Lima Momen Luar Angkasa yang Menakjubkan di 2021 

Salah satu momen luar angkasa yang menakjubkan adalah jatuhnya roket China.

AP/John Kraus/John Kraus/Inspiration4
Lima Momen Luar Angkasa yang Menakjubkan di 2021. Dalam foto 2 Juli 2021 yang disediakan oleh John Kraus, dari kiri, Sian Proctor, Chris Sembroski, Jared Isaacman, dan Hayley Arceneaux berpose di Duke Health di Durham, NC, selama pelatihan hipoksia untuk memahami bagaimana setiap anggota kru bereaksi dalam lingkungan rendah oksigen.
Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepanjang 2021, ada beberapa momen luar angkasa yang luar biasa menjadi berita utama. Dilansir dari Mashable, Ahad (12/12), berikut merupakan momen-momen tersebut. 

Baca Juga

Mars memiliki ‘Wright brothers moment’. 

Setelah pesawat ruang angkasa menuju Mars mencapai tujuannya 300 juta mil dari Bumi awal tahun ini, NASA berhasil dalam penerbangaan pertama pesawat robot di planet lain. 

Ingenuity, sebuah helikopter kecil seberat empat pon (1,8 kg) yang menumpang dengan pesawat ruang angkasa, melayang 10 kaki (3,048 meter) selama lebih dari 39 detik di atmosfer tipis Mars. MiMi Aung, manajer proyek Ingenuity, menyebut pencapaian 19 April sebagai ‘Wright brothers moment’. 

Sejak itu, Ingenuity memiliki lebih banyak waktu tayang dengan puluhan penerbangan. Di masa depan, helikopter kecil dapat menjadi sahabat karib reguler untuk penemu dan astronaut. 

“Kami tidak tahu persis ke mana Ingenuity akan membawa kami,” kata penjabat Administrator NASA Steve Jurczyk dalam sebuah pernyataan pers. “Tapi hasil hari ini menunjukkan langit-setidaknya di Mars-mungkin bukan batasnya.”

Dua bulan sebelum Ingenuity melayang di atas Mars untuk pertama kalinya, rover Perseverance mendarat dengan selamat. Perjalanannya memakan waktu tujuh bulan dengan kecepatan lebih dari 12.000 mph.

Ingenuity adalah salah satu dari tiga Mars yang sedang berlangsung saat ini. Yang lainnya adalah Uni Emirat Arab dan China juga tiba pada Februari. 

Ingenuity berhasil terbang di Mars dan mengambil foto bayangan permukaan Mars. - (nasa)

 

Roket setinggi 10 lantai jatuh ke Bumi

Pada 8 Mei, roket terbesar China, Long March 5B, memasuki kembali atmosfer di atas Maladewa di Samudra Hindia. Sebagian besar roket terbakar dalam prosesnya. 

Orang-orang di Timur Tengah melaporkan mereka melihat puing-puing, tetapi tidak ada yang terluka. Roket itu jatuh di luar kendali di orbit setelah meluncurkan bagian untuk stasiun luar angkasa baru program China.

Ahli astrofisika yang melacak inti roket mengatakan secara statistik tidak mungkin perangkat itu akan menabrak tanah, membahayakan orang. Lagi pula, sebagian besar sampah yang jatuh kembali ke Bumi terbakar atau tercebur. 

Kemungkinan benda-benda luar angkasa menabrak lautan adalah baik, mengingat dua pertiga dari planet ini tertutup air. Namun, banyak ahli memperingatkan badan antariksa karena mengambil risiko yang tidak dapat dijelaskan. 

Roket Long March-5B - (xinhua)

 

Pilot pesawat luar angkasa wanita kulit hitam pertama

Sian Proctor, seorang geoscientist berusia 51 tahun dari Tempe, Arizona, memimpin perjalanan semua warga sipil ke orbit. Pesawat ruang angkasa mencapai ketinggian 363 mil, melewati Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sekitar 100 mil. 

Selain pemandangan spektakuler, kru makan pizza dingin, menerima telepon dari Tom Cruise dan menangani kipas toilet yang tidak berfungsi pada penerbangan Inspiration4. Proctor, yang merupakan seorang seniman, juga melukis dengan cat air selama misi tiga hari itu. 

“Saya menyelipkan diri saya di bawah kursi 4 di SpaceX Dragon Capsule sehingga saya bisa mengamankan diri dan cat saya agar tidak hanyut selama beberapa jam yang diperlukan untuk menggambar dan melukis,” katanya di Instagram. 

Dalam foto 11 Juli 2021 yang disediakan oleh John Kraus, dari kiri, Hayley Arceneaux, Chris Sembroski, Jared Isaacman, dan Sian Proctor mengapung selama penerbangan gravitasi nol dari Las Vegas. Pesawat, Boeing 727 yang dimodifikasi, terbang dengan beberapa busur parabola untuk memberikan 20-30 detik tanpa bobot. - (AP/John Kraus/Inspiration4)

 

Rusia meledakkan satelit 

Tujuh astronaut di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) mendapat peringatan dini hari dari ground controller untuk bersiap dan mengungsi ke kapal mereka. Ini karena puing-puing satelit mati yang diledakkan Rusia terancam bertabrakan dengan stasiun. 

Badan antariksa AS mengatakan insiden 15 November menyebabkan setidaknya 1.500 keping puing berserakan, bersama dengan potongan-potongan lain yang tidak terhitung jumlahnya karena terlalu kecil untuk dilacak. Pusaran sampah tidak melukai siapa kali ini tetapi akan terus menimbulkan bahaya bagi astronaut selama beberapa tahun mendatang, kata pejabat AS. 

Rusia dan badan antariksanya telah membantah uji anti-satelit yang menempatkan stasiun luar angkasa atau awaknya dalam bahaya. 

Sebuah foto selebaran yang disediakan oleh layanan pers Perusahaan Luar Angkasa Negara Rusia ROSCOSMOS menunjukkan roket pembawa Soyuz-2.1a Rusia dengan tingkat atas Fregat, satelit Korea Selatan CAS500-1 dan 37 satelit dari berbagai negara di atas landasan peluncuran di depan. peluncurannya di Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan, 22 Maret 2021. - (EPA-EFE/ROSCOSMOS PRESS SERVICE )

 

William Shatner pergi ke luar angkasa

Jeff Bezos mungkin telah kalah dalam perlombaan miliarder antariksa dengan Richard Branson dari Virgin Galactic musim panas ini, tetapi perusahaan pariwisatanya, Blue Origin, memenangkan hari oleh Amerika ketika membawa mantan aktor Star Trek William Shatner ke garis Karman. 

Garis Karman adalah tempat pertemuan atmosfer Bumi dan luar angkasa. Shatner dengan berani pergi ke tempat tersebut. Pada usia 90 tahun, pemeran Kapten James Kirk ini adalah orang tertua yang pergi ke luar angkasa. 

Pesawat ruang angkasa New Shepard Blue Origin memiliki penerbangan awak suborbital pertama dari empat orang biasa (jika Anda menganggap Bezos reguler) pada 20 Juli. Tapi mungkin penerbangan kedua perusahaan yang membawa Shatner pada 13 Oktober menerima lebih banyak perhatian. 

Roket New Shepard Blue Origin diluncurkan membawa penumpang William Shatner, Chris Boshuizen, Audrey Powers dan Glen de Vries dari pelabuhan antariksa dekat Van Horn, Texas, Rabu, 13 Oktober 2021. - (AP/LM Otero)

 

https://mashable.com/article/top-space-moments-2021

 
Berita Terpopuler