Damkar Depok Imbau Masyarakat Waspadai Bencana Alam

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk cegah bencana oleh warga sebagai langkah mitigasi. Seperti, rajin gotong royong untuk membersihkan saluran air atau pun sungai terdekat.

network /ruzdy nurdiansyah
.
Rep: ruzdy nurdiansyah Red: Partner

Hujan angin yang disertai butiran es terjadi di kawasan Sawangan, Kota Depok, Ahad (09/10/2022).

ruzka.republika.co.id--Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok mengimbau kepada masyarakat untuk tetap kewaspadai potensi bencana alam.

"Saat ini sudah memasuki musim penghujan yang disertai angin. Jadi, harap waspada dengan bencana alam, banjir, angin kencang dan tanah longsor," ujar Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Gandara Budiana, Senin (10/10/2022).

Menurut Gandara, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk cegah bencana oleh warga sebagai langkah mitigasi. Seperti, rajin gotong royong untuk membersihkan saluran air atau pun sungai terdekat.

"Lakukan pemeriksaan rumah, baik yang terkait dengan instalasi listrik, air maupun sampah. Perbaiki jika ada yang rusak dan membahayakan," imbaunya.

Lanjut Gandara, warga diminta segera melapor kepada ketua lingkungan jika ditemukan indikasi bencana. Baik banjir, tanah longsor maupun puting beliung. Serta selalu melakukan pemantauan perkembangan dan informasi cuaca setiap harinya. Agar bisa merencanakan dan mengambil tindakan pencegahan jika terjadi bencana.

"Jika membutuhkan pertolongan bisa menghubungi Nomor Tinggal Panggilan Darurat (NTPD) 112. Karena personel Damkar akan bersiaga selama 24 untuk memberikan bantuan," tegasnya. (Rusdy Nurdiansyah)

 
Berita Terpopuler