Fakta di Balik Film Pejuang Libya Umar al-Mukhtar

Kisah perjuangan Umar al-Mukhtar difilmkan.

Ridwan Saidi
Sidi Omar Muchtar pejuang kemerdekaan dari Tripoli (Libya) ketika hendak menjalani hukum oantung oleh penjajah Itali
Rep: Umar Mukhtar Red: Agung Sasongko

IHRAM.CO.ID, TRIPOLI -- Kisah perjuangan Umar al-Mukhtar di Libya tentang perlawanannya terhadap penjajah Italia telah difilmkan sejak lama. Film ini diproduksi pada akhir tahun 1970-an.

Baca Juga

Lantas bagaimana kisah awal munculnya ide pembuatan film tersebut?

 

Ide untuk membuat film tentang Omar al-Mukhtar tidak lepas dari Presiden Libya kala itu, Muammaf Gaddafi. Dialah yang mencetuskan ide tersebut sekaligus meminta agar kisah perjuangan Omar al-Mukhtar difilmkan. 

Kemudian Gaddafi meminta sutradara kondang Mustafa al-Akkad. Al-Akkad menjadi terkenal berkat kiprahnya menyutradarai film The Message pada 1976. Setelah itu pamornya melambung karena sukses membawa film yang berkisah tentang hijrah Nabi Muhammad SAW ke tingkat internasional.

Kemudian Gaddafi meminta al-Akkad untuk memproduksi film yang mengisahkan salah satu simbol perjuangan Libya, Omar al-Mukhtar, dalam melawan penjajah Italia. Al-Akkad pun mengerjakan film itu, yang syutingnya dimulai pada 4 Maret 1979. 

Lokasi syuting film berada di gurun 64 kilometer dari kota Benghazi, Libya. Anggaran untuk memproduksi film ini pun tidak tanggung-tanggung untuk zaman itu, yakni sekitar 35 juta dolar AS.

Syuting juga berlangsung di daerah Al-Wahat dekat Awjila dan Pegunungan Hijau di Libya timur. Sebagian besar lokasi syuting disesuaikan dengan peristiwa sebenarnya.

 

 

Asisten sutradara film tersebut adalah aktor Libya Ali Ahmed Salem, yang dikenal berkat perannya sebagai Bilal bin Rabbah dalam film The Message.

Film tentang Omar al-Mukhtar itu dirilis dengan judul 'Lion of The Desert' pada 1981. Setelah perilisannya, film ini dilarang diputar di Italia karena dinilai mendistorsi citra tentara dan pemerintah Italia.

Namun pada akhirnya, untuk pertama kalinya film tersebut diputar di Italia pada 2009, ketika televisi Italia menayangkannya pada 11 Juni 2009 di channel Italian Sky Cinema. Penayangan didahului dengan melakukan proses alih suara atau dubbing ke dalam bahasa Italia.

 
Berita Terpopuler