Lagu Band Kotak Jadi Soundtrack Satria Dewa Gatotkaca

'Hantam!' menjadi original soundtrack Satria Dewa Gatotkaca

ANTARA/Aditya Pradana Putra
Grup band Kotak. Soundtrack film Satria Dewa Gatotkaca memakai lagu Hantam! dari band Kotak.
Rep: Shelbi Asrianti Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Band rock Indonesia, Kotak, kembali meluncurkan karya terbarunya yang berjudul "Hantam!". Tembang tersebut menjadi original soundtrack utama dari film Satria Dewa Gatotkaca yang akan tayang di bioskop mulai 9 Juni 2022 mendatang.

Grup musik beranggotakan Tantri (vokal), Chua (bass), dan Cella (gitar) itu menjelaskan, lagu "Hantam!" menggambarkan semangat pantang menyerah untuk membela kebenaran. Inspirasi lagu ini berawal dari seringnya Tantri menonton film superhero.

Dari film-film tersebut, Tantri menangkap pesan bahwa wajah kebaikan tidak selalu menang. Bahkan, kadang bisa mengundang sedih dan menjadi sosok yang terpinggirkan.

Baca Juga

"Kemudian saat pembuatan lagu ditambah aransemen musik yang dibuat Cella kuat sekali tema heroiknya, tinggal gali lirik dan kata pertama yang muncul hantam," kata Tantri lewat pernyataan resminya.

Dia bangga Kotak bisa menjadi bagian dalam film garapan Satria Dewa Studio. Menurut Tantri, Gatotkaca merupakan ikon legenda pewayangan Indonesia, Keterlibatan itu membuat Kotak jadi lebih tertantang untuk mengusung karya dengan musik dan lirik yang bervariasi.

Band yang telah berkiprah di industri musik Indonesia selama lebih dari 17 tahun itu sudah beberapa kali mengisi soundtrack film. Sebut saja lagu "Growing Up" untuk film Gundala, lagu "Tendangan dari Langit" untuk film berjudul sama, tembang "Mati Rasa" untuk film Hangout, "Rock n Love" untuk film dengan judul yang sama, serta lagu "Jagalah Bumi" untuk film Boboiboy.

Sang gitaris, Cella, bercerita mengenai proses produksi lagu "Hantam!" yang dimulai sejak awal 2021. Proses pembuatannya melalui workshop bersama untuk mencari notasi vokal dan aransemen.

"Penggarapan musiknya menyesuaikan notasi yang energik, tentunya dengan sentuhan ornamen synth kekinian tanpa menghilangkan benang merah musik Kotak,” ucap pria bernama lengkap Mario Marcella itu.


Semula, lagu direncanakan masuk ke album terbaru Kotak. Namun, di tengah proses penggarapan album, Kotak mendapat tawaran untuk mengisi soundtrack film Satria Dewa Gatotkaca. Alhasil, mereka menyesuaikan kembali konsep dan aransemen musik lagu dari lagu itu dengan energi dalam film.

Lagu "Hantam!" telah dibawakan secara live untuk pertama kalinya pada 14 Mei 2022 dalam acara "Original Soundtrack Release Satria Dewa Gatotkaca" di Margo City, Depok, Jawa Barat. Tembang ini secara resmi sudah bisa dinikmati di seluruh kanal musik digital mulai 20 Mei 2022.

 
Berita Terpopuler