Seorang Muslim Menjadi Vegetarian, Bagaimana Pandangan Islam?

Nabi Muhammad SAW sendiri memakan daging.

republika.co.id
Seorang Muslim Menjadi Vegetarian, Bagaimana Pandangan Islam?
Rep: Alkhaledi Kurnialam Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pilihan untuk menjadi seorang vegetarian telah banyak yang mempraktikkannya saat ini. Beberapa memilih menjadi vegetarian karena kepercayaan, ada juga yang sebagai gaya hidup bahkan alasan menjaga lingkungan.

Baca Juga

 

Namun dalam tinjauan seorang Muslim yang tindakannya berpedoman kepada aturan Allah SWT dan Rasul-Nya, bolehkah melakukan kebiasaan ini? 

 

Dilansir dari About Islam, Sabtu (9/7/2022), ada sebuah hadist yang menjelaskan keutamaan istri Nabi, sayyidah Aisyah RA. Namun hadist ini akan ditanggapi berbeda oleh orang-orang vegetarian. 

 

Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

 

 “Keutamaan 'Aisyah terhadap wanita lain adalah seperti keutamaan Tharid terhadap makanan lainnya.” (HR. Bukhari)

Ketika seseorang pertama kali membaca Hadist di atas, tampaknya tidak kontroversial dan hanya menghormati seorang wanita Muslim yang kuat. Namun, seorang vegetarian yang membacanya mungkin mengalami kesulitan menerima kenyataan bahwa Nabi sendiri (SAW) mengangkat hidangan daging ke peringkat yang tinggi di antara makanan.

Tharid sendiri ialah sejenis makanan yang terbuat dari daging dan roti yang dibuat bubur dan berkuah dan itu adalah sebuah makanan yang menjadi makanan yang sangat diminati penduduk Arab. 

 

Di sisi lain, Yahya telah meriwayatkan sebuah hadits yang mungkin menyenangkan para vegetarian. Dikatakan bahwa Umar ibn al-Khattab RA berkata, “Waspadalah terhadap daging. Ini memiliki kecanduan seperti kecanduan anggur.” 

 

Dalam hadits ini, tampaknya daging tidak memiliki derajat yang begitu tinggi. Sebaliknya, tampaknya menjadi salah satu makanan terburuk yang bisa kita konsumsi.

 

 

Lantas bagaimana pandangan yang benar tentang daging dalam Islam? Haruskah Muslim menjadi vegetarian, karnivora, atau omnivora?

Dalam argumen tentang daging, kita harus mencatat bahwa Nabi SAW sendiri memakan daging. Beliau memaafkan dan bahkan menganjurkan memakannya, dan Allah telah mewajibkan pengorbanan pada saat Idul Adha untuk tujuan konsumsi.

Nabi menganggap daging “bersih”. Menurut riwayat Ibnu Abbas; “Nabi makan daging bahu (dengan memotong daging dengan giginya), lalu bangun dan sholat tanpa melakukan wudhu lagi.” (HR. Bukhori).

Nabi mengonsumsi daging selama perjalanannya. Jabir bin 'Abdullah meriwayatkan; “Pada masa Nabi, kami biasa membawa daging hewan qurban (sebagai makanan perjalanan) ke Madinah.” (HR. Bukhari). 

Juga, menurut riwayat Aishah, Nabi mengagumi hadiah daging. “Saya tidak pernah merasa begitu cemburu pada wanita mana pun seperti yang saya lakukan pada Khadijah, meskipun dia telah meninggal tiga tahun sebelum Nabi menikahi saya, dan itu karena saya mendengarnya terlalu sering menyebut dia, dan karena Tuhannya telah memerintahkannya untuk memberinya hadiah. kabar gembira bahwa dia akan memiliki istana di surga, terbuat dari Qasab, dan karena dia biasa menyembelih seekor domba dan membagikan dagingnya di antara teman-temannya.” (HR.Bukhari).

