Quartararo Lakukan Pendekatan Berbeda untuk Kejar Bagnaia di Sepang

Bagnaia mengoleksi 233 poin, unggul 14 angka dari Quartararo di klasemen MotoGP.

AP/Shuji Kajiyama
Pembalap Prancis Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha
Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap tim Yamaha pabrikan Fabio Quartararo akan melakukan pendekatan yang berbeda di Sepang, Malaysia demi mengejar rival utamanya, Francesco Bagnaia dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP musim ini.

Baca Juga

Bagnaia untuk pertama kalinya mengambil alih pimpinan klasemen MotoGP dalam kariernya setelah Fabio Quartararo terjatuh di Grand Prix Australia, pekan lalu.

Sang pembalap Ducati finis P3 demi meraih matchpoint pertamanya dan menggeser rivalnya dari tim Yamaha itu ke peringkat dua dengan margin 14 poin dengan dua balapan tersisa.

Quartararo, yang belum pernah memenangi balapan lagi sejak di Sachsenring, akan menjalani tugas berat untuk membalikkan keadaan dalam dua seri terakhir demi mempertahankan statusnya sebagai juara dunia.

Namun, sang pembalap Prancis kini mengadopsi mentalitas baru yaitu akan tampil tanpa beban dan mendorong limit performanya sejak sesi latihan pertama di Sepang.

"Khususnya pada balapan-balapan sebelumnya, saya tidak terlalu menikmatinya, tapi sekarang saya berada pada posisi di mana saya tidak perlu benar-benar memikirkan segalanya, hanya mendorong diri saya ke limit," kata Quartararo pada jumpa pers pralomba di Sepang, Malaysia seperti dilansir MotoGP.

"Ini tentunya mentalitas yang berbeda dan saya akan membuat GP ini dalam suasana hati yang berbeda," ujarnya menambahkan.

Quartararo, yang mengumpulkan hanya delapan poin dari empat balapan terakhir, tampil melempem sejak paruh kedua musim. Sebaliknya, Bagnaia justru bangkit untuk mengubah keadaan dengan mengonversi defisit 91 poin sejak di Sachsenring menjadi matchpoint pada balapan penultima di Sepang.

Pembalap Aprilia Aleix Espargaro juga masih berpeluang dalam perebutan gelar, menempati peringkat tiga dengan selisih 24 poin.

Sedangkan pembalap Gresini Enea Bastianini kemungkinan mendapat team order dari Ducati untuk mengalah meski dirinya juga masih berjarak 41 poin dari calon rekan satu timnya di tim pabrikan musim depan itu.

Sepang menawarkan kesempatan pertama bagi Bagnaia untuk menjadi pembalap pertama Italia yang meraih gelar juara dunia MotoGP setelah Valentino Rossi pada 2009 dan juga sebagai pembalap pertama Ducati pertama yang juara sejak 2007.

 

"Ini belum usai. Apabila dia (Bagnaia) bisa melakukannya, kami juga bisa," kata Quartararo. "Seperti yang saya katakan, paruh kedua musim sangat buruk, kami bisa mengubahnya dan mencoba tampil baik pada dua balapan terakhir ini."

MotoGP kembali digelar di Malaysia untuk pertama kalinya sejak 2019 setelah dua musim lalu balapan di sana dibatalkan karena pandemi Covid-19.Penyelenggara memprediksi sebanyak 170 ribu penonton akan memadati Sirkuit Sepang selama tiga hari penyelenggaraan balapan.

Klasemen Sementara Pembalap MotoGP 2022 

Francesco Bagnaia (Ducati) - 233 poin 

Fabio Quartararo (Yamaha) - 219 

Aleix Espargaro (Aprilia) - 206 

Enea Bastianini (Gresini Racing) - 191 

Jack Miller (Ducati) - 179 

Brad Binder (KTM) - 160 

Johann Zarco (Pramac) - 159 

Alex Rins (Suzuki) - 137 

Jorge Martin (Pramac) - 136 

Miguel Oliveira (KTM) - 135 

Maverick Vinales (Aprilia) - 122 

Luca Marini (VR46) - 111 

Marc Marquez (Repsol Honda) - 104 

Marco Bezzecchi (VR46) - 93 

Joan Mir (Suzuki) - 77 

Pol Espargaro (Honda) - 54 

Alex Marquez (LCR Honda) - 50 

Takaaki Nakagami (LCR Honda) - 46 

Franco Morbidelli (Yamaha) - 31 

Fabio Di Giannantonio (Gresini) - 23 

Andrea Dovizioso (Yamaha RNF) - 15 

Darryn Binder (Yamaha RNF) - 12 

Remy Gardner (Tech3 KTM) - 10 

Raul Fernandez (Tech3 KTM) - 9 

Cal Crutchlow (Yamaha RNF) - 6 

Stefan Bradl (Honda) - 2 

Michele Pirro (Aruba.it) - 0 

Lorenzo Savadori (Aprilia) - 0 

Tetsuta Nagashima (HRC) - 0 

Danilo Petruci - 0 

Kazuki Watanabe (Suzuki) - 0 

Takuya Tsuda (Suzuki) - 0

 
Berita Terpopuler