Dua Kapal Kirim 63.000 Ton Biji-Bijian dari Ukraina

Dua kapal tersebut masing-masing membawa gandum ke Turki dan jagung ke Iran.

Reuters/VOA
Pertanian Gandum di Ukraina
Red: Nidia Zuraya

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Dua kapal tambahan yang mengangkut gandum dan jagung berangkat dari pelabuhan Ukraina pada Jumat (12/8/2022), di bawah kesepakatan untuk membuka blokade ekspor gandum Ukraina, kata Kementerian Pertahanan Nasional Turki. seperti dilansir Anadolu.

Baca Juga

Kapal Sormovsky berbendera Belize yang membawa 3.050 ton gandum meninggalkan pelabuhan Chornomorsk menuju Tekirdag, barat laut Turki. Kapal lainnya, Star Laura berbendera Kepulauan Marshal, berlayar dari pelabuhan Yuzhny dengan membawa 60.000 ton jagung ke Iran.

Pada 22 Juli 2022, Rusia dan Ukraina yang ditengahi oleh Turki dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), menandatangani kesepakatan di Istanbul untuk membuka kembali tiga pelabuhan Ukraina di Laut Hitam guna melanjutkan ekspor gandum yang sempat macet akibat perang Ukraina-Rusia.

Untuk mengawasi proses tersebut, Pusat Koordinasi Gabungan di Istanbul resmi beroperasi pada 27 Juli 2022. Pusat koordinasi itu dijalankan oleh perwakilan dari tiga negara dan PBB untuk memungkinkan pengangkutan bahan makanan dan pupuk komersial dengan menggunakan kapal dagang.

Kapal pertama telah berangkat dari Pelabuhan Odesa di Ukraina menuju Tripoli di Libanon pada 1 Agustus lalu. Kapal tersebut membawa 26.527 ton jagung.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
Berita Terpopuler