Momen Emosional Sang Legenda MotoGP

GP Valensia menjadi balapan emosional Valentino Rossi.

AP/Alberto Saiz
Pembalap MotoGP Valentino Rossi berpose dengan tim Yamaha dan beberapa motor balap masa lalunya seusai menyelesaikan balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, Ahad (14/11).
Rep: Rahmat Fajar Red: Agung Sasongko

IHRAM.CO.ID, Oleh: Rahmat Fajar, 

Baca Juga

VALENCIA -- GP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Ahad (14/11) malam WIB, menjadi begitu emosional bagi Valentino Rossi. Rider asal Italia itu melakoni balapan terakhirnya usai memutuskan pensiun beberapa waktu lalu.  

Rossi finis di posisi ke-10 pada balapan tersebut dengan pembalap Ducati Francesco Bagnaia keluar sebagai juara. Dilansir dari dailymail, Ahad (15/11), pembalap lain mengikuti Rossi  setelah balapan hingga Rossi berhenti di depan tribun untuk memberikan penghormatan kepada penggemar.

Anggota tim lain juga menunggu di pitline sebagai bentuk penghormatan kepada pria berusai 42 tahun tersebut. Beberapa pesan video untuk The Doctor ditampilkan di siaran televisi, termasuk dari aktor Tom Cruise dan Keanu Reeves serta para atlet Roger Federer, Rafael Nadal, Lewis Hamilton, Gianluigi Buffon, dan Andrea Pirlo.

Valentino Rossi memutuskan mundur dari MotoGP pada akhir musim ini. - (DOK REPUBLIKA)

Mantan striker Inter Milan dan Brazil, Ronaldo de Lima mengibarkan bendera kotak-kotak di akhir balapan menandai terakhir kali veteran MotoGP tersebut melewati garis finis. Di tribun bendera kuning yang identik dengan Rossi penuh.

"Ini satu-satunya hal yang mungkin hari ini, untuk memberikan hadiah kepada Vale.Saya ingin mendedikasikan balapan ini untuk Vale dan berterima kasih padanya atas apa yang telah dia lakukan untuk kami,” kata Bagnaia yang mengenakan helm dengan gambar Rossi 46 di atasnya.

Rossi adalah pemegang gelar tujuh kali gelar MotoGP. Ia adalah salah satu pebalap populer dan kharismatik dalam sejarah. Dan kini lembaran kehidupan yang baru sudah dimulai.

 

Usai balapan banyak ucapan yang mengalir di media sosial terhadap Rossi. Dikutip dari laman resmi MotoGP, mayoritas mereka memuji sepakterjang Rossi selama karirnya. Meraka tampak merasa kehilangan atas pensiunnya Rossi.

“Anda tidak hanya memberi kami balapan yang luar biasa tetapi juga momen menghibur yang layak untuk ditonton. Terima kasih Vale untuk semuanya. Anda dicintai oleh banyak penggemar, saya harap Anda akan selalu,” tulis salah satu fan dalam akun @ValeYellow46.

“Terimakasih atas kenangannya,” tulis fan lainnya dengan akun @Panigalerider.

Pensiunnya Rossi turut menyita legenda sepakbola Brazil Ronaldo de Lima. Keduanya memiliki hubungan yang baik. Rossi adalah penggemar Inter Milan dimana Ronaldo mantan bintang Nerazzuri.

Dalam perjalanan karirnya, Rossi memperkuat sejumlah tim yaitu Yamaha, Ducati, Honda. Ia menjadi juara dunia pada 2001, 2002, 2003, 2004, 2005, 2008 dan 2009. Seiring bertambahnya usia muncul pembalap muda berbakat ia mulai kesulitan.

Rossi telah melalui waktu 25 tahun dengan berbagai tantangan dan berbagai momen.

Dikutip dari laman resmi MotoGP, berikut lima dari 10 balapan terbaik Rossi:

 

 

GP Amerika Serikat 2008

Rossi membuat kejutan pada balapan tersebut. Rossi yang mencari mencari kemenangan pertama di Corkscrew untuk mengambil kendali kejuaraan terlibat pertempuran sengit dengan pembalap Ducati, Casey Stoner. Mereka saling bertukar keunggulan pada beberapa kesempatan.

Saat itu, Stoner adalah juara bertahan dan memenangkan tiga balapan sebelum GP Amerika. Namun kesalahan yang dibuat Stoner membuat Rossi berhasil menyalip di delapan sisa lap. Hal tersebut membuat Rossi unggul 25 poin.

GP Catalan 2009

Pada balapan ini, Rossi terlibat pertempuran sengit dengan rekan satu timnya di Yamaha, Jorge Lorenzo. Keduanya sangat ketat dalam jarak sepanjang balapan. Namun Rossi membuat banyak orang tercengang, termasuk Lorenzo ketika dia menang berkat aksinya di tikungan terakhir.

Setelah 25 tahun, Valentino Rossi menjalani balapan terakhirnya di GP Valencia. Untuk merayakan karir balap Grand Prix The Doctor yang luar biasa, kami telah menggali arsip untuk menghadirkan 10 balapan terbaiknya kepada Anda. Anda dapat menghidupkannya kembali di bawah ini.

Pebalap Valentino Rossi tersenyum usai menyelesaikan balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, Ahad (14/11). Rossi memutuskan pensiun di akhir musim ini. - (AP Photo/Alberto Saiz)

GP Australia 2003

Rossi terkenak penalti 10 detik pada balapan kali ini karena melewati bendera kuning. Meski demikian, Ia berhasil menyalip Loris Capirossi semakin melambat karena ban belakangnya semakin menipis. Rossi pun keluar sebagai pemenang dengan jarak 15,2 detik dengan Capirossi.

GP Afrika Selatan 2004

Balapan di sini sangat istimewa bagi Rossi karena ia berhasil keluar sebagai juara pada debutnya bersama tim Yamaha. Saat itu usianya masih 25 tahun. Pada balapan tersebut, ia melakukan pertempuran sengit dengan Max Biaggi.

Rossi mendominasi balapan sejak kualifikasi. Ia merebut pole position dan berhasil mempertahankan posisinya pada waktu balapan yang memenangkan pertempuran sengit dengan Biaggi. Ia juga tercatat sebagai pembalap pertama yang memenangkan balapan berturut-turut dengan pabrikan berbeda dan yang pertama memenangkan pembuka musim dalam empat musim berturut-turut.

 GP Inggris 2000

Tak butuh waktu lama bagi juara bertahan MotoGP 250 cc untuk mencatatkan namanya di kategori 500 cc bersama Honda. Finis di podium ketika dalam tujuh balapan pembuka sebelum akhirnya berdiri sebagai pemenang di Donnington Park pada putaran kesembilan kejuaraan.

Kemenangan di GP Inggris membantunya meluncurkan serangan terhadap persaingan gelar. Walaupun pada akhirnya ia finis di posisi kedua klasemen. 

 
Berita Terpopuler