Lapar Jelang Makan Siang, 8 Makanan Ini Disarankan Agar tidak Kekenyangan

Rasa lapar sering kali dialami sekitar jam 10 sebelum makan siang.

www.freepik.com.
Rasa lapar sering kali dialami sekitar jam 10 sebelum makan siang.
Rep: Santi Sopia Red: Nora Azizah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasa lapar tidak hanya dialami saat bangun tidur, tetapi juga sekitar pukul 10 pagi. Orang boleh jadi kebingungan karena waktu makan siang hanya tinggal dua jam lagi

Baca Juga

“Otak dan tubuh kita biasanya menghabiskan energi dengan cepat di pagi hari ketika efisiensi dan kreativitas berada pada puncaknya,” jelas ahli diet terdaftar Tracy Lockwood Beckerman, seperti dilansir dari Huffpost, Senin (21/2/2022).

Ledakan produktivitas ini dapat membuat orang merasa terkuras dan ingin lari ke dapur untuk makan siang lebih awal. Beckerman mengatakan penyebab lainnya mungkin karena seseorang tidak makan sarapan yang cukup. Begitu mencerna dan memetabolisme sarapan yang sangat sedikit atau tidak seimbang, hormon kelaparan seperti ghrelin datang lebih awal dari yang diharapkan.

Jika ingin mencegah rasa lapar di pagi hari, orang bisa mulai dengan makan sarapan lebih besar dan seimbang, yang dikemas dengan lemak sehat, protein, serta karbohidrat kompleks. Tetapi bila kesulitan meningkatkan nafsu makan di pagi hari atau merasa lapar, berikut asupan yang bisa dipilih sebelum jadwal makan siang tiba.

 

1. Pisang dengan selai kacang

Jika masih bekerja dari rumah, ini adalah pilihan mudah di pagi hari. Pilih camilan yang mengandung protein atau sumber lemak sehat, bukan hanya kaya karbohidrat. 

“Ini membuat stabilisasi gula darah lebih baik dan meningkatkan rasa kenyang untuk menahan Anda sampai makan siang,” jelas ahli diet terdaftar Abby Vichill. Pisang mengandung karbohidrat, dan selai kacang mengandung lemak dan protein.

 

2. Cokelat hitam dan kacang

Siapa yang bisa menolak cokelat jam 10 pagi? Beckerman mengatakan bahwa mengombinasikan cokelat hitam dengan almond, kacang tanah, atau bahkan biji labu dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil sekaligus membuat Anda tetap fokus dan produktif. Sebagai bonus yang bagus, cokelat hitam memiliki sedikit kafein di dalamnya.

 

3. Protein bar tertentu

Ada banyak pilihan protein bar untuk membuat kenyang dan berenergi. Beckerman menyarankan R.E.D.D. bar, yang dibuat dengan bahan-bahan asli seperti rami, biji labu, biji chia, dan quinoa.

Jenis ini juga rendah gula dan tinggi protein serta serat, sehingga akan membuat kenyang dan memberi dorongan energi berkelanjutan sebelum makan siang. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) merekomendasikan tidak makan lebih dari 50 gram gula tambahan per hari.

 

4. Kacang kenari

“Menurut penelitian, makan kenari juga dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi pada orang dewasa. Jadi, jika berencana untuk melanjutkan pekerjaan, beberapa kenari yang renyah dan memuaskan dapat membantu mengoptimalkan produktivitas,” tambah Beckerman.

 

Tentu saja, mengemil kacang lain juga merupakan pilihan yang baik. Sebut sana almond dan pistachio yanh akan menstabilkan gula darah. Tetapi jika menginginkan manfaat otak dan konsentrasi, kenari mungkin bisa menjadi pilihan.

 

5. Dendeng sapi dengan irisan sayuran dan hummus

Ini adalah camilan bergizi yang mudah bagi siapa saja yang bekerja dari rumah, menurut Vichill. Jika dendeng sapi yang diberi sayuran susah didapatkan, maka dendeng biasa juga bisa jadi pilihan karena punya fungsi yang baik. Dendeng dikemas dengan protein, dan sayuran (seperti wortel atau paprika) dan hummus memiliki serat dan karbohidrat.

 

6. Keripik buah

Beckerman mengatakan bahwa keripik buah dapat menjadi camilan pagi yang enak karena beberapa alasan, terutama jika berada di kantor dan membutuhkan sesuatu yang cepat dan mudah.

 

7. Telur rebus

Meskipun ini mungkin bukan yang terbaik untuk dibawa ke kantor, taoi camilan ini sehat dan penuh nutrisi yang akan membuat kenyang sampai makan siang. “Telur mengandung lemak dan protein,” kata Vichill.

 

8. Puding biji chia

Puding biji chia mengandung protein, lemak, dan karbohidrat. Vichill, mencatat bahwa biji chia memiliki 4,7 gram protein per ons.

Bicara tentang camilan pertengahan pagi yang sempurna, sedikit persiapan akan sangat membantu. Dengan menyimpan camilan ini, mKa tidak hanya akan kenyang sampai makan siang, tetapi juga akan lebih produktif.

 
Berita Terpopuler