10 Cara Meningkatkan Penjualan Ala BEC

Ada 10 cara yang bisa diterapkan untuk menaikkan omzet penjualan

UBSI
Ada 10 cara yang bisa diterapkan untuk menaikkan omzet penjualan.
Red: Christiyaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – BSI Entrepreneur Center (BEC) sebagai lembaga yang mewadahi pengembangan kewirausahaan mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai Kampus Digital Kreatif, tidak pernah surut memberikan motivasi pada mahasiwa dalam membangun bisnis baik yang baru memulai usaha maupun yang telah lama bergelut di dunia bisnis. 

Baca Juga

Ada beberapa keluhan yang kerap kali diungkapkan oleh mahasiswa yang sedang merintis usaha. Salah satunya peningkatan omzet penjualan dari bisnis yang dijalankan. Lalu, bagaimana sih cara meningkatkan penjualan produk? Dilansir situs OCBC NISP, Fuad Nur Hasan selaku kepala BEC sekaligus ketua Inkubator Bisnis BSI membeberkan 10 cara meningkatkan penjualan. Berikut 10 cara meningkatkan penjualan ala BEC: 

1. Meningkatkan kekuatan brand

Biasanya tanpa brand yang kuat, kita harus bersaing dengan harga yang ada di pasaran. Akan tetapi memberi harga rendah akan sulit meningkatkan omzet dan laba. Maka solusinya kita harus menguatkan brand agar tidak sampai menurunkan harga sehingga produk terkesan murahan.

Perkuatlah brand dengan membangun kepercayaan pada hati customer, beri servis dan kualitas yang terbaik, dan jadikan bisnis punya value atau nilai lebih dari bisnis orang lain. Dengan begitu customer akan puas dan setia menjadi pelanggan tetap. Saat Anda meluncurkan produk baru, pelanggan setia Anda akan membelinya dengan senang hati.

2. Perluas target pasar

Supaya target pasar Anda lebih luas, maka promosi harus ditingkatkan agar semakin banyak orang yang mengetahui usaha Anda. Manfaatkan semua platform penjualan online dan optimalkan semua penggunaannya agar target pasar semakin banyak. Selain itu, Anda juga dapat memasifkan pelebaran target pasar dengan memasang media promosi di jalan supaya orang semakin aware dengan bisnis Anda serta tawarkan produk pada instansi agar semakin luas sasaran target market.

3. Tingkatkan kualitas produk

Produk yang berkualitas akan banyak dicari orang. Produk yang berkualitas adalah produk yang lolos standar, yang diproduksi dengan bahan dan cara yang berkualitas juga, biasanya harga jadi ikut tinggi. Namun Anda jangan khawatir karena biasanya pelanggan yang mencari kualitas akan rela membayar dengan harga tinggi sekalipun.

4. Memberi promo menarik

Pelanggan biasanya selalu senang apabila ada bisnis yang tengah memberi promo. Memberikan promo dapat memancing customer untuk membeli produk Anda. Penjualan bisa meningkat, keuntungan berlipat, apalagi jika Anda beri penawaran promo menarik dengan batasan waktu, misalnya diskon hanya berlaku dua hari. Dijamin bisnis Anda akan banjir pembeli sebab menimbulkan urgensi akan mendesak konsumen untuk segera membelinya.

5. Mengutamakan kepuasan pelanggan

Untuk menimbulkan kepuasan pelanggan, Anda harus memberi pelayanan yang terbaik. Pelayanan yang nyaman di hati customer akan membuat mereka betah dan setia. Karena sebaik apapun kualitas produk, apabila servisnya mengecewakan maka pelanggan tidak akan kembali.

6. Menjaga pelanggan setia

Customer yang setia merupakan aset berharga bagi pengusaha. Jangan sampai karena terlalu fokus menyasar target market baru, sampai lupa untuk menjaga dan merawat konsumen tetap. Cara untuk menjaga dan merawat pelanggan setia adalah dengan memberikan pelayanan dan kualitas yang terbaik.

Jangan sekali-sekali mengecewakan pelanggan tetap. Karena sekali mereka kecewa, mereka tidak akan kembali lagi pada produk Anda.

7. Optimasi media pemasaran

Jangan hanya mengandalkan pemasaran offline. Optimalkan penggunaan semua platform penjualan baik offline maupun online. Kita harus bisa mengikuti perkembangan zaman. Digital marketing dapat membantu bisnis Anda menjangkau target pasar yang lebih luas. Banyak strategi digital marketing yang bisa dilakukan mulai dari optimasi Instagram, beriklan di Facebook Ads, Google Ads, optimasi website, Tiktok, dan lain sebagainya.

8. Beri garansi produk

Memberi garansi bisa membuat pelanggan merasa lebih aman pada saat membeli produk Anda. Memberi garansi dapat menjadi nilai lebih dari produk Anda dan menciptakan kepercayaan pelanggan sehingga Anda dapat memberikan harga tinggi karena pelanggan sudah percaya.

9. Beri testimoni/review

Anda dapat memberikan bukti testimoni dari customer lain,karena biasanya ada beberapa konsumen yang tidak gampang percaya dengan kata-kata promosi dari penjual. Nah dengan adanya pemberian testimoni ,pelanggan akan percaya dengan pembeli yang pernah mencoba produk Anda.

10. Strategi bundling

Trik meningkatkan penjualan secara ampuh bisa melalui strategi bundling. Pembeli tertarik membeli paket bundling karena harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan membeli eceran. Anda sebagai pelaku bisnis bisa mencoba metode ini.

 
Berita Terpopuler