Fitur Baru Youtube Bantu Masyarakat Dapatkan Informasi Kesehatan Kredibel

Youtube Health bantu masyarakat peroleh informasi kesehatan yang kredibel.

Flickr
Youtube (Ilustrasi). Youtube Health akan menambahkan panel sumber informasi kesehatan baru pada video untuk memberi konteks serta membantu penonton mengidentifikasi video dari sumber kredibel.
Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Youtube meluncurkan fitur Youube Health pada Rabu (10/8/2022). Fitur ini menjadi upaya untuk membantu masyarakat memperoleh informasi kesehatan dari sumber-sumber yang kredibel.

"Fitur baru ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan peran platform kami dalam menghubungkan masyarakat ke informasi berkualitas tinggi," kata Director and Global Head of Healthcare and Public Health Youtube Garth Graham melalui sambungan panggilan video saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Fitur tersebut diluncurkan karena pihaknya meyakini bahwa Youtube berpotensi menjadi sarana pembawa perubahan di bidang kesehatan masyarakat. Youtube Health diyakini dapat memberikan dampak positif dalam skala besar kepada masyarakat.

Baca Juga

Dengan jargon "Periksa" (Penyedia Ragam Informasi Kesehatan Anda), Youtube Health akan menambahkan panel sumber informasi kesehatan baru pada video untuk memberi konteks serta membantu penonton mengidentifikasi video dari sumber kredibel. Kemudian, ada galeri konten kesehatan yang akan menyoroti video-video dari sumber tersebut dengan lebih efektif saat pengguna menelusuri topik tertentu seputar kesehatan.

Untuk mengidentifikasi sumber yang akan disertakan dalam fitur kesehatan ini, pada awalnya Youtube menggunakan serangkaian prinsip yang disusun oleh National Academy of Medicine (NAM) dari Amerika Serikat. Belum lama ini, organisasi kesehatan dunia (WHO) dan NAM mengadakan pertemuan bersama para ahli dari berbagai disiplin ilmu dari seluruh dunia untuk meninjau dan memvalidasi prinsip-prinsip dalam fitur yang akan digunakan secara global.

Di Indonesia, Youtube telah memulai kerja sama dengan 14 rumah sakit negeri dan swasta serta dengan dokter dan kreator konten yang diharapkan dapat menjembatani informasi yang kredibel kepada masyarakat. Selain itu, melalui program Program Pelapor Tepercaya Youtube (Trusted Flagger), Youtube juga bermitra dengan jaringan global lebih dari 300 lembaga pemerintah dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Asosiasi Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (ARSPTN) yang mencakup 37 Rumah Sakit anggota juga akan membantu memberitahukan konten yang melanggar Pedoman Komunitas kepada Youtube. Ke depannya, Youtube akan terus memperluas kemitraan dengan banyak lembaga terpercaya di berbagai program dan inisiatif untuk memerangi misinformasi dalam beberapa bulan mendatang.

"Kami tahu masih ada banyak hal yang perlu ditingkatkan dan untuk itu kami akan terus melakukan berbagai upaya dalam jangka panjang," ujar Graham.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi peluncuran fitur baru Youtube tersebut. Ia menilai Youtube Health dapat menyediakan ruang khusus bagi informasi kesehatan yang kredibel dan mengajak masyarakat secara aktif meningkatkan kesadaran kesehatan dengan menggunakan teknologi digital.

Sepanjang tahun lalu, Youtube terus menambah kemitraan dengan organisasi-organisasi kesehatan terkemuka, seperti RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), RS Mitra Keluarga, dan RS Premier Group, juga dokter serta para kreator. Organisasi-organisasi tersebut membuat banyak video berbasis ilmiah yang sangat relevan dengan pengguna, misalnya seperti video testimoni atlet basket ketika menjadi pasien dari Eka Hospital, video tips olahraga setiap hari dari Mayapada Hospital, video mitos atau fakta seputar kanker dari RS Siloam, serta berbagai upaya untuk menghadirkan informasi terbaru serta edukasi seputar, Covid-19.

 
Berita Terpopuler