Tips Masak Nasi Goreng Agar tidak Lengket di Penggorengan

Nasi kerap menempel di wajan saat dimasak menjadi nasi goreng.

dok Republika
Nasi goreng. Memasak nasi goreng menjadi sulit ketika nasinya menempel di penggorengan.
Rep: Gumanti Awaliyah Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nasi goreng menjadi salah satu makanan yang banyak digemari di Indonesia. Pakar kuliner Nusantara dari Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada Dr Dwi Larasatie Nur Fibri mengatakan, nasi goreng merupakan makanan yang unik dan spesial karena banyak ragamnya.

"Setidaknya, ada 104 jenis nasi goreng tersebar di Indonesia yang terdiri dari 36 jenis nasi goreng yang dapat ditelusuri asal usulnya dan 59 lain merupakan jenis pengembangan yang tidak bisa ditelusuri daerah asalnya," kata dosen Departemen Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian ini dalam bedah buku Nasi Goreng Indonesia Cita Rasa Mendunia beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Dwi menyebut, banyaknya jenis nasi goreng menjadikan keunikan tersendiri. Sebab, mendorong rasa keingintahuan untuk mencoba ragam lain.

Menurut Dwi, nasi goreng juga sudah menjadi jawaban bagi masyarakat untuk mengolah nasi sisa menjadi makanan bercita rasa.  Risiko nasi sisa jadi food waste pun bisa dihindari.

Meski cara memasaknya cukup mudah, namun ada satu masalah yang sering dihadapi ketika masak nasi goreng, yaitu nasinya malah lengket di penggorengan. Chef asal India Kunal Kapur belum lama ini membagikan beberapa tips efektif untuk membantu mengatasi masalah dengan wajan yang tidak antilengket tersebut.

"Saya tahu banyak dari Anda berjuang dengan nasi yang menempel di wajan saat membuat nasi goreng, tetapi inilah solusi sederhana dan mudah dari saya," kata Kunal dalam unggahan di akun Instagram-nya, dikutip Indian Express, Selasa (16/11).

Tidak hanya pada nasi goreng, menurut Kunal, cara ini juga dapat dipakai saat masak mi goreng. Berikut empat tips Kunal:


1. Panaskan wajan (aluminium/lainnya) dengan api besar

2. Tambahkan sedikit minyak dan gerakkan wajan perlahan agar minyak tersebar merata di wajan

3. Ketika minyak tinggal sedikit, matikan kompor, dan sisihkan

4. Panaskan wajan lagi. Wajan tak akan lengket lagi untuk dipakai memasak nasi goreng.

 

Sementara itu, dalam keterangannya terdahulu, dokter spesialis gizi klinis Cindiawaty J Pudjiadi berbagi trik agar saat memasak nasi goreng dapat memberikan nutrisi lengkap. Selain karbohidrat yang dibutuhkan tubuh, dapat ditambahkan protein dan sayur supaya nasi goreng tersebut lengkap gizinya.

Cindiawaty menjelaskan bahwa nasi merupakan sumber karbohidrat yang dibutuhkan tubuh untuk otak dan sel darah merah. Sementara itu, penting juga menambahkan protein ke dalam nasi goreng, bisa berupa telur, ayam, dan ikan.

"Sumber protein nabati dan serat juga boleh serta sayur apa saja, seperti wortel, buncis, sawi hijau, selada air. Semuanya enak sekali,” kata Cindi dalam acara Peluncuran Sasa Nasi Goreng Matah dan Rekor MURI.

Jadi, dalam sekali masak, kita bisa mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Untuk pemakaian minyak, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Bagi yang sedang program penurunan berat badan, minyaknya bisa dikurangi.

Porsi nasi goreng juga bisa disesuaikan. Contohnya, saat karbohidrat perlu dikurangi, maka protein dan sayurnya bisa lebih banyak. Untuk penderita diabetes, bisa memilih nasi merah, shirataki atau campuran.

Baca juga : Awas, Obesitas Jadi Penyebab Diabetes

 
Berita Terpopuler