Ketika Menghadapi Masa Sulit Ingatlah Bahwa Allah Maha Penyayang

Allah memberikan cobaan sesuai dengan tingkat keimanan hamba-Nya.

Pixabay
Ilustrasi Berdoa. Ketika Menghadapi Masa Sulit Ingatlah Bahwa Allah Maha Penyayang
Rep: Mabruroh Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap surat di dalam Alquran selalu dibuka dengan kalimat “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.” Kecuali pada surat At-Taubah, yang berarti "Pertobatan".

Baca Juga

Dilansir dari About Islam, Allah menyelipkan kalimat tersebut tentu saja dengan maksud dan tujuan, agar setiap hamba-Nya yang membaca Alquran selalu diingatkan bahwa Dia Maha Pemurah dan Maha Penyayang.

Terkadang kita membutuhkan pengingat itu ketika kita merasa sedih tentang sesuatu yang telah kita lakukan, atau sesuatu yang sedang kita alami. Dia ingin kita tahu bahwa segala sesuatu mungkin terjadi melalui Dia, maka hanya kepada-Nya kita mencari bantuan dan pengampunan.

Apakah Anda merasa bahwa Allah tidak adil?

“Hidup adalah ujian” ungkapan lama ini terdengar tidak selalu membuat Anda merasa lebih baik, tetapi mari kita melihatnya dari perspektif yang berbeda. Misalnya ketika Anda menyontek dan guru memergoki Anda namun dia memaafkan tindakan yang salah itu dan Anda lulus ujian, tetapi Anda tidak lulus ujian dengan adil.

Jika Allah membiarkan semua kesalahan Anda lolos, dan Anda tidak meminta pengampunan atas kesalahan itu, Anda tidak akan lulus ujian hidup. Pada Hari Penghakiman ketika Dia bertanya tentang dosa-dosa Anda, apa yang akan Anda katakan kepada-Nya? Apakah Anda akan mengatakan:

“Tetapi Allah, Engkau membiarkan saya menjalani hidup tanpa menghukum saya karenanya, jadi saya pikir Engkau tidak keberatan!”

Tetapi apakah Anda meminta Dia untuk mengampuni Anda atas tindakan itu? Jika tidak, Anda mungkin akan menghadapi konsekuensi di akhirat, bukan selama hidup ini. 

 

“Dan kembali (dalam pertobatan) kepada Tuhanmu dan tunduk kepada-Nya sebelum azab datang kepadamu; maka kamu tidak akan ditolong.” (Quran 39:54 )”

Jadi Anda lebih suka menghadapi konsekuensinya sekarang atau nanti? Jika Anda merasa sedang dihukum di dunia ini dengan segala ujian yang Allah berikan, maka katakanlah Alhamdulillah. Karena Allah memberikan belas kasihnya dengan memberikan hukuman ketika di dunia untuk menghindari konsekuensi di akhirat.

Mengapa saya melewati masa-masa sulit seperti itu?

Allah memberikan cobaan sesuai dengan tingkat keimanan hamba-Nya. Pastikan bahwa jika Anda memiliki kebaikan di hati, maka Allah akan membalas Anda dengan lebih baik dari apa yang diambil dari Anda, atau kesulitan yang Anda hadapi.

Meskipun kelihatannya Allah sedang menghukum Anda, sesungguhnya Dia sedang menunjukkan kesalahan Anda dan mendorong Anda untuk tidak melakukan kesalahan yang sama lagi. Jadi tetaplah beriman kepada Allah, dan jangan pernah meragukan kebijaksanaan-Nya.

“Dan barang siapa yang takut kepada Allah - Dia akan membuat baginya jalan keluar, dan akan memberikan baginya dari mana dia tidak mengharapkan. Dan barang siapa yang mengandalkan Allah – maka Dia cukup baginya. Sungguh, Allah akan mewujudkan tujuan-Nya. Allah telah menetapkan untuk segala sesuatu suatu tingkat (ketetapan).” (Quran 65:2-3)

“Tapi mungkin Anda membenci sesuatu dan itu baik untuk Anda; dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal itu buruk bagimu. Dan Allah Mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (Quran 2:216 )

Dosa saya terlalu banyak, akankah Allah mengampuni saya?

Tentu saja Allah akan mengampuni dosa-dosa hamba-Nya, selama doa itu dipanjatkan dengan ketulusan hati dan melakukan yang terbaik untuk menghindari melakukan dosa yang sama. 

 

“Wahai anak Adam, selama kamu memohon kepada-Ku dan meminta kepada-Ku, Aku akan mengampuni kamu atas apa yang telah kamu lakukan, dan Aku tidak akan keberatan. Wahai anak Adam, seandainya dosa-dosamu mencapai awan di langit dan seandainya kamu memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku ampuni kamu. Wahai anak Adam, seandainya kamu datang kepada-Ku dengan membawa dosa yang hampir sebesar bumi dan jika kamu kemudian menghadap-Ku, tidak menyekutukan-Ku, Aku akan memberimu ampunan yang hampir sama besarnya dengan itu.” (40 Hadist Qudsi)”

Namun Allah memperingatkan kita, bahwa jika kita dengan sengaja terus melakukan dosa yang sama berulang-ulang, itu menyebabkan rusaknya akal budi kita, dan bahwa dosa-dosa itu akan membuat bintik hitam di hati kita, dan pada akhirnya akan memakannya, mengakibatkan hati menjadi terkunci tetapi pertobatan yang tulus dapat menghapus noda hitam itu.

Berapa kali Anda melihat orang membual tentang dosa yang mereka lakukan seolah-olah itu sesuatu yang bisa dibanggakan.

“Semua dosa pengikutku akan diampuni kecuali dosa mujahirin (mereka yang melakukan dosa secara terbuka atau mengungkapkan dosa mereka kepada orang-orang). Contoh dari pengungkapan tersebut adalah bahwa seseorang melakukan dosa di malam hari dan meskipun Allah menyembunyikannya dari publik, kemudian dia datang di pagi hari, dan berkata, 'Wahai fulan, saya melakukan ini dan itu (kejahatan). perbuatannya kemarin,' meskipun dia menghabiskan malamnya dengan tabir Tuhannya (tidak ada yang mengetahui tentang dosanya) dan di pagi hari dia menghilangkan tabir Allah dari dirinya sendiri.” (Al-Bukhari)”

Allah memberitahu kita bahkan melakukan syirik dapat diampuni dalam Surat al-Furqan dalam ayat 25:68-70, selama pertobatannya tulus dan sebelum kematian mendekat. Jadi, hindari mengiklankan dosa-dosa Anda, dan bertobatlah untuk mendapatkan cinta dan rahmat Allah.

Allah tidak memiliki batas

Allah adalah Pencipta Bumi, Langit, dan alam semesta, jadi tentu saja Dia tidak dibatasi dalam hal apa pun. Dia adalah yang mengetahui segala sesuatu, yang terlihat dan yang tidak terlihat. Dia menyebabkan hidup, dan mati, dan ketika Dia memutuskan sesuatu, maka jadilah.

Jadi, jangan putus asa dan jangan putus asa kepada Allah. Yakinlah bahwa ada solusi di luar sana untuk Anda, Anda hanya perlu bertanya! Percaya bahwa Allah tidak mampu memperbaiki situasi dapat menyebabkan Anda jatuh ke dalam ketidakpercayaan – Hati-hati!

“Dan memanggil-Nya dalam ketakutan dan harapan. Sesungguhnya rahmat Allah itu dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.” (Quran 7:56)

 
Berita Terpopuler