga menghadirkan Challengers Ascension, yang mana ini merupakan turnamen setelah VCT Challengers.

Challengers Ascension merupakan turnamen baru yang hadir dalam rangkaian VCT 2023. Ini merupakan turnamen yang fungsinya sebagai peluang bagi semua tim pada setiap wilayah kecil, untuk bisa mendapatkan spot menuju liga. Dengan kata lain, Challengers Ascension merupakan turnamen promosi bagi semua tim.

Namun, bagi tim yang sukses menjuarai Challengers Ascension, tidak akan segera mendapatkan spotnya di tahun 2023, dan langsung bermain di liga. Hal itu bisa terjadi pada tahun 2024 mendatang. Artinya, tim yang menjuarai Challengers Ascension, akan bisa bermain di liga pada tahun berikutnya. Dan lagi, VCT Challengers dan Challengers Ascension akan dilaksanakan sebanyak dua kali di tahun depan.

Bagaimana dengan Last Chance Qualifier dan VALORANT Champions?

Tentu Riot Games tidak akan menghilangkan dua turnamen tersebut. VCT 2023 tetap akan menggelar Last Chance Qualifier dan VALORANT Champions, dan juga masuk ke dalam rangkaian VCT tahun depan. Sejauh ini, tidak ada perubahan yang dilakukan Riot Games kepada dua turnamen tersebut. Secara fungsi, format, dan sistem, keduanya masih sama dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya.

Last Chance Qualifier (LCQ) merupakan turnamen tahap akhir, dimana tim-tim yang gagal meraih spot VALORANT Champions di VCT Masters, akan bertarung untuk mendapat spot yang tersisa. Dengan kata lain, fungsi LCQ masih sama, dimana ini adalah peluang terakhir bagi sejumlah tim untuk bisa bermain di turnamen puncak VALORANT tersebut. Mengenai jadwal pun masih sama. Seperti biasa, LCQ akan dimulai setelah berakhirnya VCT Masters.

Begitu juga dengan VALORANT Champions. Ini merupakan turnamen puncak yang diselenggarakan pada akhir tahun. Dengan kata lain, turnamen puncak ini merupakan rangkaian akhir dan penutup dari kalender VCT setiap tahunnya. Namun hingga artikel ini ditulis, Riot Games belum membocorkan lokasi penyelenggaraannya.

 
Berita Terpopuler