Profil Ameer Azzikra, Pengusaha Madu yang Wafat di Usia Muda

Ameer Azzikra wafat di usia 20 tahun.

Instagram
Profil Ammer Azzikra, Pengusaha Madu yang Wafat di Usia Muda. Ustadz Muhammad Ameer Azzikra
Rep: Mabruroh/Ratna Ajeng Tejomukti Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Mabruroh, Ratna Ajeng Tejomukti

Baca Juga

JAKARTA -- Kabar duka datang dari keluarga almarhum Ustadz Arifin Ilham. Putra almarhum, Muhammad Ameer Azzikra, meninggal dunia di usianya yang masih sangat muda, 20 tahun, Senin (29/11) pukul 01.20 WIB. Jenazah dimakamkan di samping makam ayahandanya, KH Muhammad Arifin Ilham, di Gunung Sindur.

Ameer merupakan putra kedua dari pernikahan Ustadz Arifin Ilham dan istrinya  Wahyuniati Syahla atau Umi Yuni. Ameer memiliki seorang kakak, Muhammad Alvin Faiz, dan dua orang adik, Muhammad Azka Najhan dan Amtaza Syahla Arifin.

Ameer baru saja menikahi Nadzira Shafa pada 10 Juni 2021. Pada usia pernikahannya yang masih seumur jagung, Ameer banyak memberikan kenangan indah kepada istrinya. 

Hal ini diungkapkan oleh istrinya yang akrab dipanggil Zira, dalam akun media sosialnya. Ia memanggil suaminya dengan sebutan Muhammadku.

"Allah lebih sayang Abang ternyata. Selamat jalan Muhammadku, 172 hari yang aku lalui bersamamu sangat membuatku bahagia. Terima kasih sudah meminangku menjadi Khadijahmu. Aku bahagia, Love you @ameer_azzikra," ujar Zira di story Instagram-nya, Senin (29/11).

 

 

Semasa hidupnya, Ameer menekuni dunia bisnis sebagai pengusaha madu yang ia beri nama Madu Adz Zikro. Usahanya telah tersebar di berbagai wilayah, mulai dari Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sumatra Utara, Jawa, Aceh, Bali, Bengkulu, Riau, hingga Sulawesi Selatan.

Ameer sebelumnya dirawat di rumah sakit EMC Sentul City dan masuk ICU. Dari unggahan Alvin Faiz, ia meminta doa untuk kesembuhan adiknya.

Ameer masuk rumah sakit sudah dalam kondisi drop. Ameer kemudian diketahui mengidap sakit liver dan infeksi paru.

Setelah menjalani perawatan selama empat hari kondisinya sempat membaik. Ameer juga sempat berjalan-jalan seusai menunaikan sholat Maghrib. Namun, tak berapa lama kondisi Ameer kembali kritis hingga pada Senin dini hari ia menghambuskan napas terakhirnya.

Dalam video singkat di akun Instagram pribadinya @m_abdulsyukur bersama anggota dewan pembina Majelis Az Zikra lainnya menjelaskan Ustadz Ameer telah wafat. "Berita duka cita, innalilahi wainnailaihi rojiun telah kembali ke Rahmatullah,  Muhammad Ameer Az Zikra pada pukul 01.20, di RS EMC Sentul, Bogor. Kami sampaikan kepada kaum Muslimin dan Muslimat jenazah akan dimandikan selepas shalat Subuh di kediaman kompleks perumahan Muslim Az Zikra, Sentul, dan dishalatkan di Masjid Az Zikra Sentul, Bogor, pada pukul 07.00 WIB," ujar dia. 

Pemakaman Ustaz Ameer Azzikra di Ponpes Azzikra Gunung Sindur, Senin (29/11). - (Republika/Alkhaledi Kurnialam)

 

Jenazah disholatkan kembali di Masjid Az Zikra, Gunung Sindur, Kompleks Pondok Pesantren Az Zikra, Gunung Sindur, Bogor, pukul 08.00 WIB. "Atas nama keluarga besar Majelis Az Zikra dan keluarga almarhum KH Muhammad Arifin Ilham kami minta permohonan maaf jika selama ini ada kekhilafan dan kesalahan baik sengaja maupun tidak disengaja oleh almarhum," ujar dia.

Kiai Syukur berharap seluruh kaum Muslimin mendoakan beliau agar mendapatkan limpahan maghfirah dan rahmat dari Allah SWT.  Dan juga beliau ditetapkan sebagai ahlul jannah serta keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran.

Ustadz Yusuf Mansur menyampaikan rasa dukanya atas meninggalnya salah satu anak Ustaz Arifin Ilham, Ameer Azzikra. Kepergian Ameer Azzikra membawa kesedihan bagi keluarga dan kerabatnya.

Ustadz Yusuf Mansur mengenang kebaikan Ameer Azzikra selama masih hidup. Ia membagikan ceritanya di akun Instagram resminya @yusufmansurnew pada Senin (29/11). Ustadz Yusuf Mansur merasa Ameer Azzikra masih hidup di dunia ini.

"Innaa lillaah... Rasanya baru kemarenan dapet senyuman dan salim tangannya Ustadz Ameer. Dan baru kemaren dari pinggir Sungai Nil, mendoakan beliau," tulis Yusuf Mansur di Instagram-nya.

Ustadz Yusuf Mansur lalu meminta Muslim di mana saja memanjatkan doa supaya Ameer Azzikra masuk ke surganya Allah. Ia mendoakan Ameer kini bersama ayahnya yang sudah berpulang lebih dulu ke haribaan Ilahi.

Baca juga : Ameer Azzikra Dimakamkan di Samping Arifin Ilham

 

"Yaaa Rabb. Insya Allah husnul khatimah. Dan sudah bersama alm ayahandanya... Di taman-taman surga di alam kuburnya," ujar Yusuf Mansur.

Ia mengungkapkan para santrinya juga ikut mendoakan Ameer Azzikra. Lalu rencananya, Ameer Azzikra akan disholatghaibkan di seantero Tanah Air dan mancanegara.

"Tadi mendoakan beliau, bareng 120-an anak-anak Daqu yang kuliah di Mesir. Insya Allah 50-an kiai-kiai dan ibu-ibu nyai yang ke Mesir bareng saya, ikut mendoakan Alm Ust Ameer bin KH Muhammad Arifin Ilham. Dan buat semua arwah kaum Muslimin, al-Fatihah," kata Yusuf Mansur.

 
Berita Terpopuler