Idap Autoimun Langka, Mandy Moore akan Kembali Melahirkan tanpa Bius Epidural

Mandy Moore juga tidak mendapatkan bius epidural saat melahirkan anak pertamanya.

EPA
Penyanyi Mandy Moore. Mengidap autoimun, Moore tidak bisa dibius epidural saat melahirkan.
Rep: Gumanti Awaliyah Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi asal AS Mandy Moore mengatakan bahwa dia akan melahirkan anak keduanya tanpa bius epidural pada musim gugur ini. Hal itu lantaran dirinya didiagnosis gangguan autoimun yang disebut immune thrombocytopenic purpura (ITP).

Epidural sendiri merupakan salah satu bentuk anestesi atau bius lokal yang bertujuan untuk membuat bagian tertentu pada tubuh mati rasa.

"Trombositku terlalu rendah untuk epidural. Itu mengerikan. Tapi aku yakin bisa melaluinya, aku bisa melewati tantangan itu sekali lagi," kata Moore dalam sebuah wawancara dengan Today Parents, seperti dilansir Fox News, Senin (1/8/2022).

Saat melahirkan anak pertama, pelantun "Candy" itu juga melaluinya tanpa bius epidural. Kini, putra pertamanya berusia 17 bulan. Pada Kamis lalu, Moore membagikan update terkait kehamilan anak keduanya di Instagram.

"Aku baik-baik aja. Aku hanya harus terus memeriksakan darah, kadar trombosit, selama kehamilan. Darahku selalu rendah. Tapi aku baik-baik saja. Semuanya aman," kata Moore.

Baca Juga

Menurut Mayo Clinic, ITP dapat menyebabkan memar dan pendarahan yang berlebihan. Pendarahan terjadi karena tingkat trombosit yang sangat rendah, sel yang membantu pembekuan darah. Ibu hamil dengan gangguan tersebut berada pada risiko lebih besar mengalami pendarahan hebat saat melahirkan.

Moore juga mengungkapkan bahwa kurang tidur dan jadwal sibuk membuatnya khawatir tentang kesehatan buah hatinya yang masih di dalam kandungan. Itulah alasannya ia memutuskan untuk mengakhiri tur "In Real Life" lebih awal. Menurut dia, melakukan tur saat hamil terlalu menantang.

"Tur ini sudah kunanti selama satu setengah dekade, tapi aku takut akan memengaruhi pertumbuhan janinku. Kesehatanku dan bayiku yang terpenting," kata Moore.

Moore mengumumkan kehamilannya di Instagram pada awal Juni. Moore akan menyambut putra kedua di musim gugur.

 
Berita Terpopuler