Menaruh Asa Newcastle di Puncak Eddie Howe

Kami semua berharap Anda bisa membawa kami ke tempat yang seharusnya

EPA-EFE/Ian Walton/NMC/Pool
Eddie Howe
Rep: Eko Supriyadi Red: Muhammad Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, NEWCASTLE --Newcastle akhirnya menyudahi perburuan manajer baru, setelah mengkonfirmasi penunjukan Eddie Howe.

Mantan pelatih Bournemouth tersebut menandatangani kontrak hingga musim panas 2024. Howe, yang menganggur sejak meninggalkan Bournemouth pada 2020 setelah terdegradasi dari Liga Premier, menggantikan Steve Bruce di St James' Park.

Newcastle sebelumnya telah menghubungi mantan bos Arsenal dan Villarreal saat ini Unai Emery tentang peluang tersebut, tetapi ia memilih untuk tetap bersama tim La Liga Spanyol itu.

"Merupakan kehormatan besar untuk menjadi pelatih kepala klub dengan status dan sejarah seperti Newcastle United," kata Howe, yang akan mengikuti pelatihan di klub untuk pertama kalinya pada Selasa, dikutip dari Skysports, Selasa (9/11).

Howe mengakui kalau penunjukan ini merupakan momen yang sangat membanggakan bagi dia dan keluarganya.

Ia mengatakan, posisi manajer Newcastle adalah kesempatan yang luar biasa, meski ada banyak pekerjaan di depan mata. Karena itu dirinya tidak sabar untuk segera masuk ke tempat latihan agar bisa mulai bekerja dengan para pemain.

"Saya ingin berterima kasih kepada pemilik klub atas kesempatan ini dan berterima kasih kepada pendukung klub atas sambutan luar biasa yang telah mereka berikan kepada saya. Saya sangat bersemangat untuk memulai perjalanan kita bersama," ucap Howe.

Sempat dilirik Celtic

Howe sebelumnya dikabarkan sedang melakukan pembicaraan untuk menjadi manajer Celtic awal tahun ini, sebelum penunjukan Ange Postecoglou, tetapi negosiasi gagal.

Howe menyaksikan dari tribun saat Newcastle bermain imbang 1-1 di Brighton pada hari Sabtu, menjadikan mereka satu-satunya tim tanpa kemenangan di Liga Premier musim ini.

"Kami sangat terkesan dengan Eddie melalui proses rekrutmen yang ketat," Salah satu pemilik Newcastle United Amanda Staveley.

Menurut Staveley, selain pencapaiannya yang jelas dengan AFC Bournemouth, yang memiliki dampak transformasional, dia Howe adalah pelatih yang bersemangat dan dinamis dengan ide-ide yang jelas tentang membawa tim dan klub ini ke depan.

Karena itu, klub milik putra mahkota Arab Saudi tersebut dinilai sangat cocok untuk membangun the Magpies. ''Kami senang menyambut Eddie dan stafnya di St. James' Park dan sangat menantikan untuk bekerja sama menuju ambisi kolektif kami,'' ujar Staveley.

Harapan untuk Howe saat ini tidak muluk-muluk. Ia hanya bertugas mengeluarkan Newcastle dari zona degradasi. Sebab, sampai pekan ke-11, Newcastle jadi satu-satunya yang belum merasakan kemenangan di Liga Primer Inggris, usai ditahan imbang Brighton 1-1.

Steve Bruce dipecat pada 20 Oktober lalu, 13 hari setelah pengambilalihan klub oleh Arab Saudi rampung.

Tantangan Newcastle

Graeme Jones, yang menjadi pelatih sementara di klub Tyneside tersebut, tidak juga mampu memberikan kemenangan. Newcastle bermain imbang dengan Crystal Palace, Brighton dan kalah dari Chelsea.

Newcastle saat ini berada di peringkat 19, hanya mengoleksi lima poin setelah 11 pertandingan. Sementara Howe pernah punya pengalaman membawa timnya promosi ke divisi utama.

Ia membawa Bournemouth dari dasar Championship ke Liga Primer. Ia berperan membawa Bournemouth bertahan di Liga Primer selama lima musim. Howe juga dinilai tidak akan kesulitan adaptasi untuk membangun timnya.

Ia akrab dengan beberapa pemain Newcastle seperti Callum Wilson, Ryan Fraser dan Matt Ritchie yang dilatihnya saat masih di Bournemouth. Dengan dukungan finansial yang besar, Howe juga bisa membeli pemain berkelas, walaupun itu akan sulit mengingat posisi Newcastle saat ini.

Legenda Newcastle, Alan Shearer, menilai Howe merupakan sosok yang tepat untuk membuat mantan klubnya tersebut bangkit. Menurutnya, Howe sangat memahami Liga Inggris dan tahu seperti apa rasanya ada di posisi sulit.

Karena itu, penunjukan Howe oleh Newcastle disebutnya sebagai keputusan yang bijaksana. ''Selamat datang. Semoga sukses Eddie. Kami semua berharap Anda bisa membawa kami ke tempat yang seharusnya dan juga ambisis,'' ujar Shearer, dikutip dari Tribalfootball.

 
Berita Terpopuler