5 Kisah dalam Alquran, Refleksi untuk Meningkatkan Kesabaran Diri

Setiap hari kesabaran kita diuji dengan berbagai cara.

Pixabay
Ilustrasi Sahabat Nabi. 5 Kisah dalam Alquran, Refleksi untuk Meningkatkan Kesabaran Diri
Rep: mgrol135 Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sabar dan syukur adalah dua kunci kebahagiaan. Nabi Muhammad SAW bersabda: “Jika Allah menghendaki agar seorang hamba mencapai derajat yang tidak dapat dicapainya dengan amal baiknya, maka Allah akan mengujinya dalam tubuh atau hartanya atau anak-anaknya, dan dia akan bersabar sampai mencapai derajat yang dimaksudkan untuknya.” (HR. Ahmad)

Baca Juga

Menjadi seorang Muslim membutuhkan banyak kesabaran, terutama di masa-masa yang bergejolak seperti ini. Kesabaran diperlukan dalam menjauhi hal-hal yang tidak disukai Allah dan menaati perintah Allah.

Setiap hari kesabaran kita diuji dengan berbagai cara, mulai dari sholat tepat waktu, berpuasa di musim panas, menunaikan haji saat diinjak-injak orang yang bau, hingga menyelesaikan konflik perkawinan dan teguran keras dari orang tua. Karena memiliki kesabaran adalah sesuatu yang sangat penting dan perlu bagi kita masing-masing, tidak mengherankan Allah telah memberi kita contoh kesabaran yang luar biasa dalam Alquran, kesabaran yang ditunjukkan oleh para pahlawan Islam sepanjang zaman dan waktu yang berbeda.

Siapa sajakah para pahlawan ini? Mari kita berkenalan dengan lima di antaranya.

Nabi Yakub

“Ketika seseorang mengatakan sabr (sabar), Anda sering mendengar kata jameel (indah) ditambahkan padanya.” Ungkapan terkenal ini digunakan oleh Yakub.

Cerita dimulai dengan permusuhan antara dua kelompok anak-anaknya sendiri – satu kelompok berisi Yusuf dan Benyamin, kelompok lain anak-anaknya yang sebenarnya jauh lebih tua dari dua lainnya. Anak laki-laki yang lebih tua ini sangat cemburu pada Yusuf, dan suatu hari mereka membawanya dan melemparkannya ke dalam sumur, dan kemudian kembali ke ayah mereka sambil menangis dan mengatakan serigala memakannya. Yakub, yang sangat cerdas, menebak cerita sebenarnya.

Bayangkan seberapa besar kepercayaan kepada Allah yang Anda butuhkan untuk melakukan itu. Inilah yang dia katakan:

(Yakub) berkata, “Sebaliknya, jiwamu telah memikatmu untuk sesuatu, jadi kesabaran adalah yang paling pas. Dan Allah-lah yang dimintai pertolongan terhadap apa yang kamu gambarkan.” (QS. Yusuf:18)

 

Maryam binti Imran

Yang paling suci dan saleh dari semua wanita, dia diberi berkah unik oleh Allah, dia melahirkan Nabi Isa saat masih perawan. Saat ini, obat-obatan dan fasilitas paling modern tidak menghentikan seorang wanita menjerit dan berteriak kesakitan saat melahirkan. Bayangkan pergi ke hutan belantara terpencil dan mengalami nyeri persalinan duduk di bawah pohon.

Teladan kesalehan, Maryam, dituduh berzina. Bukan hal yang mudah untuk bertahan bagi wanita seperti itu. Tetapi Tuhannya telah memerintahkannya untuk tidak mengatakan apa-apa, jadi dia hanya menunjuk putranya yang masih bayi. Dan kemudian, berkat kesabarannya, Nabi Isa menjawab orang-orang yang menuduhnya:

(Isa) berkata, “Sesungguhnya aku adalah hamba Allah. Dia telah memberi saya Kitab Suci dan menjadikan saya seorang nabi. (HR. Maryam:30)

Nabi Musa

Dia adalah penyelamat Bani Israel, pria pemberani, pembunuh ribuan bayi, Firaun. Dia menyelamatkan Bani Israel dari tangannya dan membawa mereka ke tempat yang aman. Namun mereka tidak mematuhinya dan sangat ofensif beberapa kali.

Meskipun mendapatkan makanan Ilahi dalam menu harian mereka, mereka meminta bawang putih, bawang bombay, dan lentil. Dia meninggalkan mereka hanya untuk beberapa hari, dan mereka mulai menyembah anak sapi.

Mereka bahkan menuntut agar mereka ingin melihat Allah dengan mata kepala sendiri sebelum mereka mematuhi perintah-Nya. Bayangkan harus berurusan dengan seluruh bangsa seperti itu setiap hari. Berapa banyak yang harus ditanggung seorang nabi sebelum dia mengucapkan kata-kata berikut:

“Wahai umatku, mengapa kamu mencelakaiku padahal kamu tentu tahu bahwa aku adalah utusan Allah kepadamu?” (QS. As-Saff:5)

Namun dia menanggung semua itu sampai hari kematiannya, dan termasuk di antara lima ulul azm min ar Rusul.

 

Asiya

Bicara tentang seorang suami yang menjadi tiran. Suami Asiya tidak lain adalah Firaun, pembunuh ribuan bayi yang sama yang telah memperbudak Bani Israel. Dia tinggal bersama pria itu, menanggung pelecehannya, dan bersabar melalui semua itu hanya demi Allah. Dia membuat doa berikut:

“Ya Tuhanku, bangunkan untukku di dekat-Mu sebuah rumah di surga dan peliharalah aku dari Fir'aun dan perbuatannya dan peliharalah aku dari orang-orang yang zalim.” (QS. At-Tahrim:11)

Nabi Ibrahim

Dia diusir dari rumahnya karena percaya pada Keesaan Allah. Dia dilemparkan ke dalam api untuk alasan yang sama, dan Allah memerintahkan api untuk menjadi dingin baginya.

Bertahun-tahun kemudian, dia diperintahkan meninggalkan istri dan bayi laki-lakinya di gurun tandus yang sepi, dan kemudian mengorbankan putranya sendiri. Tentang ujian terakhir ini Allah sendiri berfirman:

“Memang, ini adalah ujian yang nyata.” (QS. As-Saffat:106)

Sebagian besar dari kita mengetahui kisah-kisah ini, tetapi sulit untuk menyadari seperti apa perasaan Ibrahim dalam semua situasi ini, karena tidak seorang pun dari kita yang diuji bahkan mendekatinya. Tapi coba bayangkan keadaan batin manusia Ibrahim, karena bagaimanapun dia adalah manusia, dan bayangkan kekuatan kesalehannya yang memberinya kesabaran untuk melewati semua itu dengan catatan rekor.

 
Berita Terpopuler