 

Bagaimana menurut sains? 

Peneliti modern juga mulai menyukai daging sebagai bagian penting dari diet. Selama bertahun-tahun, itu tidak populer dalam industri kesehatan karena lemak dan potensi hasil penyakit jantung dan obesitas.

Struktur daging juga membutuhkan waktu pencernaan yang lebih lama, menyebabkan konstipasi dan meningkatkan toksisitas tubuh.

Namun, para ahli tahu bahwa daging adalah satu-satunya sumber yang mengandung vitamin dan mineral tertentu dalam jumlah yang cukup. Itulah mengapa sebagian besar vegetarian menjadi kekurangan nutrisi ini dari waktu ke waktu.

Oleh karena itu, sebuah artikel di majalah Pencegahan bertanya; "Apakah perubahan terbaru ini kembali ke daging merah berarti kita langsung menuju bencana kesehatan yang akan segera terjadi?,"

Jawaban mereka adalah, “Tidak sama sekali. Dalam jumlah sedang, daging tanpa lemak dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan, dari mencegah kekurangan vitamin dan mineral dan meningkatkan kekebalan untuk membangun darah yang lebih kuat.”

Padahal, daging memang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Susan Kleiner, pemilik Nutrisi Berkinerja Tinggi di Pulau Mercer, Washington mengatakan; “Orang-orang membaca laporan bahwa daging merah menyebabkan kanker dan penyakit jantung sehingga mereka berpikir mereka harus berhenti makan daging. Apa yang tidak mereka sadari adalah bahwa orang-orang dalam penelitian ini makan lebih dari sepuluh ons sehari. Makan tiga sampai lima ons sehari cukup menyehatkan.”

Salah satu nutrisi terpenting yang ditemukan berlimpah dalam daging adalah zat besi. Mineral dalam daging meningkatkan kapasitas darah untuk membawa oksigen. Tanpa zat besi yang cukup, sel darah merah kita menjadi lebih kecil dan kita mulai merasa lelah.

Wanita dan atlet bahkan lebih berisiko mengalami anemia karena kekurangan zat besi karena tubuh mereka menggunakan lebih banyak zat besi karena menstruasi dan olahraga.

 

Apakah Itu Sehat?

Dalam satu penelitian, peneliti mendaftarkan 47 wanita tidak aktif dalam program aerobik sedang selama 12 minggu. Setelah 12 minggu, kadar zat besi mereka menunjukkan penurunan yang signifikan.

Hal ini dapat menjelaskan mengapa beberapa orang yang berolahraga mengeluh bahwa mereka masih merasa lelah meskipun mereka “seharusnya” merasa lebih energik dari usahanya. Sayuran berdaun gelap seperti bayam atau swiss chard mengandung banyak zat besi. Namun, dibutuhkan sekitar lima cangkir lobak atau bayam Swiss mentah untuk menyamai zat besi yang ditemukan dalam 10 ons daging.

Secara realistis, bahkan seseorang yang mau makan lima cangkir sayuran dalam sehari tidak akan menemukannya tersedia sepanjang tahun, terutama selama musim dingin. Selain itu, daging mengandung zat besi yang disebut zat besi heme yang 15 persen lebih mudah diserap daripada zat besi non-heme (tanaman). Dan mengonsumsi zat besi heme sebenarnya membantu penyerapan zat besi non-heme; oleh karena itu, adalah ide yang baik untuk menggabungkan makanan dari tumbuhan dan hewan untuk keseimbangan dan manfaat terbaik.

 

Untuk mengimbangi kekurangan zat besi pada vegetarian dan diet rendah daging, banyak orang mengonsumsi suplemen zat besi. Namun, penelitian menemukan mengonsumsi banyak suplemen ini justru berbahaya. Ini karena mengandung zat besi non-organik yang tidak dapat diserap oleh tubuh. 

 
Berita Terpopuler