Ketidakbecusan Panpel Berimbas Bobotoh tak Boleh Dukung Persib di Stadion

Laga sisa grup C Piala Presiden dipindah ke Si Jalak Harupat dan tanpa penonton.

REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Sejumlah suporter Persib Bandung atau bobotoh melakukan aksi solidaritas bela sungkawa di depan Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Ahad (19/6/2022). Aksi tersebut sebagai bentuk solidaritas kepada Ahmad Solihin dan Sopiana Yusuf yang meninggal saat akan menonton pertandingan Persib Bandung melawan Persebaya Surabaya di stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Jumat (17/6/2022), serta mengecam otoritas yang berfokus pada keuntungan semata. Foto: Republika/Abdan Syakura
Red: Andri Saubani

REPUBLIKA.CO.ID, oleh M Fauzi Ridwan, Hartifiany Praisa, Afrizal Rosikhul Ilmi

Baca Juga

Babak lanjutan penyisihan grup C Piala Presiden 2022 akhirnya diputuskan dipindah dari Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) ke Stadion Si Jalak Harupat dan akan digelar tanpa penonton. Keputusan pemindahan pertandingan dilakukan pascainsiden tewasnya dua Bobotoh yang diduga berdesak-desakan saat laga Persib vs Persebaya pekan lalu.

Pertandingan yang akan digelar di Si Jalak Harupat yaitu Bali United melawan Persebaya Surabaya, Senin (20/6/2022) dan Persib Bandung melawan Bhayangkara FC, Selasa (21/6/2022). Polisi menyiapkan personel sebanyak 1.300 orang untuk pengamanan.

"Kami sudah merapatkan tadi dengan PSSI, panpel, Bobotoh, Bonek, institusi terkait termasuk dari Stadion Jalak Harupat juga kami undang dan hasilnya adalah pertandingan tetap dilaksanakan pada malam ini Bali United vs Persebaya di Si Jalak Harupat tanpa penonton dan besok juga dilaksaakan pertandingan Bhayangkara FC vs Persib Bandung di Jalak Harupat tanpa penonton," ujar Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo, Senin.

Kusworo mengatakan pihaknya menerjunkan personel sebanyak 1.300 orang untuk mengamankan pertandingan. Mereka akan ditempatkan di pintu tol untuk menghalau suporter yang datang.

"Tadi pagi baru informasi resmi akan dilakukan di Si Jalak Harupat, sehingga kami terjunkan personel 1.300 orang. Ini ditempatkan mulai dari pintu tol untuk menghalau suporter jalan raya," katanya.

Petugas juga akan ditempatkan di pintu masuk kawasan maupun pintu masuk tribun stadion. Pengamanan juga akan dilakukan di pintu-pintu tol untuk menghalau dan memutarbalikkan suporter yang datang ke stadion.

"Dari pada capek-capek datang tapi tidak bisa menonton ke stadion, lebih baik silakan untuk di rumah atau nobar di lokasi masing-masing," katanya.

Sebelumnya, beredar surat panitia penyelenggara Persib Bandung yang mengajukan izin ke Polresta Bandung untuk melaksanakan dua pertandingan di Stadion Si Jalak Harupat. Merespons hal ini, Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengharapkan laga Persib tetap bisa digelar di Stadion GBLA.

"Kalau saya boleh saran, kalaupun di GBLA tanpa penonton lah ya. Euforia itu kemarin kan, saya lihat 70 ribu ada itu," kata Yana, Senin.

 

 

 

Pada Ahad (19/6/2022), ratusan Bobotoh memadati Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung. Bobotoh mengadakan aksi solidaritas dengan menyalakan lilin untuk keperigan dua Bobotoh yang meninggal Asep Ahmad Solihin dan Sofiana Yusuf.

Asep dan Sofiana diketahui meninggal sebelum laga Persib kontra Persebaya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Jumat (17/6/2022) lalu. Koordinator lapangan, Jajang menyebut aksi ini sebagai rasa hormat Bobotoh pada almarhum.

"Kita datang ke sini untuk rasa respect kepada kejadian waktu Persib vs Persebaya yang chaos, karena itu disebabkan oleh ketidakbecusan oleh para panpel yang melaksanakan tugas," kata Jajang.

Bagi Jajang, kejadian itu bukanlah sebuah musibah yang bisa dimaklumi, melainkan kelalaian dari panitia penyelenggara. Aksi lain pun menyusul dengan boikot yang dilakukan oleh komunitas Bobotoh, Viking Persib Club yang tidak akan menonton laga Persib kontra Bhayangkara FC pada Selasa (21/6/2022).

Jajang berharap setiap pihak berwajib dan pemangku kepentingan yang berhubungan dengan laga Persib tidak melihat suporter sebelah mata. Menurutnya, mereka yang melihat Persib sebagai bisnis tidak sejalan dengan rasa kebanggaan Bobotoh pada Persib.

"Hargailah kami, karena kami suporter atau kami yang membawa kebanggaan. Mungkin bagi kami, mereka itu berbisnis untuk Persib, tapi bagi kami, ini adalah lambang sebuah kebanggaan dan itu adalah suatu kehormatan yang harus kami jaga," kata Jajang.

Pengamat sepak bola Indonesia Akmal Marhali turut menuntut PSSI dan LIB untuk fokus menyiapkan regulasi dan aturan kompetisi, termasuk aturan tentang suporter. Hal ini disampaikan setelah turnamen Piala Presiden 2022 memakan korban dua pendukung Persib Bandung yang tewas setelah berdesak-desakan.

Akmal yang merupakan koordinator Save our Soccer (SoS) mengatakan regulasi harus siap sebelum kompetisi dimulai. Menurutnya regulasi suporter menjadi faktor penting yang harus dibuat dan disosialisasikan kepada suporter agar terbangun kesadaran bersama untuk diterapkan dalam kompetisi sepak bola Indonesia.

"FIFA Security and Safety Stadium Regulation perlu disosialisasikan. Suporter harus mendapatkan edukasi terkait regulasi, rule of the games serta tentunya pemahaman terhadap hal-hal yang boleh dan haram ketika menonton satu pertandingan," kata Akmal dalam keterangannya, Ahad.

Menurutnya, Football Spectator Act (FSA) yang diberlakukan di Inggris pada 1989 untuk mencegah hooliganisme perlu dicontoh dan diberlakukan. FSA mewajibkan seluruh suporter di Inggris memiliki kartu keanggotaan dari klub yang mereka dukung. Tujuannya untuk database.

"Sehingga suporter yan­g membuat rusuh, bisa dengan mudah diidentifi­kasi. Mereka akan dicabut kartu ang­gota­nya serta tak boleh me­nonton pertandingan seumur hidup di stadion bila dinyata­kan bersalah," katanya.

FSA juga mengatur Badan Otoritas Lisensi, yang bertugas mem­beri, atau mencabut izin sebuah stadion untuk menyelenggarakan pertanding­an. Kewenangan besar ini  diberi­kan agar tak ada lagi stadion yang tingkat keamanannya ren­dah.

 

"PSSI bersama LIB harus kembali ke tugas pokoknya: segera membuat Regulasi suporter dan mensosialisikan FIFA Security and Safety Stadium Regulation agar kompetisi bisa berjalan aman dan lancar. Bukan malah menjadi event organizer Piala Presiden," kata Akmal.

 

Infografis Enam Kiat Merawat Sneakers - (Republika)

 

 
Berita Terpopuler