Diundang ke Gedung Putih, BTS Bayar Tiket dari Kocek Pribadi

Menurut pemberitaan, perjalanan BTS tidak dibiayai Gedung Putih saat diundang ke AS.

EPA-EFE/Oliver Contreras / POOL
Grup K-pop BTS membuat penampilan khusus di konferensi pers Gedung Putih, sebelum bertemu Presiden AS Joe Biden, Selasa (31/5/2022) waktu AS.
Rep: Umi Nur Fadhilah Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Grup K-pop BTS telah kembali ke Korea Selatan setelah melakukan perjalanan ke Amerika Serikat (AS). RM, Jin, Suga, J-hope, Jimin, dan Jungkook tiba di Bandara Internasional Incheon pada Kamis (2/6/2022), setelah kunjungan Gedung Putih, AS.

V pulang lebih awal untuk menghadiri pemutaran perdana VIP film Broker yang dibintangi sahabatnya, aktor Kang Dong-won. Dalam kunjungan ke Gedung Putih, wartawan diketahui tidak diizinkan mengajukan pertanyaan langsung kepada BTS dalam konferensi pers.

Beberapa wartawan berbicara dengan perwakilan Gedung Putih. Salah satu jurnalis, Soo Youn, menceritakan bahwa BTS mendanai sendiri perjalanan mereka ke AS.

Menurut sumber Gedung Putih, BTS melakukannya karena mereka bersedia. Teen Vogue juga melaporkan bahwa BTS membayar sendiri perjalanan mereka ke AS.

Baca Juga

"Saya bertanya apakah BTS membayar untuk perjalanan atau Gedung Putih yang membayar, dan itu adalah BTS. Mereka membayar dengan cara mereka sendiri, ini adalah sesuatu yang ingin mereka lakukan, menurut sumber Gedung Putih," tulis Soo Yoon di Twitter, dilansir Korea Boo, Jumat (3/6/2022).

Tweet Soo Youn menjadi viral. BTS memilih untuk mendanai perjalanan karena itu menyangkut masalah sosial yang mereka minati.

"Ini sungguh menunjukkan BTS ingin membantu orang-orang. Mereka tidak peduli berapa biayanya untuk membantu orang. Mereka hanya ingin melakukannya, dan itu sesuatu yang membuat saya lebih menghormati mereka," tulis salah satu warganet.

Ini bukan pertama kalinya BTS mendanai perjalanan setelah diundang ke suatu tempat. Sebelumnya, mereka membayar perjalanan untuk berbicara di PBB. BTS juga secara khusus menyumbangkan 1 juta dolar AS (sekitar Rp 14 miliar) untuk gerakan Black Lives Matter selama peningkatan kejahatan kebencian anti-kulit hitam.

BTS bergabung dengan banyak artis musik ikonik seperti Elvis Presley, Michael Jackson, dan Whitney Houston untuk menerima undangan Gedung Putih, tetapi mereka semua adalah orang Amerika. Faktanya, BTS adalah artis Korea pertama dan satu-satunya yang menerima undangan Gedung Putih.

 
Berita Terpopuler