Bukan Tamparan, Stephen Colbert Ungkap Cara Terbaik untuk Balas 'Menyakiti' Komedian

Will Smith menampar Chris Rock yang membuat lelucon tentang istrinya, Jada Pinkett.

AP/Chris Pizzello
Will Smith (kanan) memukul presenter Chris Rock di atas panggung saat mempersembahkan penghargaan untuk film dokumenter terbaik di Oscar pada Ahad 27 Maret 2022, di Dolby Theatre di Los Angeles. Menurut komedian Stephen Colbert, ada cara terbaik untuk menyakiti komedian dan itu tidak melibatkan serangan fisik.
Rep: Santi Sopia Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembawa acara Late Show Stephen Colbert ikut menyoroti insiden di Oscar 2022 yang melibatkan tamparan bintang Hollywood Will Smith terhadap komedian Chris Rock. Dalam acara komedinya, Colbert menyinggung soal cara terbaik untuk menanggapi lelucon dari seorang komedian yang terasa tidak berkenan di hati.

Smith menampar Rock di atas panggung Oscar karena leluconnya tentang kepala botak sang istri, Jada Pinkett Smith. Padahal, rambut Pinkett rontok akibat kondisi medis alopecia sehingga ia memutuskan untuk menggundulinya sekalian.

"Will Smith tersinggung oleh lelucon itu dan ingin membela istrinya, baiklah," kata Colbert, seperti dikutip Huffpost, Rabu (30/3/2022).

Colbert menawarkan beberapa saran andai seseorang menghadapi situasi seperti Smith. Menurut Colbert, cara terbaik untuk "sangat menyakiti" seorang komedian adalah dengan tidak tertawa sama sekali. Hal itu dianggap bisa lebih menyakiti dibandingkan kekerasan.

"Jangan tertawa, itu jauh lebih menyakitkan daripada pukulan, saya jamin," kata dia.

Baca Juga

Colbert juga bergurau jika tamparan itu adalah hal terburuk yang pernah dilakukan Smith selain aktingnya di film Wild Wild West (1999) dan Gemini Man (2019). Menurut laporan Independent, sebelumnya Smith telah meminta maaf kepada Rock pada Selasa (29/3/2022) pagi.

Dalam pidatonya saat memenangkan Oscar sebagai Aktor Terbaik sebagai pemeran King Richard, Smith sempat meminta maaf kepada The Academy dan sesama nominator. Hanya saja, bintang Men in Black itu tidak menunjukkan penyesalannya kepada Rock.

"Saya ingin secara terbuka meminta maaf kepada Anda, Chris. Saya keluar jalur dan saya salah," tulis Smith dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan di media sosial.

Sementara itu, pihak Academy Awards mengecam tindakan Smith. Pihak Oscar juga telah melakukan pendisiplinan pada Smith atas insiden tersebut.

 
Berita Terpopuler