Antisipasi Lonjakan Jamaah Sholat Idul Fitri, JIS Manfaatkan Concourse Sisi Selatan

Kini, JIS bisa menampung hingga 20 ribu jamaah sholat Idul Fitri.

ANTARA/Aprillio Akbar
Bus Metrotrans melintas di kawasan Halte Jakartas International Stadium (JIS), Jakarta, Selasa (1/3/2022). JIS bisa menampung hingga 20 ribu jamaah sholat Idul Fitri.
Rep: Zainur Mahsir Ramadhan Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Aceng Zaini mengatakan, pihaknya mengantisipasi kemungkinan melonjaknya jumlah jamaah yang akan sholat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara. Menurutnya, saat ini kapasitas maksimal jamaah bisa mencapai 20 ribu.

"Berubah terus, sekarang diperkirakan antisipasi maksimal 20 ribuan jamaah," kata Aceng di Jakarta, Kamis (28/4/2022).

Aceng menyebut, jumlah itu memang kerap berubah setelah berbagai pertimbangan dalam rapat. Awalnya, hanya 6.430 lalu melonjak karena kekhawatiran membeludak.

Jumlah antisipasi mencapai 20 ribu jamaah itu, menurut Aceng, setelah dibukanya concourse (ruang terbuka) sisi selatan. Hal itu sesuai saran teknis dari PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Baca Juga

"Jadinya berubah pengaturan jamaahnya. Tadinya kan sampai timur, tapi kasihan terlalu jauh, kan luasnya 23 hektare itu. Akhirnya dibatasi saja," jelasnya.

Aceng tak menampik ada penambahan jumlah kapasitas setelah sebelumnya hanya mencakup ramp barat. Meski demikian, kini ada perluasan ke beberapa lokasi.

Setelah menggunakan concourse selatan, tengah, dan ramp barat, serta lainnya, JIS bisa menampung 20 ribuan jamaah. Menurut dia, kapasitas jamaah laki-laki maksimal saat ini mencapai 12 ribu orang, sementara perempuan mencapai 10 ribu orang.

"Kuota utama delapan ribu memang, tapi setelah ada pertambahannya, kira-kira (kapasitas) bisa sampai 20 ribu," jelas Aceng.

Sebelumnya, Aceng sempat mengatakan ada pengurangan kapasitas maksimal di JIS setelah ada penambahan. Kapasitas awal sekitar delapan ribu bertambah menjadi 24.157 orang karena penggunaan ramp timur.

Mengingat ramp timur tidak digunakan, kapasitas kembali berkurang menjadi 14 ribu yang bisa dimaksimalkan menjadi 20 ribu. Sebagai informasi, panitia juga menyiapkan 60 titik area wudhu yang tersebar di empat tangga (grand stair) timur dan barat, empat unit toilet, ditambah 20 titik keran yang didukung truk pompa PAM Jaya di sisi barat JIS.

Sementara itu, untuk tempat parkir terbatas 2.000 kendaraan. Jamaah diharapkan dapat memaksimalkan penggunaan kendaraan umum atau menggunakan kantong parkir lain di sekitar JIS.

 
Berita Terpopuler