Pakistan Harap Rishi Sunak Dorong India untuk Resolusi Kashmir

Selain berdarah India, Sunak juga memiliki akar Pakistan.

AP Photo/Frank Augstein
Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak meninggalkan 10 Downing Street menuju House of Commons untuk Pertanyaan Perdana Menteri pertamanya di London, Rabu, 26 Oktober 2022. Sunak dipilih oleh partai Konservatif yang berkuasa untuk menggantikan Liz Truss yang mengundurkan diri.
Rep: Rizky Jaramaya Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, GUJRANWALA -- Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, telah memeluk warisan India dan Hindu. Namun, Sunak juga memiliki akar Pakistan. Kakek-nenek dari pihak ayah Sunak tinggal di Kota Gujranwala selama pemerintahan kolonial Inggris.

Baca Juga

Kota Gujranwala menyaksikan beberapa kerusuhan sektarian paling mematikan selama 1947 yang memisahkan India dan Pakistan dari bekas Kerajaan Inggris. Kota Gujranwala saat ini adalah  pusat industri di Provinsi Punjab timur yang berbatasan dengan India. Terpilihnya Sunak sebagai perdana menteri membuat warga Gujranwala, berharap, pemimpin baru Inggris itu dapat mendorong solusi bagi krisis Kashmir, yang kini menjadi titik utama pertikaian antara Pakistan dan India. 

Kakek Sunak, Ramdas Sunak dan neneknya Suhag Rani tinggal di Gujranwala sampai tahun 1935. Meskipun sebagian besar penduduk kota saat ini tidak dapat mengingat sejarah masa lalu, mereka merasa gembira atas kemenangan Sunak. Mereka berharap hubungan diplomatik antara Pakistan dan Inggris akan membaik di bawah kepemimpinan politisi berusia 42 tahun itu.

"Ini adalah kebahagiaan bahwa leluhur perdana menteri baru Inggris berasal dari sini," kata Omar Ali, seorang pegulat yang telah membuat Gujranwala terkenal di seluruh dunia.

Profesor perguruan tinggi Khurram Shehzad mengatakan, dia berharap Sunak akan bekerja tidak hanya untuk memperkuat hubungan antara Pakistan dan Inggris tetapi juga membawa era kesuksesan baru bagi Pakistan dan India. Otoritas kota Gujranwala menyatakan, sebagian besar catatan dihancurkan selama kekerasan era kolonial sehingga tidak ada bukti di mana tepatnya kakek Sunak tinggal. Namun kepercayaan populer menyatakan bahwa kakek Sunak tinggal di Machli Bazaar, yang merupakan tempat tinggal sebagian besar komunitas Hindu. 

Sebuah kuil Hindu yang ditinggalkan berdiri di Machli Bazaar. Hal ini sebagai bukti kehidupan masyarakat di wilayah itu sebelum partisi memaksa migrasi massal ke India.

 

Machli Bazaar, diterjemahkan secara kasar sebagai pasar ikan. Lingkungan ini terkenal dengan makanan dan restorannya yang lezat. Banyak pecinta makanan berkunjung setiap tahun ke wilayah ini. 

"Terpilihnya Sunak merupakan suatu kehormatan bagi kami dan kota kami, dan kami berharap dalam beberapa hari mendatang hubungan diplomatik Pakistan dan Inggris akan membaik,” kata Hafiz Umar, yang keluarganya memiliki sejarah panjang di Machli Bazar.

Pakistan dan India memiliki sejarah hubungan yang pahit. Keduanya terlibat perang atas wilayah Himalaya yang disengketakan. Keduanya mengklaim memiliki wilayah tersebut.

Sunak belum secara terbuka berbicara tentang masalah Kashmir. Kepemimpinannya kemungkinan akan didominasi di dalam negeri oleh krisis ekonomi yang telah menyebabkan jutaan orang Inggris kesulitan untuk membayar tagihan makanan dan energi yang semakin mahal. 

“Tampaknya prioritas Rishi Sunak adalah menangani tantangan ekonomi di dalam negeri, tetapi kami berharap dia juga akan mencoba menyelesaikan masalah Kashmir, yang merupakan penyebab utama keretakan antara Pakistan dan India,” kata juru bicara pemerintah Punjab, Musarrat Jamshed Cheema.

Dari Punjab, kakek-nenek Sunak pindah ke Afrika Timur pada akhir 1930-an, sebelum akhirnya menetap di Inggris pada 1960-an. Sunak lahir pada 1980 di Southampton, Inggris. Sunak menikah dengan Akshata Murty, yang merupakan putri dari miliarder India NR Narayana Murthy. Narayana Murthy adalah pendiri raksasa teknologi Infosys. Sunak masuk dalam jajaran orang terkaya atau crazy rich di Inggris.

Mengutip daftar orang terkaya 2021 yang dirilis Sunday Times pada 2022, Rishi Sunak dan istrinya menempati peringkat 222. Total kekayaan keduanya mencapai 730 juta euro. Kekayaan itu dilaporkan bersumber dari bisnis teknologi dan investasi.

Sunak dan istrinya untuk pertama kali masuk dalam daftar 250 orang terkaya di Inggris versi Sunday Times. Peringkat tersebut menjadikan Sunak sebagai politisi pertama yang masuk dalam daftar orang terkaya di Inggris.

 

 

 
Berita Terpopuler