Kecoa Pemakan Debu dari Misi Apollo akan Dilelang

Tanah bulan tidak beracun atau berbahaya bagi kecoa.

space
Debu bulan diekstrak dari perut kecoa. Kecoa ini memakan debu dari misi Apollo 11. Spesimen ini kini akan dilelang.
Rep: MGROL136 Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Astronot Apollo 11 pada tahun 1969 membawa sedikit sampel bulan. Debu diekstraksi dengan hati-hati dari perut kecoa, yang termasuk diantara tiga serangga dalam lot.

Baca Juga

RR Auction, sebuah firma berbasis di New Hampshire yang mengkhususkan diri dalam memorabilia luar angkasa, kini menawarkan sesuatu yang menarik. Debu bulan yang dimangsa kecoa menjadi salah satu highlight dari lelang "Remarkable Rarities" RR yang mulai menerima penawaran pada Kamis (26/5/2022) dan akan berakhir pada 23 Juni menatang.

"Anda mendapatkan sesuatu seperti kecoa yang diberi makan bahan bulan, itu hanya menunjukkan betapa beragamnya program Apollo," kata Bobby Livingston, wakil presiden eksekutif Lelang RR, dilansir dari Space.com, Sabtu (28/5/2022). 

Kutu bulan

Sejarah singkat serangga bulan diperlukan untuk memahami bagaimana dan mengapa beberapa sampel bulan berakhir di jalur pencernaan Blattellas germanica, atau kecoa Jerman.

Para ilmuwan tidak yakin apa yang akan dihadapi para astronot menjelang misi pertama untuk mendaratkan manusia di bulan. 

Terlepas dari kenyataan bahwa probe robot telah dikirim ke depan untuk menguji pendaratan di permukaan bulan, beberapa perencana misi khawatir bahwa astronot mungkin tenggelam melalui lapisan tanah tebal seperti pasir hisap yang menyelimuti bulan.

Akibatnya, prosedur lain dirancang untuk memastikan bahwa astronot misi yakni Neil Armstrong dan Buzz Aldrin, rekan kru Apollo 11, dapat keluar dengan cepat dari bulan jika perlu.

Demikian pula, meski sebagian besar ahli biologi diyakinkan bahwa tidak ada kehidupan asli di bulan, mereka tidak dapat mengesampingkan kemungkinan bahwa para astronot akan membawa kembali penyakit atau "kutu bulan", yang dapat membahayakan semua kehidupan di Bumi. 

Akibatnya, dari saat mereka meninggalkan bulan hingga berminggu-minggu setelah pendaratan penuh kemenangan, kru, kapal, dan semua yang kembali bersama mereka dikarantina selama 21 hari.

 

Para astronot menjalani pemeriksaan medis di dalam Lunar Receiving Laboratory, fasilitas khusus yang dibangun oleh NASA untuk mengisolasi manusia bulan dan material dari dunia luar. 

Sementara berbagai makhluk invertebrata dari ikan, tikus, dan kecoa yang terpapar batu dan debu bulan akan dilihat bagaimana mereka bereaksi.

Eksperimen destruktif mengambil sekitar 10 persen dari 47,5 pon (22 kilogram) batuan bulan yang dikembalikan oleh misi Apollo 11. Tidak ada yang mengantisipasi untuk melihat benda-benda bulan setelah diberikan kepada ikan dan serangga.

Terlepas dari kenyataan bahwa periode karantina telah berakhir dan tidak ada hewan (atau astronot) yang mati akibat paparan mereka ke bulan, NASA menginginkan pengetahuan yang lebih baik tentang potensi dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh materi luar angkasa.

NASA lalu menunjuk Marion Brooks, ahli entomologi dari Universitas St. Paul kemudian dikontrak oleh NASA untuk mempelajari lebih lanjut kecoak yang mabuk debu bulan. 

Brooks adalah orang pertama yang dipercaya dengan sampel bulan, meskipun dalam delapan kecoa yang diawetkan. Sementara itu, peneliti lain di seluruh dunia menunggu kedatangan batu bulan dan membersihkan debu bulan untuk penyelidikan.

Brooks membedah serangga untuk mempersiapkan slide jaringan untuk penelitian mikroskopis, meskipun dapat melihat debu bulan di dalamnya dengan mata telanjang. Dia belajar dengan kecoak yang diberi makan "setengah-setengah" regolith bulan mentah dan chow konvensional, serta kelompok yang memakan kotoran bulan yang disterilkan.

"Saya tidak menemukan bukti organisme menular," katanya saat itu, seraya menambahkan bahwa tanah bulan tidak beracun atau berbahaya bagi kecoa.

 

Pelelangan debu Bulan 

Kemudian Brooks memasukkan botol kaca kecil berisi "bahan halus dari bulan yang ditemukan selama studi biologi" dan tiga kecoa Blattella germanica yang diawetkan di tengah pameran.

Dia kemudian menggantung souvenir di dinding rumahnya, dimana mereka tinggal selama bertahun-tahun. Brooks meninggal pada 2007 pada usia 89 di rumahnya.

Tampilan sampel dijual dilelang seharga 10 ribu dolar AS tiga tahun kemudian, bersama dengan dua "slide mikroskop yang dihasilkan dari kecoa yang diberi makan batu bulan," dengan total 66 slide, oleh Regency-Superior Galleries of Beverly Hills, California.

Pada bulan April tahun ini, Bonhams menjual sepotong kecil debu bulan Apollo 11 seharga $504.375, meskipun faktanya debu itu tidak dapat ditimbang. 

Sebagai perbandingan, pada tahun 2018, Sotheby's melelang tiga kerikil kecil dengan berat total sekitar 0,0007 ons (0,2 gram) yang dibawa kembali dari bulan pada tahun 1970 oleh robot penjelajah Luna 16 bekas Uni Soviet seharga $855.000.

RR Auction mengharapkan lot mereka, yang merupakan penjualan kembali dari penawaran Regency-Superior 2010, untuk mendapatkan 400 ribu dolar AS. Penawaran dimulai dari 10 ribu dolar AS.

 

 

 

 
Berita Terpopuler