Strategi Pemasaran Hotel pada Era Digital

Peran teknologi sangat penting dalam pemasaran hotel.

Dok UNM
Prodi Perhotelan Universitas Nusa Mandiri (UNM) menggelar webinar dengan tema Pemasaran Hotel dalam Persaingan Industri Perhotelan, Selasa (7/12).
Red: Irwan Kelana

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program Studi (Prodi) Perhotelan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses mengadakan webinar dengan tema Pemasaran Hotel dalam Persaingan Industri Perhotelan. Webinar sukses berlangsung pada Selasa (7/12), dimulai pukul 10.00 WIB dan dipandu oleh moderator Retno Novitasari. 

Instianti Elyana selaku ketua Program Studi (kaprodi) Perhotelan UNM, memberikan sambutan. Ia mengungkapkan bahwa, ilmu tidak hanya didapat dari perkuliahan saja, tapi bisa juga didapat melalui kegiatan lain seperti webinar ini. 

“Webinar dengan tema pemasaran hotel ini cukup penting untuk diikuti. Seperti yang kita ketahui, peran teknologi sangat penting dalam pemasaran hotel, guna menjangkau lebih banyak pengunjung hotel. Dengan webinar ini, peserta diharapkan mendapatkan informasi, terkait bagaimana strategi pemasaran yang tepat untuk hotel, agar terus survive dalam persaingan hotel,” ujarnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (8/12). 

Selanjutnya, Nova Yudha Ardiansyah, narasumber yang hadir menyampaikan, di zaman yang serba digital ini, pemasaran hotel dengan pemanfaatan teknologi, terutama internet dan media sosial akan sangat menguntungkan untuk menjangkau lebih banyak jumlah pelanggan hotel yang akan datang. 

“Beberapa strategi pemasaran hotel, antara lain yaitu hotel harus mudah diakses secara online, baik lokasi maupun informasi terkait hotel. Lalu memberikan insentif bagi pengunjung hotel sebagai daya tarik, membangun kemitraan lokal dan memiliki layanan pelanggan yang baik,” jelasnya.

Sementara itu, Fernando, salah satu peserta webinar mengatakan, dengan mengikuti webinar ini, ia memahami bagaimana cara mengetahui agar hotel terus dapat bersaing dengan hotel lain, yaitu dengan melakukan inovasi dan evaluasi. Sehingga dapat terus memberikan kesan terbaik bagi setiap pengunjung hotel. 

“Saya beruntung dapat mengikuti webinar ini, selain menambah pengetahuan, pengalaman di bidang hotel yang jelas baru saya pelajari saat ini,” katanya.

 
Berita Terpopuler