Rumah Tahfidz Ulil Albab Gelar Silaturahim Quran Ramadhan

Selain syiar, kegiatan itu juga melatih keberanian para santri dengan saling berlomba dalam kebaikan.

network /Lilis Sri Handayani
.
Rep: Lilis Sri Handayani Red: Partner

Santri Rumah Tahfidz Ulil Albab. (Lilis Sri Handayani)

INDRAMAYU – Rumah Tahfidz Ulil Albab Kabupaten Indramayu menggelar kegiatan bertajuk Silaturahim Quran Ramadhan, Sabtu (16/4/2022). Selain sebagai syiar Ramadhan, kegiatan itu juga menjadi ajang silaturahim dan melatih keberanian para santri.

Dalam kegiatan Silaturahim Quran Ramadhan, ratusan santri dari sepuluh Rumah Tahfidz Ulil Albab dipertemukan di Masjid Agung Indramayu. Adapun sepuluh lokasi rumah tahfidz Ulil Albab itu, yakni BTN Bumek, BTN Cidhayu, BTN BDI Tambak, Brondong, Pasekan, Karangturi, Karangmalang, Tegalurung, Gerbang Kencana dan Glayem Sindang.

Santri sedang menunaikan sholat Dzuhur berjamaah.. (Istimewa)

Diawali sholat Dzuhur berjamaah, para santri kemudian mengikuti sejumlah perlombaan. Yaitu, lomba azan, lomba mewarnai maupun lomba cerdas cermat Alquran.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sholat Ashar berjamaah. Setelah itu, ada game berhadiah, pembacaan Alquran, persembahan santri maupun tausiyah oleh KH Saekhudin Zuhri.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan buka puasa bersama yang diikuti oleh para santri, ustadz/ustadzah maupun wali santri.

Ketua Rumah Tahfidz Ulil Albab, Syekh Luqman Hakim, mengatakan, tujuan utama diadakannya kegiatan itu adalah sebagai bentuk syiar Islam. Selain itu, untuk menyemarakkan bulan Ramadhan dengan berbagai kegiatan positif di masjid.

''Kegiatan ini juga untuk melatih keberanian para santri dengan saling berlomba dalam kebaikan dan menguji mental mereka di hadapan guru dari rumah tahfidz Ulil Albab lainnya,'' kata Lukman.

Sementara itu, salah seorang wali santri, Wahyu, mengaku sangat mengapresiasi diadakannya kegiatan Silaturahim Quran Ramadhan tersebut. Melalui acara itu, para santri akan lebih bersemangat dalam mempelajari Alquran.

''Semoga tahun depan acaranya lebih semarak lagi,'' tandas Wahyu.

 
Berita Terpopuler