Setiap Muslim Dilarang Bersumpah dengan Nama Selain Allah, ini Penjelasannya

Bagi Muslim dilarang bersumpah dengan nama selain Allah.

REPUBLIKA
Mengucapkan sumpah (ilustrasi)
Rep: Andrian Saputra Red: Agung Sasongko

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Bagi Muslim  dilarang bersumpah dengan nama selain Allah. Semisal dengan bersumpah atas nama orang tua, kakek, buyut dan lainnya. Atau bersumpah atas nama batu, bumi, air, langit dan sebagainya. 

Maka jika seorang Muslim menyadari begitu beratnya tanggungjawab ketika mengucap kalimat sumpah, maka bila tidak mendesak atau genting lebih baik diam atau tidak perlu bersumpah. Sebagaimana dalam kitab at Targhib wat Tarhib menukil beberapa hadits:

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :  اِنَّ اللَّهَ يَنْهَاكُمْ أَنْ تَحْلِفُوْابِابَائِكُمْ فَمَنْ كَانَ حَالِفًافَلْيَحْلِفْ بِاللَّهِ أَوْلِيَصْمُتْ.

Rasulullah ﷺ bersabda: Allah melarang kalian semua bersumpah atas nama nenek moyang kalian. Barangsiapa bersumpah, maka hendaklah ia bersumpah dengan nama Allah atau diam.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam hadits lainnya: 

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :  مَنْ حَلَفَ بِغَيْرِ اللَّهِ فَقَدْكَفَرَ وَأَشرَكَ.

 

Rasulullah ﷺ bersabda, “Barangsiapa bersumpah dengan (nama) selain Allah, maka ia kafir dan musyrik.” (HR. Bukhari)

 

 

Sebagian ulama berpendapat bahwa hadits tersebut sebagai penegas, atau untuk memberikan rasa takut, atau menunjukan betapa sangat haramnya bersumpah dengan selain Allah. 

Maka yang dilarang dalam Islam itu sumpah palsu atau sumpah dusta dengan membawa-bawa nama Allah. Dan mengucapkan sumpah dengan selain Allah. Keduanya sama-sama dilarang dalam Islam. Meski begitu mengucap sumpah dengan selain Allah itu lebih dilarang dan berat konsekuensinya.

Baca Juga

وَعَنْ ابْنِ مَسْعُوْدٍ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : لَاَنْ أَحْلِفَ بِاللَّهِ كَاذِبًا أَحَبُّ إِلَى مِنْ أَنْ أَحْلِفَ بِغَيْرِهِ وَأَنَاصَادِقٌ.

 

 

Ibnu Mas’ud radiyallahu anhu berkata, “sungguh andai aku bersumpah dusta demi allah  itu lebih aku senangi dari pada aku bersumpah dengan menggunakan (nama) selain Allah, padahal aku benar.” (HR. Bukhari)

 
Berita Terpopuler