Setelah 2.500 Tahun, Ilmuwan Berhasil Pecahkan Teka-teki Tata Bahasa Kuno 

Mahasiswa PhD berhasil memecahkan tata bahasa Panini.

cambridge
Naskah Sansekerta kuno.
Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masalah gramatikal yang membuat pening para ahli Sansekerta sejak abad ke-5 SM akhirnya dipecahkan oleh seorang PhD mahasiswa di University of Cambridge. Rishi Rajpopat, mahasiswa tersebut, membuat terobosan dengan memecahkan kode aturan yang diajarkan oleh 'bapak linguistik', Pāṇini.

Baca Juga

Dilansir dari Phys Org, Kamis (15/12/2022) penemuan ini memungkinkan untuk “menurunkan” kata Sanskerta apa pun dan menghasilkan jutaan kata yang benar secara tata bahasa menggunakan “mesin bahasa” Pāṇini. Temuan ini dianggap sebagai salah satu pencapaian intelektual besar dalam sejarah.

Pakar Sanskerta terkemuka menggambarkan penemuan Rapjopat sebagai hal yang revolusioner. Dengan penemuan ini,  berarti bahwa tata bahasa Pāṇini dapat diajarkan ke komputer untuk pertama kalinya. 

Dr. Rajpopat mendekodekan algoritme berusia 2.500 tahun yang memungkinkan, untuk pertama kalinya, menggunakan mesin bahasa Pāṇini secara akurat.

Sistem Pāṇini memperkenalkan 4.000 aturan yang diperinci dalam karya terbesarnya, Aṣṭādhyāyī. Aturan ini diperkirakan ditulis sekitar 500 SM dimaksudkan untuk bekerja seperti mesin. Ada rumusan memasukkan dasar dan sufiks sebuah kata, yang mengubahnya menjadi kata yang secara tata bahasa, dan kalimat melalui proses langkah demi langkah.

Namun, seringkali dua atau lebih dari aturan Pāṇini secara bersamaan berlaku pada langkah yang sama. 'Konflik aturan' ini membuat para ahli bahasa bingung mana yang harus dipilih.

Memecahkan apa yang disebut “konflik aturan”, yang memengaruhi jutaan kata Sanskerta  membutuhkan algoritme. Pāṇini mengajarkan metarule (aturan dari aturan) untuk membantu ahli bahasa memutuskan aturan mana yang harus diterapkan jika terjadi “konflik aturan”. 

Namun, selama 2.500 tahun terakhir, para sarjana telah salah menafsirkan metarule ini. Artinya bahwa mereka sering berakhir dengan hasil tata bahasa yang salah.

Dalam upaya untuk memperbaiki masalah ini, banyak sarjana dengan susah payah mengembangkan ratusan metarule lain. Dr. Rajpopat menunjukkan bahwa metarule ini tidak hanya tidak mampu memecahkan masalah yang ada, tapi malah juga menghasilkan terlalu banyak pengecualian yang sama sekali tidak diperlukan. 

“Pāṇini memiliki pikiran yang luar biasa dan dia membangun sebuah mesin yang tak tertandingi dalam sejarah manusia. Dia tidak mengharapkan kita untuk menambahkan ide baru ke aturannya. Semakin kita mengutak-atik tata bahasa Pāṇini, semakin kita menghindarinya," kata Rajpopat.

Secara tradisional, para cendekiawan telah menafsirkan metarule Pāṇini sebagai makna bahwa jika terjadi konflik antara dua aturan dengan kekuatan yang sama, aturan yang muncul belakangan dalam urutan tata bahasa yang menang. Rajpopat menolak hipotesa ini.

Dia beralasan bahwa Pāṇini berarti bahwa di antara aturan yang berlaku untuk sisi kiri dan kanan kata, Pāṇini ingin kita memilih aturan yang berlaku untuk sisi kanan. Menggunakan interpretasi ini, Rajpopat menemukan mesin bahasa Pāṇini menghasilkan kata-kata yang benar secara tata bahasa hampir tanpa pengecualian.

Momen Eureka

Enam bulan sebelum Rajpopat membuat penemuannya, pembimbingnya di Cambridge, Vincenzo Vergiani, Profesor Bahasa Sanskerta, memberinya beberapa saran: “Jika solusinya rumit Anda mungkin salah.”

Rajpopat mengatakan dia mengalami momen eureka di Cambridge. Setelah sembilan bulan mencoba memecahkan masalah ini, Rajpopat hampir siap untuk menyerah lantaran tidak mendapatkan apa-apa.

“Jadi saya menutup buku selama sebulan dan menikmati musim panas, berenang, bersepeda, memasak, berdoa dan bermeditasi. Kemudian, dengan enggan saya kembali bekerja, dan dalam beberapa menit, ketika saya membalik halaman, pola-pola ini mulai muncul, dan semuanya mulai masuk akal. Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan tetapi saya' Saya menemukan bagian terbesar dari teka-teki itu.”

“Selama beberapa minggu berikutnya saya sangat bersemangat, saya tidak bisa tidur dan menghabiskan berjam-jam di perpustakaan, termasuk di tengah malam untuk memeriksa apa yang saya temukan dan memecahkan masalah terkait. Pekerjaan itu memakan waktu dua setengah tahun.”

 

Makna

Profesor Vincenzo Vergiani berkata bahwa mahasiswanya telah menemukan solusi yang luar biasa elegan untuk masalah yang telah membingungkan para sarjana selama berabad-abad. Penemuan ini akan merevolusi studi bahasa Sanskerta pada saat minat terhadap bahasa sedang meningkat.

Bahasa Sansekerta adalah bahasa Indo-Eropa kuno dan klasik dari Asia Selatan. Ini adalah bahasa suci Hinduisme, tetapi juga media yang digunakan banyak ilmu pengetahuan, filsafat, puisi, dan sastra India terbesar lainnya selama berabad-abad.

Meskipun hanya dituturkan di India oleh sekitar 25.000 orang saat ini, bahasa Sanskerta memiliki signifikansi politik yang berkembang di India. Sansekerta telah memengaruhi banyak bahasa dan budaya lain di seluruh dunia.

 

Implikasi utama dari penemuan Dr. Rajpopat adalah bahwa sekarang kami memiliki algoritme yang menjalankan tata bahasa Pāṇini, kita berpotensi mengajarkan tata bahasa ini ke komputer.

 
Berita Terpopuler