Jangan Anggap Remeh Mendengkur, Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Mendengkur sering diabaikan dan dianggap sebagai kebiasaan tidur yang tidak berbahaya.

network /Ani Nursalikah
.
Rep: Ani Nursalikah Red: Partner

Ilustrasi tidur mendengkur. Jangan Anggap Remeh Mendengkur, Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius. Foto: Pixabay

MAGENTA -- Mendengkur sering diabaikan dan dianggap sebagai kebiasaan tidur yang tidak berbahaya. Tetapi, berhati-hatilah, mendengkur bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang serius.

Mendengkur adalah alasan utama untuk Obstructive Sleep Apnea (OSA). Para ahli mengatakan kondisi medis harus diperiksa dan mendesak warga untuk memantau pola tidur mereka.

Spesialis THT dari Thumbay University Hospital, Meenu Cherian menjelaskan OSA adalah gangguan terdiagnosis yang umumnya ditemukan di antara orang yang kelebihan berat badan. Hal ini disebabkan oleh kolaps berulang dari saluran pernapasan bagian atas selama tidur dan ini menyebabkan obstruksi pernapasan sebagian atau seluruhnya.

“Obstruksi dapat terjadi pada tingkat hidung, nasofaring, Orofaring, hipofaring, mandibula atau leher. Orang yang terdampak biasanya mendengkur, tidur terganggu dengan sesekali tersedak atau terengah-engah, lekas marah di siang hari, kehilangan konsentrasi di tempat kerja atau sekolah dan kelelahan pagi hari karena kantuk di siang hari yang berlebihan,” kata Cherian, dilansir di Khaleej Times.

Spesialis paru-paru di NMC Royal Hospital DIP, Dubai, Hardik Patel mengatakan kata apnea berasal dari kata Yunani 'apnos' yang berarti tidak adanya pernapasan dan dikaitkan dengan runtuhnya saluran udara saat pasien tidur. “Hal ini pada gilirannya menyebabkan suara mendengkur yang dihasilkan karena aliran udara turbulen melalui saluran udara yang menyempit. Meskipun fenomena yang sangat umum, mendengkur biasanya dikaitkan dengan sumbatan hidung oleh banyak orang, yang menyebabkan keterlambatan diagnosis gangguan dan secara tidak sengaja menyebabkan dampak signifikan pada kualitas hidup pasien,” kata Patel.

“Upaya pernapasan yang berkelanjutan dan tidur yang terganggu menyebabkan kadar oksigen rendah dalam darah. Obstruksi yang berkepanjangan dapat menyebabkan hipertensi pulmonal atau sistemik, aritmia jantung, gagal jantung kongestif dan kondisi jantung lainnya seperti infark miokard, dll,” tambah Cherian.

Kehilangan ingatan, sakit kepala di pagi hari, perubahan suasana hati, depresi adalah beberapa kondisi lain yang diderita orang karena OSA. Dokter mengatakan penurunan berat badan dengan diet dan olahraga dapat membantu mengurangi masalah, tetapi mereka merekomendasikan pergi ke spesialis untuk mendapatkan pemeriksaan klinis lengkap dan nasofaringoskopi serat optik.

Nasofaringoskopi serat optik dilakukan untuk memeriksa tingkat anatomi kelainan pernapasan terkait tidur. “Studi tidur atau polisomnografi nokturnal direkomendasikan untuk mengonfirmasi keberadaan dan tingkat keparahan obstruksi. Derajat hipoksemia, hiperkapnia, keterbatasan aliran inspirasi dan jumlah episode gairah diukur selama penelitian,” kata Cherian.

“Terapi bedah spesifik lokasi (hidung/palatal/hipofaring atau pangkal lidah) atau manajemen bedah bertahap (jika obstruksi lebih dari satu tingkat anatomi di saluran pernapasan bagian atas) mungkin diperlukan dengan perbaikan kondisi,” tambahnya.

 
Berita Terpopuler